MENGAPA LUMBA-LUMBA DAPAT BERGERAK DENGAN CEPAT DI LAUTAN?

Posted by on 21 December 2018 - 11:40 PM

Edutafsi.com - Salah satu ciri yang membedakan hewan dengan tumbuhan adalah kemampuannya untuk bergerak secara aktif. Bergerak artinya dapat berpindah posisi. Tak hanya hewan darat, binatang yang hidup di perairan pun dapat berpindah. Begitupula halnya dengan lumba-lumba. Sobat tafsi mungkin pernah melihat lumba-lumba yang berenang mengikuti kapal atau mungkin mendengar kisah heroik tentang lumba-lumba yang menyelamatkan manusia yang tenggelam di lautan. Sejalan dengan kemampuannya tersebut, apakah Sobat pernah bertanya mengapa lumba-lumba dapat berenang dengan cepat di tengah lautan?

Banyak ilmuwan yang merasa heran tentang bagaimana seekor lumba-lumba dapat berenang dengan kecepatan mendekati 40 kilometer per jam. Hal yang membuat mereka bingung adalah fakat bahwa lumba-lumba tidak memiliki banyak otot dalam tubuhnya. Jika tidak memiliki banyak otot, lalu bagaimana mereka dapat berenang dengan kecepatan seperti itu? Para ilmuwan yang melakukan penelitian akhirnya menemukan rahasia di balik fenomena itu.

Keunikan Lemak Lumba-lumba

Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang cerdas. Sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Lumba-lumba memiliki sifat unik yang ramah dan bersahabat. Anda mungkin pernah mendengar bahwa lumba-lumba diceritakan suka menolong manusia yang kebetulan tersesat atau terombang-ambing di tengah laut, biasanya lumba-lumba menolong dan membimbing menuju perairan. Lumba-lumba sering terlihat berenang dengan santai namun juga dapat berlomba dengan sebuah kapal. Hal itu menunjukkan bahwa lumba-lumba dapat berenang dengan cepat.

Sebagian ilmuwan percaya bahwa rahasia utama kecepatan lumba-lumba terletak pada karakteristik kulitnya yang licin dan halus. Sifat kulit mereka memungkinkan mereka untuk meluncur dalam air dan berenang dengan cepat. Karakter kulit lumba-lumba membuat mereka dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Bila hambatan yang diberikan air menjadi terminimalisir, tentu lumba-lumba akan berenang jauh lebih mudah.

Hal ini dapat kita analogikan dengan gerak sebuah benda di atas bidang miring yang licin. Benda akan cenderung lebih mudah meluncur di bidang miring licin karena gaya gesekannya sangat kecil dan seringkali ditiadakan dalam perhitungan.

Para ilmuwan juga mengungkapkan bahwa rahasia kecepatan lumba-lumba terletak pada lemak mereka, senyawa kompleks di bawah kulit yang juga dimiliki lumba-lumba hidung pesek, paus, dan beberapa binatang laut lainnya. Menurut New World Encyclopedia, Lemak mamalia laut merupakan lapisan tebal dan padat berupa jaringan-jaringan ikat yang sangat rapi dan mengandung banyak sel lemak.

Lemak tersebut menutupi hampir seluruh tubuh lumba-lumba. Lemak lumba-lumba menyatu dengan otot dan rangka melalui rangkaian urat dan ligamen yang menyerupai kipas. Rangkaian tersebut terdiri dari serat yang lentur dan kolagen.

Lalu bagaimana lemak membantu lumba-lumba berenang?

Salah satu alasan mengapa keunikan lemak yang dimiliki lumba-lumba dapat membantu mereka berenang dengan cepat adalah lemak membuat bentuk tubuh meeka menjadi lebih mudah menembus air. Selain itu, lemak antara ekor dan sirip punggung mereka saling menyilang dengan susunan kolagen yang sangat padat.

Rangkaian tersebut disempurnakan dengan serat yang lentur sehingga membuat ekor lumba-lumba menjadi lentur dan mampu menyimpan energi mekanis. Ketika otot menggerakkan ekor ke satu arah, maka lemaknya akan menarik mereka ke arah yang berlawanan seperti per, sehingga daya dorong mereka semakin besar. Hal itu juga terbukit menghemat energi.



Aplikasi Keunikan Lumba-lumba

Keunikan lumba-lumba yang menguntungkan, dewasa ini telah banyak diaplikasikan dalam kehidupan. Salah satu aplikasinya adalah desain baju renang yang dirancang khusus agar mirip dengan karakteristik kulit lumba-lumba dengan tujuan agar para perenang dapat berenang lebih cepat. Keunikan lumba-lumba juga diaplikasikan dalam hal rekacipta kapal.

Keunikan bentuk muncung lumba-lumba menjadi inspirasi desain kapal untuk menciptakan kapal yang dapat bergerak lebih cepat. Selain itu, para perancang juga terus berusaha untuk menerapkan prinsip lemak lumba-lumba agar dapat meningkatkan efisiensi kapal laut dan alat-alat penggeraknya.

Demikianlah artikel tentang lumba-lumba. Apakah menurut anda artikel ini menarik dan bermanfaat? Jika ya, maka bagikanlah kepada teman anda di media sosial. Terimakasih.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.


Advertisements