PENGERTIAN SENI MUSIK, ISTILAH DAN UNSUR-UNSUR DALAM MUSIK

Posted by on 08 June 2017 - 6:27 PM

Edutafsi.com - Unsur-unsur Musik. Sebuah karya seni musik dapat dihasilkan melalui perpaduan antara berbagai unsur musik yang dikemas secara apik sehingga menghasilkan karya yang indah dan dapat dinikmati. Standar musik indah tentu saja sangat bergantung pada beberapa hal termasuk selera musik tiap individu yang berbeda serta pengalaman atau pengetahuan seni musik itu sendiri. Sama seperti cabang seni lainnya, seni musik tidak muncul begitu saja melainkan melewati beberapa tahapan perkembangan yang seiring dengan zaman. Sebelum era modern, perkembangan musik beriringan dengan perkembangan seni rupa sehingga keduanya pada beberapa zaman menempati tahap perkembangan yang sama. Lalu apa saja sebenarnya unsur yang membentuk suatu karya seni musik? Pada kesempatan ini, Edutafsi akan membahas pengertian seni musik dan memaparkan beberapa istilah yang merupakan unsur-unsur musik.

A. Pengertian Seni Musik

Istilah musik berasal dari kata music dalam Bahasa Inggris atau muziek dalam bahasa Belanda. Istilah ini umumnya digunakan untuk menyebut segala jenis suara atau kumpulan nada yang memiliki irama tertentu atau sebuah lagu yang melibatkan alat musik dan vocal.

Seni musik adalah seni menata bunyi mejadi suatu harmoni yang indah didengar. Seni musik merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan bunyi atau nada sebagai media pengungkapan ekspresi senimannya.

Seni musik dihasilkan dengan berbagai tujuan dan tujuan tersebut berkembang sesuai dengan perkembangan musik itu sendiri. Pada awalnya, seni musik kebanyakan digunakan untuk mengiringi ritual tertentu lalu kemudian digunakan dalam berbagai bidang yang lebih luas.

Musik dihasilkan melalui sebuah unsur dasar yang disebut nada. Secara umum, struktur bentuk musik dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu nada, motif, frase, kalimat musik, tema, dan ciptaan. Seluruh bagian tersebut hanya akan terbentuk melalui perpaduan unsur yang seimbang.

Sebuah karya seni musik disajikan dengan berbagai tujuan. Berikut beberapa tujuan penyajian musik :
1). Tujuan magis dan religius : mengiringi ritual atau pemujaan
2). Tujuan simbolis : memberikan kebanggaan tertentu
3). Tujuan kreatif : sebagai media kreativitas seniman
4). Tujuan rekreatif : untuk memberikan hiburan kepada pendengar
5). Tujuan komersil : untuk memperoleh keuntungan finansial.

Baca juga : Media dan Bentuk Penyajian Seni Musik.

B. Unsur-unsur Musik

Unsur dasar dari musik adalah nada. Nada adalah bunyi yang memiliki frekuensi tertent secara bersusun. Musik juga terdiri dari beberapa unsur lain. Berikut beberapa istilah yang umum dalam musik dan merupakan unsur musik.

#1 Bunyi
Bunyi merupakan bentuk dasar dari sebuah nada. Bunyi dihasilkan oleh getaran atau benda yang bergetar. Dalam seni musik, bunyi dihasilkan dari alat atau instrumen musik atau maupun getaran pada penghasil suara manusia.

Bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar memiliki tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Hal itu bergantung pada frekuensi getaran. Nada-nada musikal dihasilkan dari getaran yang teratur pada jumlah tertentu setiap detiknya.

#2 Ritme dan Pola Ritme
Ritme adalah panjang pendeknya bunyi atau diam dari serangkaian not. Dengan kata lain, ritme dapat pula diartikan sebagai tanda diam yang dihitung dengan ketukan atau pulsa. Pulsa merupakan ketukan yang teratur dan berulang-ulang.

Tanda ritme terdapat dalam garis paranada pada permulaan lagu tepat setelah kunci dan tanda kunci. Tanda ritme tersusun dari dua pemagian angka yang menunjukkan pola tekanan dan jenis nada yang dijadikan satuan. Ritme yang telah dinotasikan secara utuh disebut pola ritme.

#3 Skala Nada
Skala nada sebuah skala yang menunjukkan urutan atau susunan nada. Istilah skala nada lebih dikenal dengan sebutan tangga nada. Tangga nada menunjukkan kedudukan suatu nada. Nada pertama pada sebuah skala nada memiliki kedudukan sebagai tonika sekaligus nama dari tangga nada tersebut.

#4 Irama
Dalam musik, irama dipertegas dengan instrumen musik perkusi. Instrumen perkusi umumnya tidak bernada dan dimainkan dengan cara dipukul. Irama dapat diperkenalkan dengan cara menirukan bunyi dan ketukan dari suatu musik.

#5 Garis Paranada
Paranada disebut juga sangkar nada. Garis paranada adalah garis yang digunakan sebagai tempat untuk meletakkan notasi balok. Paranada menunjukkan tingkat ketinggian nada sesuai dengan posisi nada pada paranada tersebut. Penulisan butir-butir nada pada paranda disebut not balok.

#6 Kunci
Dalam musik, istilah kunci digunakan untuk menyatakan skala nada yang berbeda-beda. Tanda kunci dari suatu karya musik umumya diletakkan di setiap awal garis paranada dalam bentuk susunan aksidental kres dan mol. Tanda kunci ini menjadi patokan dalam memainkan musik tersebut.

#7 Birama
Birama adalah ayunan teratur dari kelompok-kelompok ketukan dalam suatu lagu. Yang menjadi ketukan pertama adalah ketukan yang paling kuat dari setiap kelompok. Berdasarkan ketukan tersebut, birama dibedakan menjadi birama dua, tiga, empat, dan enam.

#8 Dinamika
Dinamika adalah istilah yang digunakan merujuk pada tingkat kekuatan atau kelemahan bunyi atau nada saat musik dimainkan. Dengan kata lain, dinamika menunjukkan variasi kekuatan dan kelemahan bunyi dalam menghasilkan musik.

#9 Timbre
Timbre atau warna suara adalah ciri khas dari suatu bunyi atau nada yang dihasilkan. Setiap instrumen musik memiliki timbre atau warna suara yang berbeda-beda. Nada sama yang dihasilkan oleh dua alat yang berbeda akan memiliki warna yang berbeda pula. Perbedaan-perbedaan warna suara menunjukkan karakteristik warna atau timbre pada setiap instrumen.

#10 Harmoni
Harmoni adalah ilmu mengkombinasikan nada-nada ke dalam akor-akor. Harmoni belandaskan pada susuan vertikal yang umumnya terdiri dari tiga atau empat nada. Akor yang terdiri dari tiga nada dimana setiap nada terpisah satu sama lain oleh interval tiga disebut trinada.

#11 Kontrapung
Kontrapung merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyatakan seni mengkombinasi melodi. Kontrapung dihasilkan dengan cara memainkan beberapa melodi secara bersamaan dengan efek-efek harmonis tertentu.

Baca juga : Contoh Musik Modern Nusantara dan Mancanegara.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements