STRUKTUR, BAGIAN-BAGIAN, BENTUK, TIPE, DAN JUMLAH KROMOSOM

Posted by on 09 August 2015 - 11:47 AM

Setiap sel makhluk hidup mengandung inti sel atau nukleus yang di dalamnya terdapat beberapa kromosom. Kromosom bersama gen dan DNA merupakan faktor pembawa dan penentu sifat yang tampak pada makhluk hidup. Kromosom terdiri dari lokus-lokus yang merupakan tempat untuk gen. Jika dikaji berdasarkan suku katanya, kromosom terdiri dari dua kata yaitu kroma dan soma. Kroma artinya benang sedangkan soma artinya tubuh. Jadi, secara sederhana kita bisa mengartikan kromosom sebagai badan berbentuk panjang menyerupai benang yang memiliki fungsi untuk membawa informasi genetika.

Struktur Kromosom

Kromosom tersusun oleh benang-benang kromatin yang terdiri dari banyak serabut protein, DNA, dan RNA. Kromosom mengandung ratusan hingga ribuan gen yang membuatnya dapat membawa informasi genetika dan menentukan sifat keturunan.

Struktur kromosom hanya dapat diamati dengan jelas pada stadium tertentu saat sel mengalami pembelahan yaitu pada tahap metafase. Pada fase tersebut, kromosom terlihat jelas dalam bentuk empat lengan lengkap dengan sentromer, kinetokor, dan mikrotubulus.  

Tips menghafal :
Untuk mengingat struktur kromosom, ingat saja bentuk X dimana 4 lengan dari huruf X menggambarkan empat lengan kromosom dan di bagian pusat terdapat sentromer atau pusat kromosom.

Baca juga : Kelainan atau Penyakit Pada Sistem Regulasi.

Bagian-Bagian Kromosom

Secara garis besar, kromosom terdiri dari dua bagian utama yaitu sentromer dan kromatid. Kedua bagian tersebut masih terdiri dari beberapa komponen lainnya sebagai berikut :
  1. Sentromer
    Sentromer merupakan bagian kromosom yang terlihat lebih terang dan berada di pusat. Pada saat sel membelah, terdapat bagian sentromer yang berikatan dengan benang spindel. Bagian tersebut disebut kinetokor.

  2. Kromatid
    Lengan kromosom merupakan bagian tubuh kromosom yang terbagi oleh sentromer. Lengan kromosom terdiri dari tiga komponen penyusun yaitu selaput, matriks (cairan lengan), dan kromonema (benang halus yang terpilin). Selaput befungsi untuk menyelimuti badan kromosom.

Bentuk-bentuk Kromosom

Kromosom memiliki beberapa bentuk dilihat berdasarkan posisi pusat kromosom terhadap lengannya. Berikut empat bentuk kromosom berdasarkan kedudukan sentromer :
  1. Telosentris (di ujung)
    Bentuk telosentris ditandai dengan sentromer dan satu lengan. Pada telosentris, kedudukan sentromer adalah di salah satu ujung lengannya.

  2. Akrosentris (tidak sama)
    Kromosom akrosentris memiliki 2 lengan tetapi salah satu lengannya sangat pendek sehingga letak sentromer berada di antara dua lengan yang tidak sama panjangnya.

    Bentuk kromosom

  3. Submetasentris (mendekati tengah)
    Terdiri dari dua lengan yang panjangnya sudah hampir sama dan kedudukan sentromer sudah mendekati tengah atau agak di tengah di antara kedua lengannya.

  4. Metasentris (di tengah)
    Kromosom metasentris sudah memiliki lengan yang sama panjang sehingga sentomer tepat berada di tengah di antara lengannya.

Baca juga : Kumpulan Soal dan Jawaban Mutasi Gen dan kromosom.

Tipe Kromosom

Kromosom terdiri dari dua tipe, yaitu :
  1. Autosom
    Autosom merupakan kromosom tubuh yang lebih dikenal sebagai kromosom biasa. Autosom berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan bentuk tubuh.

  2. Gonosom
    Gonosom merupakan kromosom seks yang befungsi untuk menentukan jenis kelamin makhluk hidup.

Jumlah Kromosom

Masing-masing spesies makhluk hidup memiliki jumlah kromosom yang berbeda. Organisme dalam satu spesies memiliki jumlah kromosm yang sama. Manusia memiliki jumlah kromosom 46 yang terdiri dari 22 pasang kromosom tubuh dan sepasang kromosom seks.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment