CARA BIJAK MEMILIH JURUSAN KULIAH SAAT SBMPTN

Posted by on 24 February 2015 - 12:39 AM

Tidak terasa sebentar lagi murid kelas XII SMA/SMK/MA akan menghadapi Ujian Nasional. Setiap murid tentu harus melakukan persiapan yang baik agar mereka lulus ujian dan membanggakan orangtua yang telah berjuang untuk membiayai pendidikan mereka. Akan tetapi, lulus UN bukanlah satu-satunya target. Setelah lulus dari sekolah menengah atas, selanjutnya para murid akan menghadapi pertempuran akademik yang sesungguhnya yaitu ujian untuk merebut satu buah kursi di PTN favorit. Semua murid harus berjuang menaklukkan soal-soal ujian masuk PTN karena lulus di PTN berarti mengubah nasib. Tentu saja lulus di PTN akan menjadi hadiah terindah bagi setiap orangtua. Selain kelebihan dari segi kualitas dan gengsi, kuliah di PTN juga akan sangat membantu meringankan beban orangtua karena biaya kuliah di PTN relatif lebih murah jika dibandingkan dengan biaya kuliah di PTS.

Salah satu problem yang umum dialami murid-murid yang baru lulus dari sekolah menengah atas adalah kurangnya informasi mengenai jurusan atau program studi di PTN sehingga tidak sedikit yang merasa bingung memilih jurusan.

Tak jarang pula mereka akhirnya terjebak dalam jurusan yang salah dalam arti bisa saja jurusan yang mereka ambil ternyata tidak sesuai dengan bakat atau minat mereka, tidak sesuai dengan anggaran biaya orangtua, atau bahkan pada akhirnya menyebabkan mereka kesulitan dalam memperoleh pekerjaan setelah tamat kuliah.

Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa-siswi kelas XII untuk memikirkan secara matang-matang jurusan apa yang akan dipilih. Secara garis besar para murid harus mencari program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan, berstandar berdasarkan kualitas, terjangkau dalam hal biaya, dan fleksibel dalam hal prospek masa depan.

Cara paling bijak dalam memilih program studi di PTN adalah dengan cara mengenali minat dan kemampuan. Ingat, dalam hal ini ditekankan minat dan kemampuan. Dengan kata lain, kemampuan dan minat harus sejalan. Hindarilah sikap yang terlalu memaksakan kehendak tanpa memperhatikan kemampuan.

Sebagai contoh, jika anda begitu berminat untuk kuliah di fakultas kedokteran tentu anda harus memiliki kemampuan akademis yang lebih menonjol khusunya di bidang IPA sehingga anda dapat bersaing dalam passinggrade yang tinggi.

Tentu anda harus memiliki usaha lebih untuk mempersiapkan diri anda. Ketika kemampuan anda ternyata tidak mendukung minat anda, maka anda harus berbesar hati untuk memutar haluan dan mencari jurusan lain yang masih anda minati. Hal ini merupakan cara yang bijak jika anda memang harus kuliah di PTN untuk alasan biaya dan lain sebagainya.

Tips Memilih Jurusan di PTN

Berikut beberapa tips memilih program studi di PTN yang kami rangkum dari berbagai sumber.
  1. Kenali Minat dan Bakat
    Anda tentu memiliki cita-cita yang menjadi target dan tujuan dalam hidup anda. Umumnya cita-cita bersesuaian dengan minat atau bakat seseorang. Dalam memilih program studi, anda sebaiknya mengenali minat dan bakat anda agar ketika menjalani perkuliahan, anda tidak merasa bahwa jurusan yang anda pilih tidak sesuai dengan passion anda.

    Jika sudah tidak sesuai dengan minat, maka biasanya akan sulit dikembangkan sekalipun minat dapat saja dibangun. Ingatlah bahwa masa-masa kuliah adalah masa yang membutuhkan fokus dan konsentrasi agar begitu lulus anda benar-benar memiliki keahlian yang sesuai dengan jurusan yang anda pilih. Sebenarnya, cara paling mudah memilih jurusan adalah dengan mengenali bakat atau kelebihan anda yang berpotensi membawa kesuksesan dalam hidup anda.

  2. Cari Informasi Mengenai Program Study
    Ketika anda telah memikirkan beberapa program studi yang sesuai dengan minat dan bakat anda, maka sebaiknya anda segera mencari informasi mengenai program studi tersebut dari berbagai sumber. Anda dapat melihatnya pada profil di situs-situs resmi universitas, dari buku, artikel online, atau dari beberapa orang di sekitar anda yang sudah lebih dulu merasakan pahit manisnya perkuliahan.

    Carilah informasi mengenai profil jurusan-jurusan di PTN, bagaimana proses perkuliahannya, dan tentu saja bagaimana prospek masa depan jurusan itu. Perhitungkan bagaimana peluang kerja dari jurusan atau program studi yang anda pilih. Informasi-informasi tersebut akan bermanfaat bagi anda dalam membulatkan tekad.

  3. Pelajari Reputasi PTN tujuan
    Setelah anda menjatuhkan pilihan pada satu atau dua jurusan utama, maka selanjutnya adalah menentukan PTN yang akan dituju. Umumnya, perguruan tinggi yang banyak diminati memiliki reputasi yang baik. Anda dapat mencari infomasi mengenai peringkat PTN berdasarkan jumlah peminat ataupun peringkat akademiknya.

