JENIS-JENIS KARBOHIDRAT, SUMBER, DAN FUNGSINYA

Posted by on 10 April 2015 - 11:40 PM

Karbohidrat atau hidrat arang merupakan suatu senyawa yang terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Rumus molekul karbohidrat adalah Cn(H2O)n. Zat Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Jika kebutuhan akan karbohidrat tidak terpenuhi, maka fungsi karbohidrat akan diambil alih oleh protein yang menyebabkan kinerja protein menjadi kurang optimal. Karbohidrat tersedia dalam jumlah yang melimpah di muka bumi. Zat karbohidrat merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Dewasa ini banyak orang yang menghindari makan yang mengandung karbohidrat demi alasan kesehatan. Tentu saja karena tidak semua jenis karbohidrat baik dikonsumsi apalagi dalam jumlah yang berlebihan.

Berdasarkan panjang rantai karbonnya, karbohidrat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu :
  1. Monosakarida
    Monosakarida merupakan karbohidrat sederhana yang tidak dapat dihidrolisis menjadi bentuk yang lebih sederhana. Monosakarida larut dalam air dan dapat berdifusi melalui dinding usus tanpa dipecah lagi oleh enzim-enzim pencernaan. Yang termasuk kelompok monosakarida antaralain glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

  2. Disakarida
    Disakarida merupakan karbohidrat golongan oligosakarida yang penting bagi tubuh. Disakarida terdiri dari dua molekul monosakarida yang saling beikatan. Dalam proses pencernaan, disakarida akan dipecah menjadi dua molekul monosakarida. Contoh : sukrosa, laktosa, dan maltosa.

  3. Polisakarida
    Polisakarida  merupakan karbohidrat kompleks yang menghasilkan lebih dari enam monosakarida jika dihidrolisis. Polisakarida dapat mengandung ribuan monosakarida. Polisakarida tidak berasa dan tidak larud dalam air.

    Yang termasuk ke dalam kelompok poilisakarida adalah amilum, selulosa, dan glikogen. Pati dan dekstrin merupakan polisakarida yang dapat dicerna, sedangkan selulosa dan pektin merupakan polisakarida yang tidak dapat dicerna.
Baca juga : Sumber dan Manfaat Lemak Bagi Tubuh.

Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber enegi untuk melakukan kegiatan. Beberapa makanan sumber karbohidrat antaralain beras, gandum, ubi, jagung, kentang, sagu, kacang-kacangan, singkong, beras merah, dan sebagainya.

Berikut beberapa fungsi penting karbohidrat bagi tubuh :
  1. Sumber energi utama
    Karbohidrat merupakan pemasok energi yang utama bagi tubuh. Dari setiap 1 gram karbohidrat dapat dihasilkan energi sebesar 4 kkalori melalui proses pembakaran kimiawi di dalam tubuh. Energi tersebutlah yang kita gunakan untuk beraktivitas.

  2. Mengoptimalkan fungsi protein
    Ketika tubuh kekurangan karbohidrat, maka peran karbohidrat sebagai sumber energi akan digantikan oleh protein. Hal itu menyebabkan protein tidak berfungsi secara optimal.

    Dengan terpenuhinya karbohidrat, maka fungsi protein akan lebih optimal karena energi yang kita butuhkan telah terpenuhi dari karbohidrat yang kita konsumsi.

    Baca juga : Jenis-jenis, Sumber, dan manfaat protein.

  3. Mengatur metabolisme lemak
    Karbohidrat dapat membantu mencegah terjadinya ketidaksempurnaan oksidasi lemak.

  4. Sebagai pemanis alami
    Sebagian besar karbohidrat terutama golongan monosakarida dan disakarida memiliki rasa yang manis sehingga dapat dimanfaatkan sebagai zat pemanis alami yang menambah cita rasa makanan.

  5. Membantu proses pencernaan
    Beberapa sumber karbohidrat juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

  6. Membantu proses metabolisme tubuh
    Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berperan dalam proses penyeimbang asam dan basa di dalam tubuh, serta proses untuk membentuk jaringan sel, struktur dan juga organ-organ dalam tubuh.
jenis karbohidrat

Karena karbohidrat merupakan sumber energi yang utama, maka sangat penting untuk dipenuhi. Kekurangan karbohidrat dapat menimbulkan masalah bagi tubuh antaralain berkurangnya pasokan energi ditandai yang dengan melemahnya tubuh dan terlihat lesu.

Baca juga : Jenis-jenis Mineral dan Manfaat Air Bagi Tubuh.

Untuk kurun waktu yang panjang, kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan penurunan berat badan, distress, timbulnya otot atrofi, berkurangnya stamina, tremor, pusing, dan kebingungan.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment