CARA MENGGAMBAR BUNGA PUKUL SEMBILAN MENGGUNAKAN PHOTOSHOP

Posted by on 12 October 2017 - 8:18 PM

Edutafsi.com - Membuat gambar bunga pukul sembilan menggunakan photoshop. Sesuai dengan namanya, photoshop umumnya digunakan untuk keperluan edit atau manipulasi foto. Biasanya orang menggunakan photoshop untuk mengedit bagian foto yang diperlukan, memanipulasi bagian foto tertentu, memberi efek tertentu pada foto, merngubah ukuran foto, merubah warna, dan sebagainya. Photoshop terbilang sangat lengkap dan memiliki banyak fitur serta efek yang keren untuk menghasilkan foto sesuai keinginan. Dalam kegiatan edit foto, kadangkala pengguna juga harus membuat bentuk-bentuk tertentu guna melengkapi kebutuhannya. Dalam hal ini, kita dapat juga membuat bentuk atau gambar sesuai keinginan kita.

Pada artikel sebelumnya, edutafsi telah memaparkan cara menggambar bunga mawar dan bunga kembang sepatu menggunakan photoshop. Meskipun photoshop tidak dikhususkan untuk keperluan menggambar (biasanya digunakan adobe ilustrator atau corel draw), namun tidak ada salahnya mencoba berkreativitas dengan fitur yang ada dalam photoshop.

Kali ini, edutafsi masih akan membahas cara menggambar bunga menggunakan photoshop. Bunga yang akan digambar pada kesempatan ini adalah bunga pukul sembilan. Sesuai dengan namanya, bunga ini hanya mekar sekitar jam sembilan pagi dan biasanya menjelang siang sudah layu kembali.

Pukul sembilan merupakan sebuah nama atau julukan yang diberikan kepada jenis bunga yang mekar pada waktu tersebut. Ada banyak bunga yang termasuk bunga pukul sembilan, salah satunya adalah bunga yang akan digambar di bawah ini, degan warna kekuningan di bagian tengahnya.

Membuat gambar bunga pukul sembilan di photoshop

#1 Pembuatan Kerangka Bunga
Untuk memulai, bukalah program atau palikasi photoshop kemudian buka lembar kerja baru dengan ukuran sesuai keinginan. Selanjutnya buat layer baru untuk membuat latar belakang (background) gambar. Beri warna background sesuai keinginan anda, dalam contoh ini edutafsi menggunakan warna biru seperti terlihat pada gambar.

Menggambar bunga pukul sembilan di photoshop

Sama seperti menggambar menggunakan kertas pada umumnya, langkah awal yang dapat kita lakukan adalah membuat outline atau kerangkan bunga. Pada tahap ini, kita akan menggunakan pen tool untuk membuat pola bunga pukul sembilan lebih kurang seperti gambar di atas.

Untuk membuat kerangka (outline), caranya adalah sebagai berikut :
1). Buat sebuah layer baru dan letakkan tepat di atas layer background
2). Beri nama layer baru tersebut dengan nama "Outline"
3). Kemudian aktifkan pen tool pada tool bar
4). Pastikan warna foreground hitam (ketik tombol d pada keyboard)
5). Setelah pen aktif, buatlah pola bunga seperti gambar di atas.

Prinsip pembuatan pola menggunakan pen tool adalah dengan mengklik area kerja dan akan dihasilkan titik, kemudian klik di area lain sesuai pola agar dihasilkan titik-titik yang saling berhubungan.

Pada contoh di atas, pembuatan pola dimulai dari titik nomor 1, ke nomor 2, ke nomor 3, dan seterusnya sampai ke titik di nomor 6. Pola tersebut harus ditutup dengan cara membuat titik terakhir yang kembali ke titik semula (dari titik di nomor 6 kembali ke titik di nomor 1).

Menggambar bunga pukul sembilan di photoshop

Jika titik-titik itu sudah terhubung dan ditutup, akan dihasilkan sebuah pola (sesuai pola yang kita bentuk) berupa garis halus. Untuk membuat outline dari pola tersebut, maka pola itu harus diubah menjadi "stroke path".

