CARA MEMBUAT BUNGA KREASI DARI TALI PLASTIK CREATIVE DIY

Posted by on 27 August 2015 - 5:11 PM

Jika anda adalah orang yang punya banyak waktu luang dan bingung mau melakukan apa untuk mengisi kekosongan tersebut, maka kreasi bunga dari tali plastik yang akan kita bahas berikut ini mungkin bisa jadi alternatif anda. Daripada bengong atau ngabisin waktu untuk kepoin status orang yang gak penting, mending manfaatin waktu luang kamu untuk melakukan hal-hal sederhana yang bermanfaat. Pada artikel sebelumya, kami telah membagi cara membuat bunga mawar dari kantung plastik bekas. Pada kesempatan ini, kita masih akan belajar bagaimana membuat bunga, tetapi dengan bahan dasar tali plastik. Kerajinan dari tali plastik ini dulunya merupakan tugas sekolah ketika admin masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Karena unik dan cukup menarik, maka kami rasa kerajinan tangan ini layak untuk dishare.

Seperti judulnya, kita memang akan membuat bunga dari tali plastik. Hanya berbekal beberapa gulung tali plastik yang harganya murah meriah, kita bisa sudah membuat beberapa tangkai bunga plastik yang bisa dijadikan sebagai penghias ruangan.

Pembuatan bunga dari tali plastik seperti yang terlihat pada gambar di atas terbilang sangat mudah. Kami yakin semua orang bisa membuatnya karena tidak dibutuhkan keahlian khusus. Meski begitu, tentu kita harus memiliki kreativitas yang cukup agar bunga yang dihasilkan memiliki nilai seni yang cukup. Selain itu, kita juga membutuhkan ketelitian dan kesabaran agar hasilnya lebih baik.

Sebenarnya, kita dapat memanfaatkan manik-manik sebagai putik bunga agar lebih hidup dan berwarna. Tetapi pada kesempatan ini kami hanya menggunakan tali plastik secara keseluruhan baik untuk pembuatan putik, daun, pembungkus batang, maupun kelopak bunganya.

Sedangkan untuk batang, kami menggunakan kawat kecil yang biasanya digunakan sebagai tali jemuran pakaian. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menkreasikannya dengan manik-manik atau tali plastik yang disuir halus seperti kemoceng untuk bagian putiknya (tengah).

Alat dan Bahan 

Untuk membuat bunga dari tali plastik, alat dan bahan utama yang kita butuhkan relatif sangat terjangkau. Untuk membuat sekitar delapan tangkai bunga, kita hanya memerlukan 2 gulung tali plastik berwarna bunga dan satu gulung tali plastik berwarna hijau untuk daun dan tangkainya.

kreasi bunga dari tali plastik

Dengan biaya kurang lebih Rp 5.000,- kita sudah bisa mendapat bahan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut alat dan bahan yang kita perlukan :
  1. Tali plastik berwarna kuning untuk kelopak bunga
  2. Tali plastik berwarna putih untuk bagian dalam atau putik
  3. Tali plastik berwarna hijau untuk daun dan batang
  4. Kawat atau lidi untuk batang
  5. Tali atau benang untuk mengikat kelopak dan daun
  6. Gunting atau pisau
kreasi bunga dari tali plastik

Pembuatan Bunga Dari Tali Plastik

Setelah alat dan bahan tersedia, ada baiknya jika anda mencari lokasi yang nyaman dan lapang agar kegiatan anda menjadi lebih menyenangkan dan hasilnya pasti lebih maksimal. Berikut langkah-langkah pembuatan bunga dari tali plastik :
  1. Potong tali plastik menjadi beberapa bagian dengan panjang masing-masing kurang lebih 30 cm. 
  2. Buka dan bentangkan lipatan tali sehingga diperoleh panjang dan lebar sesuai ukuran talinya. Ratakan tali dengan tangan atau alat lain untuk mengurangi kusut pada tali.
  3. Lipat tali sama panjang secara simetris seperti terlihat pada gambar nomor 2 di bawah ini.

    membuat bunga dari tali plastik

  4. Dengan kedua tangan (gunakan jempol dan telunjuk), puntir bagian tengah tali ke arah yang berlawanan.
  5. Setelah puntirannya cukup kecil dan rapat, lipat tali plastik tersebut dengan bagian yang dipuntir sebagai sumbu lipatnya. Setelah terlipat bagian yang dipuntir akan berbentuk lengkungan.
  6. Setelah lipatannya sudah rapi, puntir dan ikat bagian bawahnya sehingga dihasilkan sebuah kelopak bunga seperti gambar nomor 4 di atas.
  7. Lakukan langkah 2-6 untuk membuat beberapa kelopak bunga sesuai kebutuhan kita.
  8. Dengan cara yang sama, buat kelopak dengan ukuran lebih kecil untuk bagian tengahnya (dalam hal ini difungsikan sebagai pengganti putik). Gunakan tali plastik dengan warna yang berbeda atau sesuaikan dengan kreativitas anda.
  9. Setelah dihasilkan kelopak yang cukup, selanjutnya gabungkan 3 kelopak kecil untuk bagian tengah, ikat dengan tali atau benang. Untuk pembuatan kelopak tengah ini, letakkan bagian cekung di bagian dalam sehingga kelopak saling menutup.
  10. Ambil 5 atau 6 kelopak besar, susun mengelilingi bagian tengah yang sudah dibuat sebelumnya lalu ikat dengan rapi. Anda bisa mengikatnya satu persatu atau sekaligus. Agar hasilnya lebih rapi, kami sarankan mengikatnya satu persatu karena kalau sekaligus, biasanya ikatannya menjadi merapat di satu titik sehingga distribusi kelopaknya kurang rapi. Jika dilihat dari bagian depan atas, kurang lebih hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

    cara membuat bunga dengan tali plastik

  11. Setelah dihasilkan sejumlah bunga yang anda inginkan, selanjutnya gabungkan dengan kawat atau lidi yang menjadi batangnya. Ikatkan bagian bawah bunga pada kawat lalu bungkus dengan tali plastik berwarna hijau.
  12. Untuk daun, pembuatannya sama dengan seperti pembuatan kelopak. Tambahkan satu atau dua daun pada setiap batang sesuai keinginan anda.
  13. Rangkai bunga-bunga yang sudah anda hasilkan. Anda dapat meletakkannya dalam vas bunga di atas meja atau di dalam vas gantung.

    cara membuat bunga dari tali plastik

    Untuk diletakkan di meja, anda dapat merangkai bunga secara betingkat hingga terlihat rimbun atau membentuk lingkaran dengan salah satu bunga berada di pusatnya.

    cara membuat bunga dari tali plastik

    Jika anda lebih suka bunga gantung, maka rangkaian bunga yang menyerupai bunga anggrek bisa jadi pilihan yang menarik apalagi jika anda dapat menyesuaikan ukurannya.
Demikianlah pembuatan bunga dari tali plastik, semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment