MENGGAMBAR BUNGA ANGGREK MENGGUNAKAN COREL DRAW

Posted by on 28 October 2016 - 9:12 PM

Bunga anggrek termasuk salah satu bunga yang banyak disukai oleh orang. Beberapa orang bahkan sangat senang mengoleksi berbagai jenis bunga anggrek meskipun perawatannya terbilang cukup sulit. Kecintaan beberapa penggemar anggrek terhadap bunga ini memang wajar karena selain bentuknya yang unik, bunga anggrek terdiri dari banyak jenis dengan warna-warni yang bervariasi. Anggrek bahkan termasuk salah satu jenis tanaman bunga yang memiliki jenis paling banyak. Selain bentuk dan warna yang bervariasi, bunga anggrek juga tersedia dalam ukuran yang bervariasi, ada yang kecil dan ada pula yeng besar. Kerumitan dalam merawat bunga anggrek biasanya memberikan kepuasan tersendiri saat tanaman tersebut menghasilkan bunga. Beberapa bunga anggrek memiliki bentuk menyerupai serangga dengan warna yang cerah mencolok.

Pada kesempatan ini, Bahan belajar sekolah akan menjelaskan secara singkat cara menggambar bunga anggrek menggunakan corel draw. Masih sama seperti beberapa gambar vektor yang telah dibuat sebelumnya, kali ini kita masih akan memanfaatkan beberapa tool dasar dalam corel draw untuk menggambar bunga anggrek.

Kali ini kita masih akan memanfaatkan beberapa tool dalam toolbox dan property bar. Berikut beberapa tool yang paling sering digunakan untuk menggambar bunga anggrek ini:
1. Bezier tool : untuk membuat garis atau pola gambar
2. Shape tool : untuk mengubah garis menjadi kurva
3. Rectangle tool : untuk membuat persegi
4. Pallete color : untuk memberi warna pada objek
5. Ellips tool : untuk membuat gambar lingkaran atau ellips.

Untuk membuat bentuk awal atau outline gambar bunga anggrek dan bentuk lainnya kita gunakan bezier tool. Outline dari gambar bunga anggrek dapat dibuat menggunakan bezier tool dengan cara menghubungkan titik-titik sehingga membentuk pola menyerupai objek yang diinginkan.

Outline yang dihasilkan dengan bezier tool masih dalam bentuk garis-garis lurus sehingga harus diubah menjadi kurva dengan menggunakan shape tool. Kita menggunakan shape tool untuk mengubah garis menjadi kurva dan menghasilkan bentuk yang kita inginkan. Berikut gambar bunga anggrek yang akan kita gambar.

Gambar bunga anggrek dengan corel draw

Membuat Kotak Background 
Kali ini kita akan mulai dengan menggambar kotak background terlebih dahulu. Untuk membuat kotak persegi kita gunakan rectangle tool yang berada di sebelah kiri halaman kerja corel draw. Kemudian beri warna kotak dengan menggunakan pallete color atau menggunakan ikon fill pada toolbox.

menggambar bunga anggrek dengan corel draw

Setelah kotak utama selesai diwarnai seperti gambar di atas, selanjutnya buat pola seperti bentuk no 1 dan 2 menggunakan bezier tool. Kemudian dengan menggunakan shape tool, ubah setiap garis lurus pada pola 1 dan 2 menjadi kurva dan ubah bentuknya sehingga dihasilkan bentuk seperti bentuk no 3 dan 4 berikut.

Gambar bunga anggrek dengan corel draw

Setelah diperoleh bentuk yang diinginkan, selanjutnya beri warna untuk objek no 3 dan nomor 4 dengan warna yang lebih gelap dari warna dasarnya. Kurang lebih seperti gambar warna pada nomor 5 dan 6 di bawah ini.

Gambar bunga anggrek dengan corel draw

Selanjutnya, dengan cara yang sama yaitu menggunakan bezier tool, buatlah bentuk lain seperti yang terlihat pada gambar dengan nomor 7, 8, dan 9. Kemudian ubahlah menjadi kurva menggunakan shape tool hingga dihasilkan bentuk yang diinginkan.

Gambar bunga anggreak dengan corel draw

Setelah dihasilkan bentuk yang diinginkan, beri warna dengan warna yang lebih muda dari warna sebelumnya. Kemudian atur posisi objeknya agar objek 7 dan 9 berada di belakang objek 5 dan 6. Untuk memindahkan objek 7 ke belakang objek 5 klik kanan pada objek 7 pilih order to behind lalu klik objek 5.

Menggambar bunga anggrek dengan corel draw

Dengan cara yang sama, pindahkan objek 8 ke belakang objek 6 sehingga dihasilkan perpaduan seperti terlihat pada gambar di atas. Anda bisa menggunakan warna lain yang anda suka. Kalau dirasa terlalu ribet anda bisa menggunakan background polos saja dengan gradasi warna yang lebih mudah dibuat.

Baca juga : Menggambar Pemandangan Bunga dengan Corel Draw.

Membuat Bentuk Bunga Anggrek

Menggunakan bezier tool, buatlah bentuk objek sesuai dengan objek nomor 1, 2, 3, dan 4 ada gambar di bawah ini. Objek nomor 1 berada di posisi paling belakang. Objek nomor 3 dan 4 berada di bagian paling depan.

Gambar bunga anggrek dengan corel draw

Selanjuntya, menggunakan shape tool, ubah garis pada objek 1, 2, 3, dan 4 secara bergantian untu menghasilkan bentuk bunga anggrek. Bentuk objek nomor 3 dan 4 kurang lebih bentuknya sama seperti simetris. Kurang lebih bentuknya seperti gambar di bawah ini.

Gambar bunga anggrek menggunakan corel draw

Warnai objek 1, 2, 3, dan 4 menggunakan warna gradien ungu. Setelah diwarnai, buatlah garis tengah berwarna ungu gelap sebagai tulang bunga untuk objek nomor 3 dan 4. Selanjutnya buatlah beberapa garis halus menyirip pada seperti garis pada tulang daun.

Langkah selanjutnya, perbanyak bunga anggrek yang sudah dihasilkan dengan menggunakan copy paste. Buatlah kopian bunga anggrek sebanyak 5 buah sehingga dihasilkan 6 bunga kemudian ubah ukuran dan posisinya agar lebih bervariasi. Selanjutnya susun bunga seperti gambar di bawah ini.

Gambar bunga anggrek dengan corel draw

Langkah terakhir, lengkapi gambar bunga dengan batang dan beberapa kuntum bunga di bagian ujung. Gunakan bezier tool untuk membentuk outline batang dan gunakan shape tool untuk menghasilkan bentuk batang yang diinginkan. Dengan cara yang sama buat gambar kuntum bunga.

gambar bunga anggrek dengan corel draw

Demikianlah cara menggambar bunga anggrek menggunakan corel draw secara singkat. Untuk melihat fungsi dan cara menggunakan tool yang ada pada corel draw anda dapat membaca artikel melalui link di bawah ini.

Baca juga : Fungsi Ikon Toolbar dan Toolbox pada Corel Draw.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements