FUNGSI ORGAN DAN SISTEM ORGAN PADA HEWAN

Posted by on 11 October 2016 - 10:10 AM

Individu atau organisme tersusun atas kumpulan organ dan sistem organ. Organ adalah bagian tubuh yang tersusun dari beberapa jenis jaringan yang saling terkait dan teroganisir. Beberapa jenis jaringan tersebut saling terkait membentuk suatu organ dan bekerja sama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Kumpulan dari beberapa jenis organ yang terkait bekerja sama melakukan fungsi tertentu memebntuk suatu sistem yang disebut sistem organ. Sistem organ melibatkan beberapa organ tubuh yang fungsinya saling terkait. Pada kesempatan ini, Bahan belajar sekolah akan membahas beberapa sistem organ pada hewan, fungsinya, serta organ-organ yang terlibat dalam sistem organ tersebut.

#1 Sistem Rangka Pada Hewan

Sistem rangka adalah sistem organ yang tersusun dari beberapa organ rangka seperti tulang belakang, tengkorak, tulang rusuk, tulang dada, tulang anggota badan bagian atas, tulang anggota badan bagian bawah, dan sebagainya. Bersama dengan sistem otot, sistem rangka dikenal juga sebagai sistem gerak.

Sesuai denga namanya, sistem rangka berfungsi untuk memberi bentuk tubuh dan sebagai alat gerak pasif. Sistem inilah yang bertanggungjawab dalam pergerakan hewan. Selain itu, sistem rangka juga memiliki beberapa fungsi vital bagi tubuh yaitu :
1. Untuk melindungi bagian tubuh yang lunak
2. Sebagai tempat melekatnya otot, dan
3. Sebagai tempat penyimpanan mineral
4. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah
5. Untuk melindungi organ-organ vital

#2 Sistem Otot Pada Hewan

Sistem otot adalah sistem organ yang bertanggungjawab dalam penentuan postur tubuh dan sistem gerak pada hewan. Selain menentukan postur tubuh, sistem otot juga mempengaruhi beberapa sistem organ lainnya dan memiliki beberapa fungsi yang penting bagi tubuh, yaitu:
1. Sebagai alat gerak aktif
2. Menggerakkan tulang yang melekat padanya
3. Sebagai tempat penyimpanan glikogen
4. Memungkinkan gerakan zat dalam atau dari organ
5. Berperan dalam kontraksi atrium dan ventrikel jantung

Fungsi sistem organ pada hewan

Sistem otot disebut sebagai alat gerak aktif karena tulang yang ada pada tubuh hanya akan bergerak jika digerakkan oleh otot yang memiliki kemampuan untuk berkontraksi dan berelaksasi. Sistem otot disusun oleh otot lurik atau otot rangka, otot polos, dan otot jantung.

Baca juga : Kelainan atau Penyakit pada Sistem Saraf Koordinasi.

#3 Sitem Saraf Pada Hewan

Sistem saraf adalah sistem organ yang tersusun dari beberapa organ seperti otak, sumsum tulang belakang, serabut saraf, dan simpul-simpul saraf. Sistem saraf dibagi menjadi sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf merupakan sistem organ yang betanggungjawab dalam pengaturan atau korodinasi aktivitas tubuh.

Karena fungsinya sebagai pengatur, sistem saraf bersamaan dengan sistem endokrin membentuk sistem koordinasi atau sistem regulasi. Beberapa fungsi sistem saraf antaralain:
1. Untuk menerima dan merespon rangsangan
2. Untuk menghantarkan rangsangan ke semua bagian tubuh
3. Sebagai pusat refleks mata dan pendengaran
4. Sebagai pusat keseimbangan dan koordinasi otot
5. Sebagai pengatur gerak refleks

#4 Sistem Pencernaan Pada Hewan

Sistem pencernaan adalah sistem organ yang bertanggung jawab dalam proses pencernaan makanan. Sistem ini melibatkan beberapa organ pencernaan seperti mulut, esofagus, lambung, usus dua belas jari, usus halus, usus besar, hati, empedu, pankreas, rdan rektum.

