MENGENAL JENIS-JENIS GRAFIK DALAM PROGRAM MS EXCEL

Posted by on 14 January 2015 - 2:51 PM

Microsoft Excel merupakan program aplikasi pengolah angka yang menyediakan menu fitur pembuatan grafik dengan berbagai jenis grafik. Dengan fitur tersebut kita dapat membuat grafik sesuai kebutuhan. Ketika hendak membuat grafik tentu kita harus faham jenis apa yang sesuai untuk menyajikan data yang kita miliki dalam bentuk grafik. Tidak semua jenis grafik dapat begitu saja kita gunakan untuk menyajikan data. Data dan jenis grafik harus disesuaikan agar informasi yang ingin disampaikan tidak berubah maknanya dan dapat dengan mudah difahami. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini disajikan beberapa jenis grafik.

Jenis-jenis Grafik Ms Excel

Jenis grafik pada MS Excel dapat juga ditemui pada program aplikasi MS Office lainnya yang juga menyediakan fitur pembuatan grafik. Berikut beberapa jenis grafik yang terdapat dalam Excel :
Column Charts
Grafik Kolom digunakan untuk menunjukkan perubahan data dalam periode waktu tertentu atau menggambarkan perbandingan antar beberapa item. Jenis grafik itu sering juga disebut diagram batang.

Grafik kolom atau diagram batang umum digunakan dalam dunia statistik untuk menampilkan data pertambahan dan perbandingan jumlah penduduk dari waktu ke waktu.

jenis-jenis grafik di excel


Line Charts
Grafik garis dapat menunjukkan data secara terus menerus atau berkelanjutan selama periode waktu tertentu. Grafik ini sangat ideal untuk menampilkan tren data pada interval/rentang waktu yang sama.

jenis-jenis grafik di excel


Pie Charts
Grafik lingkaran menunjukkan ukuran dari suatu item dalam suatu rangkaian data, secara proporsional terhadap jumlah dari keseluruhan item. Poin atau nilai dari item-item tersebut ditunjukkan dalam bentuk presentase dari keseluruhan data (dalam bentuk satu lingkaran). Biasa digunakan dalam menampilkan data persentase jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikannya dan lain sebagainya.

jenis-jenis grafik di excel


Bar Charts
Bar Chart atau grafik baris mirip dengan grafik kolom. Grafik batang menggambarkan perbandingan antar beberapa item dan merupakan penyajian data alternatif dari grafik kolom. Dengan menggunakan jenis ini kita dapat menyajikan data yang maknanya sama dengan grafik kolom yaitu dengan menukar letak variabel dari sumbu x menjadi sumbu y dan sebaliknya.

jenis-jenis grafik di excel


Area Charts 
Grafik bidang menekankan besarnya perubahan dari waktu ke waktu. Grafik ini dapat digunakan untuk menggambar grafik hubungan kecepatan dan waktu pada gerak lurus, area yang terbentuk merupakan besar perpindahan.

jenis-jenis grafik di excel

XY Scatter
XY scatter umum digunakan untuk menggambar grafik. Grafik ini menunjukkan hubungan antara nilai-nilai variabel sumbu x dengan nilai-nilai variabel sumbu y. Grafik ini dapat kita gunakan untuk menggambar grafik linear misalnya grafik tegangan versus kuat arus dan lain sebagainya.

jenis-jenis grafik di excel


Stock Charts
Grafik stok banyak digunakan untuk menggambarkan fluktuasi harga stok. Namun grafik ini juga dapat digunakan untuk data ilmiah. Sebagai contoh, kita dapat menggunakannya untuk menunjukkan fluktuasi suhu harian di suatu daerah.


Surface Charts
Grafik permukaan sangat berguna ketika kita ingin mencari kombinasi yang optimal dari 2 rangkaian data. Seperti dalam peta topografi, warna dan pola menunjukkan daerah yang berada dalam kisaran nilai yang sama.

jenis-jenis grafik di excel


Radar
Grafik radar membandingkan nilai keseluruhan dari sejumlah rangkaian data.

jenis-jenis grafik di excel


Combo
Combo merupakan grafik kombinasi dari beberapa jenis grafik sekaligus misalnya mengkombinasikan grafik kolom dengan grafik garis dan lain sebagainya.

jenis-jenis grafik di excel


Demikianlah jenis-jenis grafik dalam MS Excel. Apakah artikel ini bermanfaat? Jika ya, bagikan kepada teman-teman anda di media sosial. Terimakasih.


    Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

    Advertisements