CARA MENGGAMBAR BUNGA MELATI MENGGUNAKAN PEN TOOL PHOTOSHOP

Posted by on 13 October 2017 - 11:08 AM

Edutafsi.com - Membuat Gambar Bunga Melati dengan Photoshop. Pen tool merupakan sebuah tool atau alat yang umumnya ada pada aplikasi desain baik aplikasi berbasis vektor seperti corel draw dan adobe photoshop, atau aplikasi berbasis pixel seperti Photoshop. Pen tool biasanya digunakan untuk membuat bentuk atau kurva bebas berdasarkan pola tertentu. Pada photoshop, pen tool dapat digunakan untuk membuat path atau pola dan dari pola tersebut kita dapat membuat garis, seleksi, dan sebagainya. Sebelumnya, edutafsi telah membahas cara menggambar bunga mawar, kembang sepatu, dan pukul sembilan menggunakan pen tool. Kali ini, masih menggunakan pen tool photoshop, edutafsi akan membagi cara menggambar bunga melati.

Sama seperti tutorial sebelumnya, pada pembuatan gambar bunga melati ini, edutafsi hanya menggunakan tiga tool dasar yang ada pada photoshop, yaitu pen tool, paint bucket tool, dan brush tool. Tidak ada efek tertentu yang digunakan layaknya manipulasi foto, jadi proses menggambar dilakukan sama persis seperti halnya menggambar di kertas.

Secara garis besar proses pembuatan gambar bunga melati ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu membuat kerangkan atau outline bunga melati, mewarnai outline yang sudah jadi dengan warna dasar putih, kemudian memberikan gradasi warna. Dalam hal gradasi, tergantung kreativitas dan imajinasi masing-masing.

Semua proses tersebut dilakukan secara manual layaknya menggambar di kertas. Untuk membuat kerangkan bunga digunakan pen tool, untuk memberi warna dasar pada kerangka bunga digunakan paint bucket tool, dan untuk membuat gradasi warna digunakan brush tool.

Menggambar bunga melati dengan photoshop

#1 Pembuatan Outline Bunga Melati
Sebelum membuat kerangka atau outline bunga, terlebih dahulu kita buat layer background yang bertindak sebagai kertas jika kita menggambar di kertas. Caranya, buka photoshop kemudian buka lembar kerja baru dan kemudian buat layer baru, beri nama "Background" dan warnai menggunakan paint bucket tool sesuai keinginan anda.

Menggambar bunga melati dengan photoshop

Setelah selesai, maka kita sudah dapat memulai pembuatan outline bunga melati. Kerangka dibuat menggunakan pen tool. Prinsip kerjanya adalah membuat path atao pola dengan pen tool sehingga dihasilkan pola bunga melati kemudian pola tersebut akan diubah menjadi garis kerangka bunga.

Adapun langkah pembuatan outline adalah sebagai berikut :
1). Buat layer baru, beri nama "Outline"
2). Letakkan outline tepat di atas layer background
3). Pada tool bar, aktifkan brush tool dan atur ukuran brush menjadi 2 px
4). Kemudian aktifkan pen tool seperti terlihat pada gambar di atas
5). Pada bagian foreground color, pastikan warnanya hitam
6). Pada layer outline, buatlah path menggunakan pen tool

Pola dibuat dengan cara mengklik pada area tertentu sebagai titik awal, kemudian klik kembali pada bagian lainnya sesuai pola agar dihasilkan path (tampak seperti titik-titik yang dihubungkan oleh garis). Pada contoh, pembuatan path dimulai dari titik di nomor 1 hingga ke titik di nomor 8.

Selanjutnya, klik kembali ke titik di nomor 1 untuk menghubungkan seluruh titik-titik tersebut sehingga dihasilkan pola utuh bunga melati. Jika titik-titik sudah terhubung seluruhnya (titik nomor 8 dan titik nomor 1 sudah ditutup), maka dihasilkan pola berupa garis halus.

Selanjutnya, pola berupa garis halus tersebut akan diubah menjadi kerangkan berupa garis hitam yang lebih terang. Dalam hal ini, path yang dihasilkan menggunakan pen tool tadi akan diubah menjadi stroke path berupa garis kasar.

Cara mengubah path menjadi stroke path adalah sebagai berikut :
1). Pastikan layer outline aktif
2). Pastikan pen tool juga masih aktif
3). Klik kanan pada sebarang area dalam garis halus
4). Pada jendela yang muncul pilih stroke path
5). Akan muncul opsi stroke path, pilih brush dan klik ok
6). Klik kanan lagi outline kemudian pilih delet path.

Pada tahap ini, setelah path (pola berupa garis halus putus) sudah dihapus melalui perintah "delete path", maka aka dihasilkan sebuah kerangka bunga melati berupa garis yang lebih kasar berwarna hitam. Ukuran garis yang dihasilkan sesuai dengan ukuran brush yang sudah kita atur sebelumnya, yaitu 2px.

Ukuran brush ini sebenarnya sangat tergantung pada ukuran lembar kerja yang anda gunakan. Jadi, ada baiknya dilakukan percobaan terlebih dahulu untuk melihat ukuran brush yang paling sesuai dengan ukuran lembar kerja anda.

Menggambar bunga melati menggunakan photoshop

Dengan cara yang sama (menggunakan pen tool), selanjutnya dibuat kerangka tambahan untuk melengkapi bagian bunganya. Pada contoh di bawah ini, ada 8 garis tambahan untuk melengkapi kerangka sebelumnya. Lebih kurang seperti gambar di bawah ini.

Menggambar bunga melati menggunakan photoshop

#2 Memberi Warna Dasar
Untuk memberi warna dasar, digunakan paint bucket tool. Pada contoh ini, kami menggunakan warna dasar abu-abu muda. Sedangkan untuk gradasi warnanya nanti digunakan warna abu-abu yang lebih gelap dan warna putih untuk bagia yang lebih terang.

Cara memberi warna dasar bunga :
1). Aktifkan paint bucket tool seperti gambar di bawah
2). Kemudian pilih warna dasar pada bagian foreground color
3). Dalam posisi layer otuline aktif, klik bagian dalam outline.

Menggambar bunga melati menggunakan photoshop

#3 Membuat Gradasi Warna
Pembuatan gradasi warna bertujuan untuk menunjukkan efek terang gelap pada mahkota bunga sehingga dihasilkan gambar yang lebih hidup. Untuk gradasi, edutafsi mulai dengan warna abu yang lebih gelap, kemudian dengan warna putih untuk bagian yang terang.

Menggambar bunga melati dengan photoshop

Pewarnaan pada tahap ini menggunakan brush tool dan prinsip kerjanya sama dengan pewarnaan saat menggambar di kertas. Berikut langkahnya :
1). Aktifkan brush tool kemudian pilih jenis brush "spatter 14 pixels"
2). Pilih warna yang lebih gelap dari warna dasar
3). Sapukan brush pada bagian bunga yang berwarna lebih gelap
4). Pilih warna yang lebih terang dari warna dasar
5). Sapukan brush pada bagian yang berwarna lebih cerah.

Menggambar bunga melati dengan photoshop

#4 Melengkapi Batang dan Daun
Jika pewarnaan bunga dirasa sudah cukup, selanjutnya lengkapi gambar tersebut dengan batang dan daun. Untuk membuat batang dan daun, buka layer baru untuk masing-masing, kemudian gunakan pen tool, paint bucket tool, dan brush tool seperti membuat bunga.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara membuat gambar bunga melati menggunakan photoshop. Jika pembahasan ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.



Advertisements