Secara umum, fungsi utama sistem pencernaan adalah untuk mencerna makanan yang dikonsumsi oleh hewan agar dapat diserap dan digunakan oleh sel tubuh. Sistem pencernaan memegang peran penting dalam proses pengolahan makan mulai dari mulut, pencernaan makanan, hingga penyerapan sari-sari makanan yang berguna bagi tubuh.

#5 Sistem Pernapasan Pada Hewan

Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang tersusun dari beberapa organ respirasi seperti hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru. Sistem pernapasan dirancang untuk dapat memasukkan oksigen ke dalam tubuh secepat mungkin sehingga kebutuhan tubuh akan oksigen dapat terpenuhi.

Sebagai sistem yang bertanggung jawab dalam proses pernafasan, sistem respirasi memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:
1. Menyediakan oksigen bagi tubuh
2. Mengeluarkan karbondioksida dari dalam tubuh
3. Memecah zat-zat makanan untuk menghasilkan energi
4. Mencegah masuknya makanan ke dalam saluran udara
5. Menyediakan permukaan untuk pertukaran gas

#6 Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran atau sistem transportasi darah adalah sistem organ yang bertanggung jawab dalam proses peredaran darah di dalam tubuh. Sistem peredaran darah disusun oleh beberapa organ seperti jantung, arteri, kapiler, vena, kelenjar limfa, dan pembuluh limfa.

Beberapa fungsi sistem peredaran darah antaralain:
1. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh
2. Mengangkut sari-sari makanan ke seluruh tubuh
3. Mengangkut hormon dari kelenjar ke organ sasaran
4. Mengangkut zat sisa metabolisme yang tidak berguna
5. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Baca juga : Kelainan atau Penyakit pada Sistem Peredaran Darah.

#7 Sistem Ekskresi Pada Hewan

Sisitem ekskresi atau sistem pengeluaran adalah sistem organ yang bertanggung jawab dalam proses pengeluaran bahan sisa metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Sistem ekskresi melibatkan beberapa organ ekskresi seperti ginjal, hati, paru-paru, dan kulit.

Berikut beberapa fungsi sistem ekskresi berdasarkan organ-organ yang terlibat:
1. Menjaga keseimbangan antara cairan sel dan lingkungannya
2. Mengeluarkan karbondioksida dan uap air hasil metabolisme
3. Untuk mengeluarkan empedu yang digunakan mengemulsi lemak
4. Untuk mengeluarkan keringat melalui kelenjar keringat
5. Berperan dalam proses pembentukan urine

#8 Sistem Reproduksi Hewan

Sistem reproduksi adalah sistem organ yang bertanggungjawab dalam proses perkembangbiakan hewan. Sesuai dengan namanya, sistem reproduksi melibatkan beberapa organ reproduksi pria dan organ reproduksi wanita seperti test1s, ovarium, kelenjar kelamin, dan sebagainya.

Organ-organ reproduksi yang terlibat dalam sistem reproduksi berfungsi untuk menghasilkan sel-sel kelam1n yang akan digunakan dalam proses perkembangbiakan. Sistem reproduksi merupakan sistem organ yang sangat penting karena menyangkut kelangsungan generasi.

#9 Sistem Endokrin

Sistem endokrin merupakan bagian dari sistem regulasi, bekerja sama dengan sistem saraf. Sistem endokrin melibatkan beberapa kelenjar yang berfungsi menghasilkan hormon. Sebelum memasuki sel-sel yang berkaitan, hormon akan masuk ke dalam sistem peredaran darah sehingga resposn tubuh terhadap hormon akan lebih lambat dibanding respons tubuh terhadap impuls saraf.

Sistem endokrin disusun oleh kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid, paratiroid, kelenjar adrenal, pankreas, dan kelenjar kelam1n. Fungsi utama sistem endokrin adalah untuk menghasilkan hormon-hormon yang berperan dalam berbagai aktivitas tubuh.

Baca juga : Kumpulan Soal dan Pembahasan Jaringan Hewan.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.


Advertisements