MEDIA SENI MUSIK, TUJUAN, FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN SENI MUSIK

Posted by on 07 June 2017 - 9:27 AM

Edutafsi.com - Penyajian seni musik sebagai hasil karya seni. Seni musik merupakan seni menata bunyi sehingga dihasilkan suatu harmoni yang indah dan enak untuk didengar. Seni musik termasuk salah satu cabang seni yang paling populer di kalangan masyarakat. Sejak kemunculannya dalam peradaban manusia, seni musik memang selalu menarik minat dan perhatian manusia. Di era digital seperti saat ini, popularitas seni musik bisa dikatakan semakin meningkat. Seolah selalu berevolusi mengikuti zaman, seni musik selalu diminati ketika beberapa cabang seni lainnya mulai meredup popularitasnya. Munculnya aliran-aliran musik yang baru dan segar serta penyajian musik yang semakin ekspresif menjadikan seni musik selalu menarik untuk dinikmati. Kejayaan musik dalam peradaban manusia didukung dengan berkembangnya industri musik di dunia. Pada kesempatan ini, Edutafsi akan membahas media seni musik, tujuan dan fungsi seni musik, serta bentuk-bentuk penyajian seni musik.

A. Media Seni Musik

Sama seperti seni lainnya, seni musik juga membutuhkan media tertentu agar terbentuk suatu karya musik. Untuk menghasilkan sebuah karya seni musik yang indah, dibutuhkan keahlian dalam memadukan fungsi dari masing-masing media yang digunakan.

Secara garis besar, sesuai dengan pengertiannya sebagai seni menata bunyi, maka media utama seni musik adalah media bunyi atau suara. Untuk lebih rincinya, media seni musik dapat dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu media dasar, instrumen, dan suara manusia.

#1 Media Dasar
Media dasar merupakan media utama sekaligus unsur yang harus ada dalam suatu karya seni musik. Beberapa media dasar seni musik antaralain warna bunyi yang dihasilkan instrumen (timbre), komposisi durasi (ritme), dan tinggi rendahnya bunyi (nada).

#2 Instrumen atau Alat
Media berikutnya adalah alat atau instrumen musik. Keberagaman alat musik yang dapat digunakan untuk menghasilkan suatu karya musik menjadikan seni musik semakin kaya. Alat musik dapat dibedakan berdasarkan fungsi, cara memainkan, dan sumber bunyinya.

#3 Suara atau Vocal
Jika suatu karya musik menggunakan lirik atau syair, maka suara manusia atau vocal merupakan media yang diperlukan. Berdasarkan warna bunyi dan area nadanya, suara manusia dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis menurut jenis kel4m1n.

Pembagian suara wanita :
a). Sopran : suara tinggi dengan wilayah nada c1 hingga a2
b). Mezo sopran : suara sedang, wilayah nada a hingga f2
c). Alto : suara rendah dengan wilayah nada f hingga d2.

Pembagian suara pria :
a). Bas : suara rendah dengan wilayah nada F hingga d1
b). Bariton : suara sedang, wilayah nada dari A hingga f1
c). Tenor : suara tinggi dengan wilayah nada c hingga a1.

Baca juga : Jenis-jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya.

B. Tujuan Penyajian Musik

Sama seperti seni lainnya, seni musik juga diciptakan dengan tujuan tertentu. Setiap penyajian seni musik pasti memiliki tujuannya tersendiri dan tujuan tersebut bergantung pada bagaimana cara dan bentuk penyajiannya. Berikut beberapa tujuan penyajian musik:
1). Tujuan magis : untuk menimbulkan suasana magis pada kegiatan tertentu
2). Tujuan religius : untuk memuja sang Pencipta atau ritual keagamaan
3). Tujuan simbolis : membangkitkan kebanggaan tertentu
4). Tujuan kreatif : untuk menampilkan kreativitas seniman semata
5). Tujuan rekreatif : untuk menghadirkan suatu hiburan
6). Tujuan komersil : untuk memperoleh keuntungan finansial
7). Tujuan edukasi : menyampaikan pesan moril tertentu.

C. Fungsi Seni Musik

Berdasarkan tujuan penyajiannya, maka seni musik memiliki beberapa fungsi. Fungsi tersebut terbentuk dari cara penyajian dan tergantung pada tujuan penyajiannya. Berikut beberapa fungsi umum dari suatu karya seni musik:
1). Sebagai sarana kreasi dan ekspresi
2). Untuk mengiringi upacara adat atau ritual keagamaan
3). Sebagai media hiburan bagi masyarakat
4). Sebagai bahan komersil untuk memperoleh keuntungan
5). Sebagai sarana edukasi bagi masyarakat
6). Untuk menyampaikan pesan moril tertentu
7). Sebagai sarana pemersatu dan selebrasi.

Baca juga : Perbedaan Musik Tradisional dan Musik Modern.

D. Bentuk Penyajian Seni Musik

Seni musik dan hasil karya musik dapat disajikan dengan memainkan alat-alat musik atau dengan lantunan vocal. Musik dapat dimainkan dengan peralatan musik saja disebut penyajian instrumental, dengan vocal saja, atau dengan memadukan instrumen dan vocal dalam bentuk lagu.

#1 Ensambel Musik
Ensambel musik adalah memainkan beberapa alat musik sejenis. Ensambel dapat disajikan dengan cara memainkan beberapa alat yang termasuk alat musik ritmis, alat musik melodis, atau alat musik harmonis saja.

#2 Pertunjukan Band
Band adalah penyajian beberapa alat musik yang dipadukan. Biasanya band disajikan dengan permainan alat musik petik berupa gitar dipadukan dengan seperangkat alat musik ritmis seperti drum, bas drum, dan cymbal.

#3 Orkes Fantare
Orkes fantare adalah penyajian seni musik yang dilakukan oleh sekelompok orkes tiup yang menggunakan beberapa alat musik seperti terompet, saxofon, trombon, klarinet, horn, hobo, flute, dan sebagainya yang kemudia dipadukan dengan beberapa alat perkusi.

#4 Orkes Simfoni
Orkes simfoni adalah penyajian seni musik yang dilakukan oleh sekelompok orkes yang memainkan seluruh alat musik yang ada. Dalam orkes simfoni terdapat pembagian dalam permainan alat musik yang dikelompokkan berdasarkan cara memainkan atau berdasar sumber bunyi.

#5 Orkes Harmoni
Penyajian seni musik dengan cara memainkan alat-alat musik gesek ditambah dengan alat musik tiup, dan alat musik ritmis atau perkusi disebut penyajian orkes harmoni. Penyajian ini melibatkan berbagai alat musik tiup, alat musik gesek, dan alat musik ritmis.

Baca juga : Contoh Musik Modern Nusantara dan Mancanegara.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements