CARA MENENTUKAN JENIS GRAFIK YANG SESUAI DENGAN DATA

Posted by on 15 January 2015 - 3:32 PM

Seorang teman bertanya kepada admin mengapa grafik yang ia buat menggunakan MS Excel tidak sesuai dengan bentuk yang diharapkan. Setelah diperiksa, ternyata ia mengunakan jenis grafik yang salah sehingga grafik yang ditampilkan berbeda dengan model yang sudah ia rencanakan. Hal ini jelas menunjukkan bahwa  memilih jenis grafik yang sesuai dengan data yang kita miliki sangatlah penting.

Agar informasi yang ingin disampaikan dapat difahami dengan mudah tentu harus digunakan jenis grafik yang tepat. Sebagai contoh, ketika kita hendak melihat persentase dari suatu kumpulan data, maka jenis grafik yang tepat adalah pie chart karena memperlihatkan dengan jelas luasan daerah atau juring untuk masing-masing kategori. 

Menentukan Jenis Grafik Berdasarkan Tujuan

Pada dasarnya, tujuan kita mengubah data menjadi grafik adalah untuk melihat beberapa hal dari data-data tersebut. Berikut lima hal yang paling sering menjadi tujuan dari pembuatan grafik yaitu :

Hubungan
Pada poin ini, tujuan dari pembuatan grafik adalah untuk menunjukkan hubungan atau korelasi antara dua variabel atau lebih melalui data yang disajikan. Untuk tujuan ini, maka jenis grafik yang cocok adalah scatter chart dan line chart. Biasanya yang digunakan adalah scatter plot atau bubble chart.

Perbandingan
Jika tujuan pembuatan grafik adalah untuk membandingkan satu set data dengan data yang lain. Perbandingan menetapkan satu set variabel terpisah dari yang lain, dan menampilkan bagaimana dua variabel berinteraksi. untuk tujuan ini, maka jenis grafik yang dapat digunakan adalah Bar charts, Column Charts, Scatter Charts, Pie Charts, dan Line Charts.

Komposisi
Jika kita mencoba untuk mengumpulkan berbagai jenis informasi yang membentuk keseluruhan dan menampilkan mereka bersama-sama, maka jenis grafik yang dapat kita gunakan adalah combo charts. Kita dapat mengkombinasikan dua jenis grafik dan yang umum dikombinasikan adalah Scatter charts dan Column charts.

Distribusi
Grafik distribusi mencoba untuk menampilkan kumpulan informasi terkait atau tidak terkait untuk melihat apakah ada interaksi antara variabel. Tujuan kita adalah untuk menunjukkan distribusi dari serangkaian nilai. Jenis grafik yang dapat kita gunakan adalah Column Charts, Scatter Plots, Line charts dan Box Plots.

Tren dari waktu ke waktu
Untuk menunjukkan tren dari waktu ke waktu berdasarkan beberapa variabel, maka jenis grafik yang dapat kita gunakan adalah Column charts dan Line charts.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment