PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG FAKTA DAN OPINI

Posted by on 03 February 2018 - 9:09 AM

Edutafsi.com - Fakta dan Opini. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia tentang fakta dan opini untuk tingkat menengah atas. Fakta dan opini merupakan dua istilah yang sudah cukup umum digunakan. Dalam bahasa Indonesia, pembahasan mengenai fakta dan opini biasanya berhubungan dengan sebuah naskah atau paragraf. Model soal yang paling umum adalah mengidentifikasi sebuah kalimat termasuk fakta atau opini. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal tentang fakta dan opini yang pernah keluar dalam ujian nasional sebagai gambaran bagi murid untuk menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Kalimat yang Berisi Fakta 

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Sepertinya banyak yang menaruh harapan tinggi kepada ganda campuran untuk mempersembahkan gelaj juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda campuran itu berambisi meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi final kemarin, Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18 (4) Banyak yang mengakui permainannya terlalu monoton dan seringkali membuat kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga diduga dilakukan terburu-buru untuk mematikan bola.

Dari paragraf di atas, kalimat yang berisi fakta terdapat pada ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Fakta adalah sesuatu yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya. Fakta merupakan segala sesuatu yang tertangkap oleh indera manusia atau data keadaan nyata yang terbukti kebenarannya dan sudah menjadi suatu kenyataan. Dalam penelitian, fakta dapat diartikan sebagai hasil pengamatan yang objektif dan dapat diverifikasi oleh siapapun.

Sebuah fakta umumnya mengandung suatu informasi atau data yang teruji kebenarannya sehingga dapat menjawab beberapa pertanyaan dasar seperti apa yang terjadi, bagaimana, mengapa, kapan, dimana, dan sebagainya. Sebuah fakta dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan pasti dan jelas. Biasanya fakta disertai dengan data berupa angka atau referensi pendukung.

Pembahasan UNBK Bahasa Indonesia fakta dan opini

Pada paragraf di atas, kalimat yang mengandung fakta berada pada kalimat penjelas, yaitu pada kalimat (3). Pada kalimat tersebut adalah sebuah kenyataan bahwa Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18 pada pertandingan semifinal. Peristiwa kalahnya Aprilia pada semifinal merupakan sebuah fakta didukung oleh data berupa skor dan lawannya.

Lau bagaimana dengan kalimat lainnya? Kalimat (1) jelas adalah sebuah opini karena ada kata sepertinya yang merupakan pendapat penulis. Kalimat (2) juga merupakan opini penulis yang merupakan tanggapannya akan ganda campuran. Kalimat (4) dan (5) juga merupakan opini karena merupakan pendapat dari sebagian orang dan bisa saja berbeda dengan pendapat orang lain.
Jawaban : C

Soal 2 : Menentukan Kalimat Fakta dari Paragraf

Bacalah paragraf berikut ini dengan seksama!
(1) Badan Pertahanan Nasional menyatakan ada 73 juta hektar lahan terlantar. (2) Lahan jutaan hektar tersebut selayaknya tidak dibiarkan terlantar. (3) Undang-undang Agraria menyebutkan semua hak atas tanah mempunyai fungsi sosial. (4) Pemerintah dituntut memiliki kebijakan dan strategi pertahanan nasional, membagi dengan jelas peruntukan lahan pertanian, industri, pemukiman, dan hutan. (5) Hal itu akan menjamin kepastian hukum sehingga setiap orang dapat bekerja dan berproduksi dengan tenang.

Dari paragraf di atas, kalimat fakta terdapat pada ....
A. Kalimat (1) dan (3)
B. Kalimat (1) dan (4)
C. Kalimat (2) dan (3)
D. Kalimat (3) dan (4)
E. Kalimat (4) dan (5)

Pembahasan :
Kalimat fakta adalah kalimat yang mengandung fakta, yaitu suatu kebenaran yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya. Fakta biasanya didukung oleh data-data tertentu sebagai penjelas atau penguat seperti misalnya keterangan waktu, atau data-data berupa angka.

Sebaliknya, kalimat opini merupakan kalimat yang mengandung pendapat atau sudut pandang orang tertentu terhadap suatu objek atau peristiwa. Biasanya kalimat opini dapat dikenali dengan jelas sebab cenderung belum terbukti kebenarannya dan menggunakan kata-kata tertentu yang mencirikan argumen misalnya sepertinya, selayaknya, menurut saya, kami rasa, dan sebagainya.

Pada paragraf di atas, kalimat (2), (4) dan (5) jelas merupakan kalimat opini karena sama sekali tidak mengandung data seperti fakta dan menggunakan kata-kata pendapat seperti selayaknya pada kalimat (2), dituntut memiliki kebijakan pada kalimat (4), dan pada kalimat (5) kepastian hukum tersebut hanyalah sebuah argumen atau harapan dan belum tentu akan terjamin dengan kebijakan tertentu.