Caranya adalah sebagai berikut :
1). Pastikan pen tool masih aktif dan layer outline juga aktif
2). Kemudian klik kanan pada sebarang area pola
3). Pada jendela yang muncul pilih "Stroke Path"
4). Selanjutnya, klik kanan kembali dan pilih "Delete Path"

Delete Path bertujuan untuk menghapus pola bunga pukul delapan yang pertama kali kita buat menggunakan pen tool (yang berupa garis halus). Sampai tahap ini, kita akan menghasilkan sebuah kerangka bunga pukul sembilan berupa garis hitam.

Perlu diperhatikan bahwa sebelum membuat stroke path, pastikan untuk mengatur ukuran brush pada brush opsi. Caranya, aktifkan brsuh tool kemudian pilih ukuran brush yang sesuai untuk membuat garis. Pada contoh ini, edutafsi menggunakan ukuran 2 px.

Langkah selanjutnya adalah melengkapi kerangkan bunga untuk membuat bagian-bagian bunga lainnya. Caranya masih sama, yaitu menggunakan pen tool. Garis tambahan yang diperlukan adalah garis dengan nomor 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 seperti pada gambar di bawah ini.

Menggambar bunga pukul sembilan di photoshop

#2 Memberi Warna Dasar
Setelah kerangkan bunga jadi, tahap selanjutnya adalah mewarnai bunga. Pada tahap ini kita menggunakan Paint bucket tool untuk memberi warna dasar pada bunga. Caranya adalah sebagai berikut :
1). Pada tool bar, aktifkan Paint bucket tool seperti gambar di bawah.
2). Kemudian pilih warna foreground yang sesuai untuk warna dasar
3). Klik pada bagian kerangka (pastikan layer outline sedang aktif).

Menggambar bunga pukul sembilan di photoshop

#3 Membuat Gradasi Warna
Setelah kerangka bunga diberi warna dasar sesuai dengan pilihan, selanjutnya adalah memberi warna lain untuk menimbulkan efek gradasi warna pada bunga pukul sembilan. Untuk membuat gradasi warna, kita dapat menggunakan brush tool dan mewarnai bagian yang perlu layaknya mewarnai saat menggambar di kertas.

Adapun cara mewarnai detail bunga adalah sebagai berikut :
1). Buat layer baru dan beri nama Gradasi
2). Pada tool bar, aktifkan brush tool seperti terlihat pada gambar
3). Pada opsi brush, pilih jenis brush "sputter 14 pixels"
4). Kemudian pilih warna foreground dengan warna kekuningan
5). Sapukan brush tersebut ke bagian yang diperlukan
6). Lakukan hal serupa untuk warna-warna lainnya.

Sapukan warna pada setiap bagian bunga sesuai dengan pola warna pada bunga pukul sembilan. Untuk tahap awal lebih kurang hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Menggambar bunga pukul sembilan di photoshop

Selanjutnya, masih menggunakan brush tool, kembali pilih warna selanjutnya (kuning terang) untuk mewarnai bagian tengah yang berwarna kekungingan. Sapukan brush dari bagian tengah ke luar secara lurus. Bila perlu, ubah ukuran brush menjadi 1 atau 3 pixels pada bagian-bagian yang bergaris-garis.

Menggambar bunga pukul sembilan di photoshop

Selanjutnya, pilih warna kuning yang lebih terang untuk menimbulkan kesan dalam pada bagian tengah bunga. Kemudian warnai bagian paling tengah bunga dengan warna ungu gelap atau kehitaman. Lebih kurang hasilnya seperti gambar di atas.

Selanjutnya, kita dapat memperbanyak jumlah bunga yang sudah jadi dengan cara menduplikatnya. Setelah itu, atur ukurannya agar lebih kecil dari gambar semula dan kemudian susun posisi bunga sesuai keinginan (lihat gambar pertama).

#4 Melengkapi Batang dan Daun
Jika pewarnaan bunga dirasa sudah cukup, langkah selanjutnya adalah melengkapi batang dan daun bunga. Cara membuat batang dan daun sama prinsipnya dengan membuat bunga. Kita menggunakan pen tool untuk membuat kerangkan batang dan daun, mewarnai dengan paint bucket tool, dan membuat gradasi atau detail daun dengan brush tool.

Demikianlah tutorial singkat cara membuat gambar bunga pukul sembilan menggunakan photoshop. Jika artikel ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements