PERBEDAAN TEORI EVOLUSI LAMARCK DAN DARWIN TERKAIT LEHER JERAPAH

Posted by on 04 October 2017 - 11:52 AM

Edutafsi.com - Teori Evolusi Menurut Lamarck dan Darwin. Jean B Lamarck dan Charles Robert Darwin merupakan dua ilmuwan yang mengutarakan gagasan mereka tentang evolusi dan mencoba menyusun suatu teori yang berhubungan dengan evolusi. Sebagian besar ilmuwan setuju bahwa makhluk hidup mengalami perubahan dari waktu ke waktu namun tidak semua sependapat mengenai bagaimana perubahan tersebut terjadi. Berbagai teori pun diutarakan, namun teori yang diajukan oleh Darwin dan Lamarck cukup sering diperbandingkan karena keduanya memiliki pemikiran yang hampir sama tentang perubahan alam namun memiliki pandangan yang jauh berbeda mengenai dampaknya terhadap makhluk hidup.

A. Gagasan & Syarat Evolusi

Evolusi adalah suatu proses perubahan makhluk hidup yang terjadi secara bertahap dan berlangsung dalam kurun waktu yang lama (bahkan beribu-ribu tahun). Mengenai penyebab evolusi masih banyak pendapat yang diperdebatkan. Bahkan teori Darwin pun masih menjadi pro kontra hingga saat ini.

Sebelum para ilmuwan dipusingkan dengan persoalan mengenai evolusi atau perubahan yang terjadi pada makhluk hidup, tentu ada sebuah pokok fikiran atau gagasan yang melandasi pemikiran tersebut. Pokok fikiran yang menjadi dasar teori evolusi antara lain :
1). Tidak ada dua individu yang persis identik
2). Populasi cenderung bertambah banyak dan berkembangbiak
3). Diperlukan makan dan ruang untuk berkembang biak
4). Pertambahn populasi tidak terus-menerus karena ada faktor pembatas.

Suatu perubahan dapat disebut evolusi, jika memenuhi syarat berikut :
1). Terjadi pada populasi dan bersifat selektif
2). Terjadi perubahan frekuensi gen pada populasi bahan evolusi
3). Frekuensi gen yang tetap pada populasi hasil evolusi
4). Berlangsung dalam waktu yang mutla lama.

Karena evolusi berlangsung dalam kurun waktu yang sangat lama, maka akan mustahil bagi manusia untuk mengamati secara langsung proses evolusi tersebut. Manusia hanya dapat melakukan pengamatan berdasarkan bukti-bukti yang ditinggalkan dari masa ke masa dan menarik suatu kesimpulan yang mungkin saja keliru.

B. Teori Evolusi Menurut Lamarck

Dalam bukunya yang berjudul "Philosohie Zoologique", Lamarck menyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada hewan merupakan hasil adaptasi terhadap perubahan alam. Perubahan tersebut selanjutnya akan diwariskan kepada keturunannya.

Dengan kata lain, Lamarck berpendapat bahwa evolusi terjadi karena adanya adaptasi makhluk hidup terhadap perubahan alam. Makhluk hidup cenderung berusaha menyesuaikan diri dengan perubahan alam sehingga dalam berbagai aspek, makhluk hidup ikut berubah.

Lamarck mengatakan bahwa organ tubuh yang senantiasa digunakan secara terus-menerus akan berkembang, sementara organ yang jarang dan hampir tidak pernah digunakan akan mengalami kemunduran atau mereduksi.

Gagasan-gagasan yang diajukan Lamarc terkait evolusi antaralain :
1). Ukuran organisme cenderung berkembang menjadi lebih kompleks
2). Kemunculan organ baru merupakan hasil respon terhadap tuntutan lingkungan
3). Organ yang sering digunakan akan berkembang dan yang tidak akan tereduksi
4). Hasil modifikasi selama kehidupan individu diwariskan kepada keturunanya.

Teori evolusi yang diajukan Lamarck membuka suatu pandangan dasar bahwa evolusi berhubungan dengan perubahan alam. Hanya saja, Lamarck tidak dapat menemukan bukti empiris terkait perkembangan atau reduksi organ yang ia nyatakan.

C. Teori Evolusi Menurut Darwin

Sejalan dengan Lamarck, Darwin juga melihat adanya pengaruh lingkungan terhadap perubahan yang dialami oleh makhluk hidup. Charles memiliki penelitian penting yang meyakinkan bahwa evolusi benar terjadi dan penelitian tersebut menjadi dasar dalam kajian evolusi selanjutnya.

Dalam buku berjudul "On the Origin of The Species by Means of Natural Selection, Darwin mengutarakan pandangannya mengenai evolusi. Darwin berpendapat bahwa evolusi terjadi karena proses seleksi alam. Makhluk hidup yang mampu beradapatasi akan bertahan sedangkan yang tidak akan punah.

Butir-butir evolusi yang diajukan oleh Darwin antaralain :
1). Spesies yang ada saat ini berasal dari spesies di masa silam
2). Evolusi terjadi melalui seleksi alam
3). Adanya perjuangan untuk hidup (struggle for existence)
4). Lingkungan cenderung selalu berubah

Seleksi alam merupakan keberhasilan yang berbeda dalam reproduksi dan terjadi melalui suatu interaksi antara lingkungan dengan keanekaragaman yang menyusun populasi. Hasil dari seleksi alam adalah populasi organisme yang adaptif terhadap lingkungannya.

D. Perbandingan Teori Evolusi Lamarck dan Darwin

Perbedaan yang siginifikan dari teori yang diajukan oleh Lamarck dan Darwin dapat dilihat dengan jelas dalam menerangkan mengenai panjang leher jerapah. Kedua ilmuwan tersebut memiliki pandangan yang berbeda terkait penyebab panjangnya leher jerapah.

Perbedaan teori evolusi menurut Lamarck dan Darwin

#1 Teori lamarck
Menurut Lamarck, pada mulanya jerapah memiliki leher pendek. Karena perubahan lingkungan, pohon-pohon dan dedaunan untuk makanan jerapah semakin tinggi. Untuk mencapai dedaunan tersebut, jerapah pun berusaha mengangkat tubuh dan meregangkan lehernya. Lama-kelamaan, karea sering diregangkan, leher jerapah pun memanjang.

Jadi, menurut Lamarck, pajangnya leher jerapah adalah akibat tertarik atau teregang selama bertahun-tahun untuk mencapai dedaunan di pucuk pohon yang semakin hari semakin tinggi. Hal itu menunjukkan bahwa pertambahan panjang pada leher jerapah merupakan hasil adaptasi Jerapah.

#2 Teori Darwin
Menurut Darwin, pada mualnya jerapah terdiri dari dua jenis, yaitu yang berleher pendek dan berleher panjang. Karena lingkungan berubah dan pepohonan semakin tinggi, maka jerapah berleher pendek tidak dapat memperoleh makanan dan akhirnya mati. Sedangkan jerapah berleher panjang bertahan hidup karena dapat mencapai dedaunan tinggi tersebut.

Jadi, menurut Darwin, panjangnya leher jerapah sudah ada sejak pertama. Dalam hal ini terlah terjadi seleksi alam. Jerapah berleher panjang tetap bertahan hidup karena dapat melewati perubahan lingkungan sedangkan jerapah berleher pendek punah karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.