KOMUNITAS PELUKIS DI SOSIAL MEDIA YANG BAGUS ANDA IKUTI

Posted by on 15 January 2015 - 2:20 PM

Anda suka melukis? Atau anda sedang belajar melukis? Jika ya, sebagai pelajar anda harus memanfaatkan segala informasi dan pelajaran dari manapun termasuk dari media sosial. Saat ini banyak sekali tutorial yang menjelaskan teknik melukis baik dalam bentuk video maupun artikel. Anda dapat memilih dengan mudah tutorial yang sesuai dengan passion anda.

Anda juga dapat mempelajari dan mempraktikkan teknik yang disampaikan oleh para pelukis yang ahli di bidangnya. Selain belajar dari sumber-sumber yang kompeten, anda juga perlu bergabung dalam suatu komunitas yang kegiatan utamanya adalah melukis.

Banyak sekali komunitas-komunitas seni yang memilih bidang seni lukis sebagai karya yang akan dishare dan didiskusikan. Dengan bergabung di komunitas seperti itu, anda akan melihat beragam teknik dan karya lukis yang dapat anda jadikan sebagai contoh dan inspirasi.

Selain menambah referensi, bergabung dengan komunitas seni di media sosial juga dapat memacu kamu untuk menghasilkan karya-karya terbaikmu. Dengan begitu, secara tidak langsung karya-karya yang kamu lihat akan menjadi sumber semangat buat kamu.

Beberapa komunitas juga memberikan keuntungan finansial kepada member yang berbakat. Lewat laman khusus yang disediakan untuk promosi, para member mempunyai peluang untuk menghasilkan uang dari karya yang mereka share.

Dengan kata lain, ada beberapa komunitas yang memang dimanfaatkan untuk media promosi dan jual beli karya seni rupa ataupun untuk menawarkan jasa pembuatan karya seni rupa.

Tak berhenti sampai di situ, ada juga komunitas yang sudah cukup dikenal di kalangan pecinta lukisan yang sering mengadakan perlombaan melukis. Perlombaan tersebut melibatkan berbagai pelukis dari berbagai negara.

lukisan pensil
Source : dokumen pribadi

Komunitas Pecinta Lukisan

Berikut ini kami rekomendasikan lima komunitas pelukis yang dapat anda ikuti untuk menambah wawasan dan inspirasi dalam bidang seni lukis.


Komunitas Painting


Komunitas Painting merupakan salah satu komunitas seni di media sosial google+. Komunitas ini memiliki anggota lebih dari 19.000 netizen dari berbagai negara. Sebagian dari mereka adalah pelukis ahli dan sebagian lagi masih dalam tahap belajar. Komunitas ini menyediakan sebuah menu diskusi yang berisi karya-karya para profesional. Anda dapat membaca beberapa tips dan trik melalui kotak komentar.
Halaman komunitas ini dipenuhi dengan karya-karya dari banyak pelukis dengan berbagai macam aliran. Realism, naturalism, cubic, sampai kontemporer semuanya ada di komunitas ini. Melalui komunitas ini, anda akan menemukan banyak karya lukisan yang keren dan inspiratif. Jika anda adalah orang yang sedang gemar melukis, maka komunitas ini sangat cocok untuk menemukan inspirasi.

Untuk anda yang ingin menjadi pelukis profesional, komunitas ini juga menyediakan panel untuk karya lukis profesional. Jika anda belum mengikuti komunitas ini dan berminat untuk bergabung, berikut kami lampirkan link halaman komunitas tersebut : Komunitas Painting.

World Painter Contest


Setelah google+, mari kita mengunjungi komunitas seni dari social media facebook. Di facebook, salah satu komunitas yang banyak diikuti adalah world painter contest. Komunitas ini merupakan komunitas seni yang seringkali mengadakan kontes di bidang melukis. Member komunitas ini berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia. Jumlahnya sudah mencapai 20.300 lebih.
Untuk bergabung kita harus menunggu konfirmasi penerimaan dari moderator yang mengolah komunitas tersebut. Jika anda mengunjungi komunitas ini, maka anda akan melihat banyak karya lukis yang berasal dari berbagai negara. Biasanya lukisan tersebut disertai dengan keterangan mengenai ukuran, media, dan asal negara. Jika anda telah bergabung di komunitas ini, anda dapat mengirin karya anda ketika kotak posting diaktifkan. Biasanya menu posting diaktifkan saat mereka mengadakan kontes. Di halaman utama komunitas, anda terkadang akan melihat beberapa sertifikat yang diberikan kepada para pemenang.

Jika anda ingin mengasah kemampuan dan ingin mencoba melihat seberapa jauh nilai seni karya anda, maka komunitas ini layak anda coba. Berikut linknya : WPC.

Komunias Art

Sesuai dengan slogan mereka, komunitas Art merupakan komunitas pecinta seni di google+. Komunitas ini merupakan komunitas umum yang menerima kita bergabung tanpa persetujuan tertentu. Komunitas ini memiliki anggota yang lebih banyak dibanding dua komunitas di atas yaitu lebih dari 54.000 member dari berbagai dunia. Komunitas ini tidak terfokus pada karya lukisan namun pada semua karya seni. Meski begitu, karya lukisan merupakan salah satu karya yang paling banyak dishare di komunitas ini. Karya-karya yang dishare sangat varatif dan inspiratif.


Meski sama-sama komunitas di google+, jangan khawatir bahwa karyanya akan sama dengan komunitas painting. Kedua komunitas ini memiliki karya-karya yang berbeda-beda oleh karena itu sangat bagus untuk menambah wawasan anda di bidang seni lukis. Ada kalanya anda akan menemukan inspirasi dan metode baru dengan melihat karya-karya yang dishare.

Sketch Group

Sketch Group merupakan salah satu komunitas seni sketsa yang dapat anda ikuti. Komunitas di google+ ini memiliki lebih dari 5.000 anggota dari berbagai negara. Sesuai dengan namanya, karya-karya yang dishare di komunitas ini adalah karya sketsa. Komunitas ini juga menyediakan kategori tips dan tutorial untuk berbagi trik dan nasihat dalam membuat sketsa. Berikut link komunitas : Sketch Group.

Digital Painting


Digital painting merupakan komunitas seni yang berbagi karya lukisan digital. Anda akan menemukan banyak lukisan yang dihasilkan dengan menggunakan teknologi komputer. Jika anda adalah orang yang fanatik teknologi, komunitas ini sangat cocok untuk anda ikuti. Selain itu, jika anda adalah pelajar dengan bidang konsentrasi digital painting maka anda dapat belajar banyak hal dari komunitas ini yang sudah diikuti oleh lebih dari 10.000 anggota ini.


Mungkin anda ingin menambah jumlah tersebut, berikut linknya : Digital Painting
Demikianlah lima komunitas seni lukis yang kami rekomendasikan. Semoga bermanfaat. Berikan kontribusi anda dengan membagi artikel ini kepada teman-teman anda di social media. Terimakasih.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment