JENIS-JENIS KEBUTUHAN DAN PENYEBAB KELANGKAAN

Posted by on 19 May 2015 - 10:54 PM

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia baik barang atau jasa agar manusia dapat hidup dengan layak. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mencapai kemakmuran.

Tentu saja, manusia akan dikatakan makmur jika ia mampu memenuhi segala kebutuhannya. Karena sesuai dengan defenisinya, kemakmuran merupakan suatu keadaan dimana manusia sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak. Sesuai dengan kodrat kita sebagai manusia, kita tidak akan pernah puas sehingga kebutuhan kita bersifat tidak terbatas.

Jenis-Jenis Kebutuhan

Kebutuhan yang dibutuhkan oleh manusia dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa sudut pandang yaitu berdasarkan intensitas, berdasarkan sifat, berdasarkan subjek, dan berdasarkan waktu. Berikut akan kita bahas pengelompokan tersebut satu persatu.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Jika dilihat berdasarkan intensitas atau tingkat kepentingannya, maka kebutuhan dibagi menjadi tiga jenis yaitu :
  1. Kebutuhan Primer
    Kebutuhan primer merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia secara mutlak untuk bertahan hidup. Kebutuhan prime merupakan kebutuhan yang paling utama dan disebut juga sebagai kebutuhan alamiah. Yang termasuk kebutuhan primer antaralain sandang, pangan, dan papan.

  2. Kebutuhan Sekunder
    Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang digunakan sebagai pelengkap untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup. Jika kebutuhan sekunder tidak terpenuhi tidak akan berakibat fatal Yang termasuk kebutuhan sekunder antaralain pendingin ruangan, televisi, telepon genggam, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan sebagainya.

  3. Kebutuhan Tersier
    Kebutuhan tersier biasa juga disebut sebagai kebutuhan lux atau mewah. Kebutuhan tersier merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya setelah kebutuhan primer dan sekundernya terpenuhi. Yang termasuk kebutuhan tersier antaralain mobil, helikopter, perhiasan berlian, dan sebagainya.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Jika dilihat berdasarkan sifat atau karakternya, kebutuhan dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  1. Kebutuhan Jasmani
    Kebutuhan jasmani merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan fisik atau tubuhnya seperti makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya.

  2. Kebutuhan Rohani
    Kebutuhan rohani merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan rohani atau jiwanya seperti ibadah, musik, hiburan, bahan bacaan, dan sebagainya.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Berdasarkan subjek atau pelaku yang memenuhi kebutuhan, kebutuhan dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  1. Kebutuhan Individu
    Kebutuhan individu merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh perorangan dan tidak bergantung pada kebutuhan orang lain. Misalnya, nenek membutuhkan kacamata agar dapat melihat dengan jelas, Paman membutuhkan kartu BPJS untuk berobat ke rumah sakit, dan sebagainya.

  2. Kebutuhan Sosial
    Kebutuhan sosial atau kebutuhan umum merupakan kebutuhan yang dibutuhkan orang banyak atau diperuntukkan secara umum. Misalnya, kebutuhan akan jalan raya, pusat perbelanjaan, rumah sakit, tempat ibadah, sarana pendidikan, dan sebagainya.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu pemenuhannya, maka kebutuhan tediri dari dua jenis yaitu :
  1. Kebutuhan Sekarang
    Sesuai dengan namanya, kebutuhan sekarang merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan mendesak atau harus dipenuhi di saat sekarang. Jika tidak dipenuhi, akan mengganggu kehidupan manusia. Misalnya kebutuhan akan obat bagi orang yang sakit, kebutuhan akan nasi bagi orang yang lapar, dan sebagainya.

  2. Kebutuhan Yang Akan Datang
    Kebutuhan yang akan datang merupakan kebutuhan yang diperuntukkan untuk masa depan dan tidak akan mengganggu kehidupan jika tidak terpenuhi di saat sekarang. Misalnya tabungan, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan mewah, dan sebagianya.

Faktor Penyebab kelangkaan

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kebutuhan manusia akan barang dan jasa semakin tidak terbatas. Meningkatnya jumlah penduduk dan tebatasnya barang pemuas kebutuhan menyebabkan terjadinya kelangkaan. Kelangkaan merupakan keadaan ketika seumber daya ekonomi jumlahnya terbatas dibandingkan dengan jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan kata lain, kelangkaan merupakan kondisi dimana ketersediaan sumber daya tidak mampu mencukupi kebutuhan manusia. Kelangkaan terjadi akibat beberapa faktor, yaitu :
  1. Keterbatasan sumber daya ekonomi
  2. Kenaikan jumlah penduduk
  3. Perubahan perilaku dan selera manusia
  4. Kerusakan sumber daya alam akibat manusia
  5. Bencana alam

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment