Pembahasan Soal SBMPTN Biologi Asal-usul Kehidupan

Posted by on 28 October 2015 - 1:49 PM

  1. Orang yang mengemukakan teori bahwa zat hidup yang pertama terjadi berasal dari reaksi kimia antara metana, amonia, hidrogen, dan uap air adalah .....
    1. Harold Urey
    2. Stanley Miller
    3. Louis Pasteur
    4. Lazzaro Spalanzani
    5. Francesco Redi

    Pembahasan :
    Ada dua teori atau konsep tentang makhluk hidup yang umum dikenal yaitu teori abiognesis dan teori biogenesis. Selain itu dikenal pula teori neoabiogenesis yang dikenal sebagai teori modern.

    Harold Urey dan Stanley Miller merupakan dua tokoh yang mengemukakan teoi modern. Sedangkan Louis Pasteur, Lazzaro Spallanzani, dan Francesco Redi merupakan penganut teori biogenesis.

    Berikut teori yang dikemukakan oleh kelima tokoh tersebut :
    1. Harold Urey
      Zat hidup yang pertama berasal dari metana, amonia, hidrogen, dan uap air dengan bantuan sumber energi dari kilat dan sinar ultraviolet. Harold Urey mengatakan bahwa zat-zat tersebut terdapat di atmosfer kemudian akibat pengaruh sinar kosmis dan kilat halilintar, terbentuklah zat hidup yang pertama.

    2. Stanley Miller
      Membuktikan teori Urey dengan eksperimen yang menghasilkan asam amino. Stanley Miller menggunakan bunga api listrik dari sumber listrik bertegangan tinggi yang dialirkan ke bejana tertutup yang berisi campuran metana, amonia, dan uap air. Eksperimen tersebut ternyata berhasil menghasilkan asam amino yang merupakan penyusun utama zat hidup.

    3. Louis Pasteur
      Dengan menggunakan labu kaca berbentuk leher angsa, Louis Pasteur berhasil melahirkan teori biogenesis yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya. (omne vivum ex vivo)

    4. Lazzaro Spallanzani
      Sebelum Louis Pasteur, Spallanzani lebih dulu melakukan eksperimen dengan media air kaldu untuk menunjukan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga.

    5. Francesco Redi
      Sejalan dengan Pasteur dan Spallanzani, Francesco Redi berpendapat bahwa makhluk hidup berasal dari telur. Redi menolak teori abiogenesis dengan melakukan eksperimen bermedia daging segar.
    Jawaban : A
  1. Louis Pasteur menumbangkan teori generatio spontanea dengan memuaskan karena percobaannya yang menggunakan ....
    1. Potongan daging
    2. Kaldu ayam
    3. Tabung ditutup rapat
    4. Botol berbentuk leher angsa
    5. Tabung ditutup kain kasa

    Pembahasan :
    Berikut tabel percobaan yang dilakukan oleh beberapa tokoh dan medium yang digunakan :
    TokohBahan/Media
    Yohn NedanRebusan daging
    Stanley MillerMetana, Amonia, dan uap air. Bejanan tertutup
    Francesco RediDaging segar
    Lazaro SpallanzaniAir kaldu
    Louis PateurAir kaldu dan Botol berleher angsa

    Louis Pateur berhasil menumbangkan teori abiogenesis dengan percobaan botol berleher angsa. Bahan yang digunakan oleh Pasteur adalah air kaldu. Tabung berbentuk leher angsa untuk menyaring atau menghambat mikroorganisme yang terbawa bersama udara yang masuk ke dalam botol.
    Jawaban : D
  1. Teori-teori tentang biogenesis didukung oleh ...
    1. Francesco Redi
    2. Robert Hooke
    3. Lazzaro Spalanzani
    4. Aristoteles

    Pembahasan :
    Teori biogenesis merupakan teori tentang asal-usul makhluk hidup yang menyatakan bahwa makhluk hidup bersala dari makhluk hidup sebelumnya. Semboyan teori biogenesis yang terkenal adalah "Vivum ex Vivo" yang artinya hidup dari hidup.

    Teori biogenesis pertama kali dikemukakan oleh Francesco Redi dengan percobaan menggunakan media daging segar. Pernyataan Redi didukung oleh Lazzaro spalanzani yang melakukan eksperimen dengan media air kaldu. Eksperimen Spallanzani didukung dan disempurnakan oleh Louis Pasteur yang menggunakan botol berbentuk leher angsa.

    Aristoteles merupakan salah satu tokoh yang menganut teori klasik abiogenesis yang menyatakan makhluk hidup berasal dari benda tak hidup. Aristoteles mengemukakan teori generatio spontanea yang artinya makhluk hidup terbentuk secara spontan dari benda mati. Sedangkan Robert Hooke merupakan tokoh yang menemukan sel gabus.

    Dengan demikian, yang termasuk tokoh pendukung teoi biogenesis adalah (1) Francesco Redi, dan (3) Lazaro Spallanzani.
    Jawaban : B
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment