PERCOBAAN PENGUJIAN DAYA HANTAR LISTRIK PADA LARUTAN

Posted by on 20 July 2017 - 6:43 AM

Edutafsi.com - Uji Daya Hantar Listrik Larutan. Pengujian daya hantar listrik bertujuan untuk memeriksa daya hantar dari beberapa larutan yang akan diuji. Percobaan tersebut berguna untuk mengetahui larutan mana saja yang dapat menghantarkan listrik dan larutan mana saja yang tidak dapat menghantarkan listrik. Dengan kata lain, melalui percobaan uji daya hantar listrik, murid dapat mengetahui larutan apa saja yang tergolong elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan nonelektrolit. Selain itu, murid juga sekaligus dapat mengamati perbedaan antara larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit pada hasil pengujian.

Pengujian daya hantar listrik pada larutan dilakukan dengan menggunakan seperangkat alat uji elektrolit. Alat dan bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, yaitu tabung wadah larutan, baterai, kabel, bohlam kecil, dan beberapa larutan yang akan diuji.

Tabung digunakan untuk meletakkan larutan, kabel disusun sedemikian rupa untuk menghubungkan larutan ke baterai dan lampu. Murid dapat menggunakan penjepit untuk menghubungkan kabel dengan larutan atau menggunakan beberapa alat bantu lainnya untuk menyusun peralatan sedemikian rupa.

Untuk membandingkan gejala hantaran yang terjadi pada beberapa larutan, sebaiknya percobaan dilakukan sekaligus untuk beberapa larutan. Dengan demikian kita dapat mengamati secara langsung perbedaan gejala yang ditimbulkan oleh masing-masing larutan.

Pengujian daya hantar listrik larutan

Gejala Hantaran Arus Listrik Pada Larutan

Arus listrik timbul karena adanya aliran elektron, yaitu partikel yang bermuatan negatif. Arus mengalir dengan arah berlawanan dengan arah aliran elektron. Elektron mengalir melalui bahan tertentu yang dapat menghantarkan listrik yang disebut konduktor.

Tidak hanya konduktor berupa bahan logam, larutan juga memiliki daya hantar listrik. Adanya daya hantar listrik tersebut dapat diamati melalui percobaan uji daya hantar listrik atau uji elektrolit. Pada percobaan akan terlihat gejala hantaran listrik pada beberapa larutan.

Gejala hantaran arus listrik pada larutan yang timbul dalam percobaan yaitu:
1). Munculnya gelembung gas dalam larutan
2). Menyalanya lampu indikator.

Larutan yang dapat menghantarkan listrik akan menunjukkan gejala hantaran listrik berupa munculnya gelembung gas di dalam larutan dan menyalanya lampu indikator. Menyalanya lampu indikator menunjukkan bahwa ada arus yang mengalir melalui larutan tersebut.

Setiap larutan menunjukkan gejala yang berbeda-beda baik dalam hal jumlah gelembung gas yang muncul atau dalam hal nyala lampunya. Ada yang menghasilkan banyak gelembung gas dengan nyala lampu terang dan adapula yang menghasilkan sedikit gelembung gas dengan lampu redup.

Larutan yang tidak menimbulkan gelmbung gas atau nyala lampu berarti tidak dapat menghantarkan listrik. Larutan yang menunjukkan gejala hantaran listrik digolongkan sebagai larutan elektrolit sedangkan larutan yang tidak menunjukkan gejala hantaran listrik digolongkan larutan nonelektrolit.

Menyimpulkan Hasil Uji Beberapa Larutan

Berikut ini merupakan hasil pengujian daya hantar listrik dari beberapa larutan. Dari data tersebut kita akan membandingkan gejala hantarannya dan mengelompokkan larutan berdasarkan daya hantarnya.
LarutanGelembung gasNayal lampu
Larutan HClBanyakMenyala terang
Larutan CH3COOHSedikitMenyala redup
Larutan NaOHBanyakMenyala terang
Larutan glukosaTidak adaTidak menyala
Larutan ureaTidak adaTidak menyala

Larutan yang menunjukkan gejala berupa munculnya gelembung gas dan menyalanya lampu indikator digolongkan sebagai larutan elektrolit, sedangkan yang tidak menunjukkan gejala tersebut digolongkan larutan nonelektrolit.

Berdasarkan data pengujian di atas, maka dapat kita simpulkan:
1). Elektrolit kuat : larutan HCl dan larutan NaOH
2). Elektrolit lemah : larutan CH3COOH
3). Nonelektrolit : larutan glukosa dan larutan urea.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengujian daya hantar listrik pada larutan. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombo share yang tersedia.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements