MENENTUKAN JENIS KERTAS YANG BAIK UNTUK MENGGAMBAR

Posted by on 18 January 2015 - 4:39 PM

Menentukan jenis pensil dan kertas merupakan langkah awal yang harus anda lakukan ketika anda memutuskan untuk menggambar sesuatu dengan menggunakan pensil. Untuk menghasilkan suatu karya yang indah dan memiliki nilai estetika tinggi, selain keahlian, ketepatan jenis kertas yang anda gunakan juga sangat berpengaruh.

Idealnya, para pelukis profesional menggunakan jenis kertas yang memang umum digunakan untuk menghasilkan karya profesional seperti Canson dan Febriano. Tentu alasan mereka menggunakan produk tersebut bukan semata-mata karena kertas tersebut populer di kalangan mereka, tetapi karena memang kertas tersebut memiliki standar kualitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jenis Kertas yang Baik

Pada dasarnya, karena menggambar dengan pensil cenderung melibatkan tekanan dan goresan yang berulang-ulang, maka jenis kertas yang dibutuhkan adalah kertas yang tidak terlalu tipis dan kuat. Selain itu, anda membutuhkan jenis kertas yang tidak terlalu licin tapi juga tidak kasar.

Kertas yang baik adalah kertas yang mampu menyerap warna pensil secara merata dan tidak mudah terkelupas saat dihapus. Anda harus berhati-hati karena beberapa kertas terkadang tidak dapat menonjolkan warna sehingga anda akan kesulitan dalam proses shading.

Selain itu sebagian kertas juga terkadang tidak kuat sehingga saat anda menghapus bagian yang salah, partikel-partikel kertas ikut terkelupas dan gambar menjadi rusak.

Hal yang paling penting sebenarnya adalah kejelian anda dalam memilih kertas sebelum membelinya. Perhatikan spesifikasi kertas tersebut sesuai tidak dengan alat yang anda gunakan.

Jangan sampai anda membeli kertas yang diperuntukkan untuk tujuan lain misalnya jenis kertas yang khusus untuk cat pastel oil padahal anda akan menggambar menggunakan pensil.

Source : dokumen pribadi.
Untuk melukis dengan pensil, biasanya digunakan kertas yang beratnya sekitar 200g/m2. Kertas jenis ini biasanya cenderung kuat, kokoh, dan keras sehingga sangat cocok untuk menggambar dengan pensil.

Menentukan Ukuran Kertas

Jika anda adalah tipe orang yang suka menggambar dengan peralatan praktis dan flexibel dari segi lokasi, maka anda juga harus menyesuaikan ukuran kertas yang anda gunakan.

Pada diagram di bawah anda dapat melihat bagaimana hubungan antara masing-masing ukuran kertas. Perhatikan bahwa semakin besar angka di depan huruf A maka semakin kecil ukurannya.

Kertas dengan ukuran A5 adalah yang paling kecil. Jenis kertas ini umum digunakan oleh seorang pengiklan lepas. Selanjutnya ada kertas A4 yang dua kali lebih besar dari A5.

Kertas ini merupakan salah satu kertas yang paling sering digunakan untuk mencetak tugas, majalah, paper, dan lain sebagainya. Di atas A4 ada A3 yang biasanya digunakan dalam buku gambar.

Selain ukuran di atas, buku sketsa juga tersedia dengan ukuran F6. Untuk tahap belajar kami sarankan anda menggunakan kertas ukuran A4 atau A3.

Diagram di bawah ini merupakan gambaran bagi anda mengenai ukuran kertas yang tersedia di pasaran.


Demikianlah tips menentukan jenis kertas yang baik untuk menggambar menggunakan pensil. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, maka bagikanlah kepada teman-teman anda di social media. Terimakasih.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment