SOAL DAN PEMBAHASAN PEMANTULAN PADA CERMIN DATAR

Posted by on 01 April 2015 - 7:09 AM

Cermin datar merupakan sebuah benda bening yang memiliki permukaan halus dan mengkilap sehingga mampu memantulkan cahaya secara teratur (specular reflection). Untuk mengetahui sifat bayangan yang terbentuk pada cermin datar, kita dapat melukiskan bayangan sebuah benda yang berada di depan cermin dengan menggunakan hukum pemantulan Snellius yang telah dibahas pada artikel hukum pemantulan cahaya.

Sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar adalah :

Maya atau semu
Bayangan berada di belakang cermin sehingga bersifat maya atau semu. Bayangan dikatakan maya jika bayangan tidak dapat ditangkap oleh layar.

Tegak
Ingat bahwa bayangan yang bersifat maya pasti tegak. Dengan kata lain maya selalu berpasangan dengan tegak (kecuali pada mikroskof).

Sama besar
Bayangan yang terbentuk sama besar dengan benda. Dengan kata lain pada cermin datar perbesarannya sama dengan 1. Dengan begitu tinggi bayangan yang terbentuk juga akan sama dengan tinggi benda.

Jarak benda dan jarak bayangan sama
Karena perbesaran sama dengan satu, maka jarak benda ke cermin (S) akan sama dengan jarak bayangan yang terbentuk ke cermin (S').

Pertukaran sisi
Bayangan yang terbentuk pada cermin datar menghadap berlawanan arah (terbalik) terhadap bendanya. Jika anda berdiri di depan cermin, amatilah bahwa bagian bayangan sebelah kanan anda seharusnya berada di sebelah kiri jika bayangan tersebut adalah benda.

Atau berdirilah berhadapan dengan teman anda, anggap teman anda sebagai bayangan anda, maka akan terlihat bahwa tangan kanan teman anda menjadi bayangan tangan kiri anda begitu sebaliknya.
cermin datar

Jumlah Bayangan Pada Cermin Datar

Jika sebuah benda diletakkan di depan dua buah cermin datar yang saling membentuk sudut α, maka jumlah bayangan yang dihasilkan oleh cemin datar bergantug pada besar sudut yang mereka bentuk. 

n = 360o − 1
  α

Dengan :
n = banyak bayangan
α = sudut yang dibentuk oleh dua cermin datar

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment