JURUSAN KULIAH PALING DIMINATI DI INDONESIA

Posted by on 16 May 2015 - 12:54 PM

SBMPTN sudah dekat tapi masih bingung dalam memilih jurusan? Jika ya, mungkin daftar yang akan kita bahas bisa membantu anda. Seperti yang kita ketahui, secara umum orang akan memilih jurusan kuliah yang prospek kerjanya menjanjikan. Akan tetapi, semakin besar jumlah peminat jurusan tersebut, maka semakin ketat pulalah persaingan yang akan anda hadapi. Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat dibutuhkan jika anda ingin menjadi salah satu dari mereka yang berhasil merebut kursi PTN.

Idealnya, setiap orang pasti mengharapkan memperoleh pekerjaan yang baik dengan penghasilan yang tinggi begitu pendidikannya selesai. Akan tetapi, pada kenyataannya tidaklah selalu demikian. Kadangkala, orang yang kuliah di jurusan yang prospek kerjanya kurang bagus justru memperoleh kesuksesan lebih besar. Intinya, kesuksesan dan masa depan tidak hanya dilihat dari jurusan apa yang kita ambil saat kuliah, tapi juga bergantung kepada kualitas kita sebagai manusia terdidik. Jadi semua kembali kepada pribadi kita masing-masing.
Daftar jurusan yang paling diminati di Indonesia berikut ini mungkin akan memberikan sedikit gambaran umum bagi anda yang masih bingung menentukan pilihan. Tapi ingat, yang paling terpenting bukanlah apakah jurusan anda banyak diminati atau tidak, melainkan bagaimana anda akan menjalani perkuliahan dengan baik dan memperoleh manfaat dari ilmu yang anda pelajari. Jadi, pilihlah dengan bijak.
  1. Kedokteran
    Kedokteran merupakan jurusan yang paling banyak diminati karena peluang kerjanya besar dan lebih begengsi. Bidang kedokteran cenderung tetap stabil dalam hal karir karena permintaan akan tenaga medis dewasa ini cukup besar seperti di rumah sakit, klinik, puskesmas, BUMN, BPJS Kesehatan, perusahaan perkebunan, dan lain sebagainya. Sebagian besar orang juga berpendapat bahwa menjadi dokter sangat mudah mendapat uang dalam jumlah yang besar karena ilmu yang mereka miliki sangat dihargai.

    Karena jumlah peminatnya banyak, persaingan juga menjadi sangat ketat. Di Indonesia, jurusan kedokteran termasuk jurusan dengan passing grade tertinggi di berbagai universitas. Jika anda merasa kurang menguasai soal-soal SBMPTN dan lemah di mata pelajaran Biologi, sebaiknya anda memilih alternatif lain sebab akan ada banyak orang di luar sana yang belajar mati-matian agar lulus di jurusan kedokteran.

    Menjadi mahasiswa kedokteran bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi anda dan orangtua. Apalagi jika anda benar-benar bisa menerapkan ilmu yang anda pelajari selama kuliah. Jika anda berniat untuk memilih jurusan kedokteran, sebaiknya anda memperhatikan reputasi universitas tujuan anda. Carilah informasi mengenai universitas yang memiliki jurusan kedokteran dengan kulaitas baik.

  2. Teknologi Informatika, Ilmu komputer
    Di era modern yang serba canggih seperti saat ini, orang-orang yang mempunyai keahlian di bidang komputer dan teknologi informasi sangat banyak dicari. Maka tak heran jika jurusan ini sangat diminati. Peluang kerja untuk TI dan ilmu komputer sangat besar. Hampir semua perusahaan besar dan menengah membutuhkan tenaga ahli di bidang komputer ataupun pemrograman. Lulusan yang ahli di bidang ini umumnya dipekerjakan dengan gaji yang besar.

    Saat ini, persaingan untuk teknik informatika dan ilmu komputer cenderung tidak terlalu berat karena jumlah peminat yang besar masih didukung oleh daya tampung yang besar pula. Banyak perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan teknologi informatika dan ilmu komputer karena sadar akan perkembangan zaman. Jadi, jika anda punya minat di bidang komputer atau teknologi informasi, kedua jurusan ini bisa menjadi alternatif pilihan anda.