    Dalam hal ini anda juga dapat berdiskusi dengan orang yang sudah berpengalaman. Ada kalanya anda harus memperhatikan reputasi PTN berdasarkan jurusannya, karena bisa saja suatu PTN unggul di program studi tertentu tapi kurang unggul di program studi lainnya.

    CARA BIJAK MEMILIH JURUSAN KULIAH SAAT SBMPTN
  4. Pelajari Passing Grade 
    Ketika anda mempelajari reputasi PTN dan program studi di PTN, maka anda juga harus mempelajari passing grade dari jurusan yang anda minati di PTN yang anda tuju. Jika anda mengikuti bimbingan belajar, maka biasanya masing-masing bimbingan memiliki daftar passing grade yang berbeda-beda sehingga membuat anda bingung.

    Akan tetapi, jadikan saja itu sebagai patokan dalam mempersiapkan diri karena hal itu akan seidikit membantu sekalipun pada dasarnya passing grade cenderung berubah-rubah. Meski begitu, janganlah terpaku pada passing grade.

    Sebisa mungkin ciptakan standar kompetensi anda yang jauh dari passing grade tersebut karena bagaimanapun, ribuan lawan anda di luar sana juga akan melakukan hal yang sama, yaitu berusaha melewati passing grade itu. Oleh karena itu, teruslah tingkatkan kemampuan anda, atau jika perlu capailah 100%.

  5. Sesuaikan Kemampuan 
    Seperti yang telah disebutkan di atas, sesuaikanlah kemampuan dan minat anda. Buatlah pilihan secara rasional, artinya pilihan yang anda pilih memang sesuai dengan kemampuan anda. Jika passing grade jurusan pilihan anda tinggi dan dibutuhkan kemampuan akademik yang tinggi, maka anda harus mempersiapkan diri untuk itu.

    Tentu saja dengan cara belajar keras. Hanya kerja keraslah satu-satunya cara untuk mencapai kesuksesan. Jika orangtua anda memberi fasilitas untuk mengikuti bimbingan belajar (Intensif) maka pergunakanlah itu sebaik-baiknya untuk mengasah kemampuan anda. Ikutilah simulasi yang diadakan di sekitar tempat tinggal anda agar anda mendapat gambaran mengenai pelaksanaan ujian yang sesungguhnya.

    Untuk meningkatkan kompetensi, anda harus rajin membahas soal-soal. Pelajarilah soal-soal SBMPTN yang lalu-lalu dan kenali model soal yang kerapkali muncul. Jika nada sudah terbiasa dengan soal-soal, maka peluang anda lulus akan lebih besar.

  6. Perhitungkan Biaya
    Sebelum memutuskan pilihan, tentu anda harus memperhatikan faktor biaya. Oleh karena itu, ada kalanya anda harus menyesuaikan anggaran biaya yang mampu ditanggung orangtua anda. Anda tentu tidak dapat memaksakan kehendak untuk memilih jurusan tertentu di PTN tertentu yang biaya kuliahnya tidak terjangkau oleh orangtua anda. Oleh karena itu, anda perlu mempertimbangkan lokasi PTN tujuan anda dan carilah gambaran mengenai biaya pendidikannya.

  7. Berdiskusi dengan Orangtua
    Diskusikanlah pilihan anda dengan orangtua. Pastikan bahwa pilihan anda merupakan pilihan yang direstui oleh kedua orangtua anda. Tidak jarang seorang murid harus merelakan kursi PTN yang telah dia perjuangkan hanya karena ternyata orangtuanya tidak setuju dengan jurusan yang ia pilih atau karena lokasi PTN yang terlalu jauh. Jangan sampai itu terjadi pada anda. Diskusikanlah setiap keputusan anda dengan orangtua sekalipun itu hanya pilihan terkahir.

  8. Persiapkan Alternatif
    Dalam menentukan pilihan, persiapkanlah sebuah alternatif yang pasti dapat membantu anda jika tujuan utama anda tidak tercapai. Dalam hal ini, anda harus bijak dalam menentukan pilihan I, II, dan III. Pada pilihan pertama, pilihlah jurusan atau program studi yang anda dambakan dan berpeluang lulus meskipun peluangnya kecil.

    Di pilihan kedua, pilihlah jurusan yang peluang lulusnya lebih besar daripada pilihan pertama. Nah, pada pilihan ketiga pilihlah jurusan yang peluang lulusnya 100%. Artinya anda pasti lulus di jurusan itu. Untuk membuat pilihan I,II, dan III yang rasional anda perlu mengikuti simulasi SBMPTN. Saat ini banyak bimbingan belajar yang mengadakan simulasi SBMPTN. Ikutilah simulasi tersebut sebagai acuan anda dalam menentukan pilihan.

Demikian tips memilih jurusan atau program studi di PTN, semoga bermanfaat. Untuk murid kels XII, tetaplah semangat dan jangan pernah menyerah. Ingat, untuk sukses hanya ada satu cara yaitu anda harus bekerja keras. Karena yang akan anda hadapi adalah soal-soal ujian, maka kerja keraslah mempelajari dan mengerjakan soal-soal sebagai latihan sehingga anda terbiasa dengan soal-soal.



Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.