Dengan demikian, kalimat yang merupakan fakta pada paragraf di atas adalah kalimat (1) dan kalimat (3). Pada kalimat (1) data mengenai lahan terlantar yang dikeluarkan oleh Badan Pertahanan Nasional tentu sudah diperifikasi. Pada kalimat (3), pernyatakan bahwa semua hak atas tanaha memiliki fungsi sosial memang tertulis pada Undang-undang Agraria sehingga kalimat itu merupakan kalimat fakta.
Jawaban : A

Soal 3 : Menentukan Fakta dari Sebuah Artikel

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Merujuk pada beberapa studi perekonomian, Mardjijono menyampaikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dapat menyerap tenaga kerja lebih kurang 40.000 orang. (2) Jateng menyumbang sekitar 10% kepada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan dapat menyediakan lapangan kerja bagi 40.000 orang. (3) "Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41%, maka dapat terserap tenaga kerja 176.400 orang", sambungnya. (4) Kita berharap Indonesia dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (5) Dengan demikian, dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Fakta yang terdapat dalam artikel di atas terdapat pada kalimat nomor ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Pada artikel di atas, kalimat (2), (4), dan (5) jelas merupakan kalimat opini atau pernyataan karena kalimat tersebut mengandung pendapat atau sudut pandang. Pada kalimat (2) ada penggunaan kata diperkirakan yang artinya belum dapat dipastikan benar. Pada kalimat (4) terdapat kata kita berharap yang menunjukkan bawha kalimat itu bukanlah fakta. Begitu juga dengan kalimat 5.

Kalimat (3) sekilas memang terlihat seperti fakta karena menampilkan data pendukung yang meyakinkan. Akan tetapi, kalimat tersebut merupakan opini atau pernyataan yang diungkapkan oleh Mardjijono dan penggunaan kata "dapat terserap" pada kalimat itu menunjukkan bahwa data tersebut belum tentu demikian atau masih merupakan data perkiraan.

Dengan demikian, kalimat yang berisi fakta pada paragraf di atas adalah kalimat (1). Sekilas, kalimat tersebut memang terlihat seperti kalimat pernyataan yang belum pasti kebenarannya. Tapi perhatikan pada awal kalimat ada sebuah rujukan yang menunjukkan bahwa data yang disampaikan pada pernyataan tersebut sudah terperivikasi, atau setidaknya sudah dilakukan studinya.
Jawaban : A

Soal 4 : Menentukan Opini pada Sebuah Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan menelan korabn 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta tidak seperti kota metropolitan yang selama ini megah dalam sinetron.

Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor. Orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat villa dan hotel di puncak.

Opini pada tajuk rencana di atas terdapat pada kalimat ....
A. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut
B. Seorang penduduk luar jakarta menyurati sebuah surat kabar
C. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor
D. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal
E. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta

Pembahasan :
Berdasarkan alur cerita pada tajuk rencana di atas, maka terdapat beberapa kalimat yang dapat dipandang sebagai fakta karena data yang disampaikan biasanya diperoleh dari pendataan langsung (berdasarkan laporan) dan sudah diperivikasi oleh pihak terkait. Kalimat yang merupakan fakta antaralain:
1). Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut
2). Seorang penduduk luar jakarta menyurati sebuah surat kabar
3). Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal
4). Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta.

Dengan demikian, yang merupakan opini dalam tajuk rencana tersebut adalah "Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor". Dari kalimatnya saja sudah jelas bahwa itu hanyalah pendapat dari orang jakarta mengenai banjir tersebut. Selain kalimat tersebut, opini lain yang ada dalam tajuk rencana di atas adalah opini dari orang Bogor mengenai banjir yang terjadi, dan opini penduduk luar jakarta mengenai kondisi kota Jakarta.
Jawaban : C

Soal 5 : Mengidentifikasi Opini dalam Suatu Teks

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Semburan Baru Muncul di Mindi
Semburan lumpur, air, dan gas baru keluar dari salah satu halaman belakang salah seorang penduduk, warga desa Mindi, kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu merupakan semburan yang ke-59 yang muncul di sekitar pusat semburan utama.

Menurut seorang ahli dari Leader Team Fergaco, perusahaan yang ahli mengawasi gas-gas berbahaya di sekita pusat semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan liar itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar. Kalau itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan, hari ini akan dimasukkan 100 kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.

Kalimat yang merupakan opini dalam teks di atas adalah ....
A. Semburan liar itu terjadi di halaman ruma warga
B. Semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya
C. Semburan itu merupakan semburan yang ke-59
D. Lokasi semburan terletak di desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo
E. Hari ini ke dalam lubang asal semburan dimasukkan 100 kg semen.

Pembahasan :
Kalimat opsi A : sebuah fakta, sesuai dengan kenyataan atau kejadian.
Kalimat opsi B : sebuah opini, merupakan pendapat ahli dan bisa saja salah.
Kalimat opsi C : sebuah fakta, sesuai data yang dikumpulkan.
Kalimat opsi D : sebuah fakta, memuat keterangan tempat sesuai kenyataan.
Kalimat opsi E : sebuah fakta, merupakan kenyataan dilengkapi keterangan waktu.
Jawaban : B

Demikianlah pembahasan beberapa soal ujian nasional bidang studi bahasan Indonesia tentang Fakta dan Opini. Jika pembahasan soal fakta dan opini ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah ini.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.