  3. Ilmu Hukum
    Sama halnya seperti kedokteran, ilmu hukum merupakan jurusan yang paling banyak diminati oleh lulusan ilmu sosial. Ilmu hukum adalah mata pelajaran yang berpusat pada praktek hukum. Ilmu Hukum mencakup bidang yang luas meliputi hak asasi manusia, hukum kepemilikan hingga hukum perdagangan. Hukum mengatur ketertiban hidup bermasyarakat dengan memberikan peraturan jelas mengenai apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Jika nada benar-benar mahir dalam bidang ini maka anda akan dibayar mahal atas pekerjaan anda.

  4. Ekonomi, Bisnis, Akuntansi
    Fakultas ekonomi merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati oleh lulusan sekolah menengah atas. Peminat ketiga jurusan ini tidak hanya mereka yang datang dari jurusan IPS tetapi juga dari jurusan IPA. Banyaknya jumlah peminat dikarenakan peluang kerjanya sangat besar. Meskipun lulusan yang berasal dari jurusan ini sangat banyak, akan tetapi permintaan perusahaan juga tinggi sehingga rata-rata lulusannya memperoleh pekerjaan setelah tamat. Seperti yang kita tahu hampir semua perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidang ekonomi baik itu perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, industri, pertanian, pertambangan, asuransi, dan sebagainya.

  5. Psikologi
    Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari entang perilaku mental berdasarkan penelitian ilmiah dan pola umum. Jurusan ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik tindakan kita. Teori dan informasi psikologi seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang luas. Lulusan bidang ini biasanya bekerja di bidang konseling, psikologis klinis, atau psikologis perusahaan. Jurusan ini menjanjikan jenjang karir yang bagus baik pada sektor pemerintahan ataupun sektor swasta. Lulusan bidang ini banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan khususnya di bidang penerimaan pegawai atau tes wawancara psikolog.

  6. Teknik Mesin
    Untuk fakultas teknik, jurusan teknik mesin meupakan jurusan yang paling banyak diminati. Teknik mesin adalah cabang dari pelajaran teknik yang berfokus pada proses produksi dengan penggunaan tenaga mekanik untuk membuat mesin dan peralatan. Peluang kerja bagi lulusan teknik mesin terbilang besar khususnya di bidang industri, konstruksi, dan teknologi mesin. Meskipun persaingan untuk masuk ke jurusan ini cukup sulit, tetapi jurusan ini tetap diminati karena honor yang ditawarkan tinggi.
    memilih jurusan kuliah

  7. Teknik Elektro
    Teknik elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan daya listrik dalam skala besar seperti pada industri dan mesin-mesin. Teknik Listrik berhadapan langsung dengan ketersediaan sumber daya energi, transmisi energi dan dampak dari energi terhadap sistem operasi permesinan secara keseluruhaan. Jurusan ini banyak diminati karena prospek kerjanya besar dan gaji yang ditawarkan juga besar.

  8. Kebidanan, keperawatan
    Kebidanan dan keperawatan merupakan jurusan yang banyak diminati oleh wanita. Beberapa orang menjadikan jurusan ini alternatif kedua setelah kedokteran. Lulusan jurusan ini biasanya akan bekerja di rumah sakit, klinik, asuransi kesehatan, dan sebagainya.

  9. Pendidikan
    Jurusan-jurusan pendidikan seperti matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa Indonesia, dan geografi merupakan jurusan yang cukup diminati khusunya bagi mereka yang ingin berkarir sebagai guru atau sebagai PNS. Persaingan untuk masuk ke jurusan-jurusan tersebut lebih ringan dibandingkan jurusan favorit seperti kedokteran atau teknik.

  10. Desain Grafis
    Seiring dengan perkembangan zaman yang serba canggih dan serba digital, jurusan desain grafis pun semakin diminati. Akan tetapi, jurusan ini belum banyak dibuka di indonesia. Peluang kerja desain grafis cukup besar dan luas meliputi perusahaan kecil, menengah, dan besar. Desainer grafis dapat bekerja di stasiun TV, perusahaan game, perusahaan desain, lembaga pendidikan, freelance, dan sebagainya.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment