PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG IDE POKOK PARAGRAF

Posted by on 13 February 2018 - 11:03 AM

Edutafsi.com - Ide Pokok Paragraf. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia tentang ide pokok paragraf untuk tingkat menengah atas. Salah satu model soal membaca yang paling umum muncul adalah menentukan kalimat utama paragraf. Bentuk lain dari kalimat utama adalah menentukan ide pokok paragraf. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal tentang ide pokok paragraf yang pernah keluar dalam soal ujian nasional. Semoga dapat menjadi gambaran bagi murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Mengidentifikasi Ide Pokok Paragraf

Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....
A. Memanfaatkan fasilitas yang ada
B. Menjaga lingkungan agar tetap sehat
C. Perilaku sehat akan berpengaruh pada pilar lainnya
D. Berperilaku sehat akan menjaga kebersihan
E. Perilaku sehat merupakan pilar utama.

Pembahasan :
Paragraf merupakan rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pembahasan. Umumnya sebuah paragraf terdiri dari satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Secara garis besar, paragraf terdiri dari dua unsur utama, yaitu gagasan utama dan gagasan penjelas.

Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan ini biasanya berada di kalimat utama. Sedangkan gagasan penjelas adalah gagasan yang berfungsi menjelaskan gagasan utama dan biasanya dinyatakan dalam beberapa kalimat penjelas.

Dalam paragraf juga dikenal istilah ide pokok. Ide pokok adalah gagasan inti atau gagasan utama yang dijiwai seluruh paragraf. Ide atau pikiran pokok suatu paragraf biasanya terletak di awal paragraf (paragraf deduktif) atau di akhir paragraf (paragraf induktif).

Ide pokok biasanya berada di kalimat utama paragraf. Pada paragraf di atas, kalimat utamanya adalah kalimat pertama yaitu "Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama". Dengan demikian, ide pokok paragraf tersebut adalah perilaku sehat merupakan pilar utama. Paragraf ini termasuk paragraf deduktif.
Jawaban : E

Soal 2 : Menentukan Ide Pokok Paragraf

Bacalah teks berikut dengan seksama!
Dampak merebaknya penyebaran virus sindrom pernafasan akut parah (Severe Acute Respiratory Sindrome/SARS) dari negeri jiran, Singapura, mulai mengancam bisnis perhotelan di Batam. Jumlah tamu, baik dari luar negeri maupun dalam negeri merosot hingga tingkat hunian hotem di Batam berkurang hingga sepuluh persen. Demikian kata Public Relation Manajer Goodway Hotel Puri Garden, Budi Purnomo, dan pengusaha Novotel Hotel, Anas ketika dihubungi kompas di Batam.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan
B. Penyebaran virus SARS dari negeri jiran Singapura
C. Virus SARS mengancam bisnis perhotelan di Singapura
D. Dampak virus SARS terhadap penghuni hotel di Batam
E. Dampak penyebaran virus SARS dirasakan oleh penguasaha

Pembahasan :
Secara keseluruhan, paragraf di atas membahas bagaimana pengaruh penyebaran virus SARS terhadap merosotnya jumlah tamu perhotelan di Batam. Kalimat utama berada di awal paragraf. Dari kalimat utama tersebut, dapat disimpulkan ide pokoknya, yaitu Dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan (di Batam).
Jawaban : A

Soal 3 : Menentukan Ide Pokok Paragraf Pertama

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam menghadapi masalah kependudukan. Salah satu fokus perhatian yang layak diketahui masyarakat adalah mengenai tanggungan beban negara karena banyaknya generasi muda dan meningkatnya penduduk usia lanjut.

Ketika proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan 17 agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta, jumlah penduduk negara kita sekitar 70 juta jiwa, sedangkan hasil sensus penduduk tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa. Sejak kemerdekaan hingga kini, penduduk Indonesia telah berkembang hampir tiga kali lipat yakni 203,45 jiwa.

Ide pokok paragraf pertama dalam artikel di atas adalah .....
A. Beban negara terhadap beban penduduk
B. Meningkatnya penduduk usia lanjut di Indonesia
C. Mingkatnya jumlah generasi muda setelah merdeka
D. Perlu berjuang dalam mengatasi kependudukan
E. Perhatian terhadap masyarakat bangsa Indonesia.

Pembahasan :
Kalimat utama pada paragraf pertama dalam artikel di atas adalah Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam menghadapi masalah kependudukan. Karena ide pokok biasanya ada pada kalimat utama, maka ide pokok paragraf pertama adalah Perlu berjuang dalam mengatasi kependudukan.
Jawaban : D

Soal 4 : Menentukan Ide Pokok Paragraf Kedua

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Semburan Baru Muncul di Mindi
Semburan lumpur, air, dan gas baru keluar dari salah satu halaman belakang salah seorang penduduk, warga desa Mindi, kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu merupakan semburan yang ke-59 yang muncul di sekitar pusat semburan utama.

Menurut seorang ahli dari Leader Team Fergaco, perusahaan yang ahli mengawasi gas-gas berbahaya di sekita pusat semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan liar itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar. Kalau itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan, hari ini akan dimasukkan 100 kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.

Ide pokok paragraf kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
A. Pengawasan gas oleh tim ahli
B. Pendapat tentang semburan liar
C. Munculnya semburan liar
D. Mengecilnya semburan liar
E. Penutupan lubang liar

Pembahasan :
Paragraf kedua berisi ulasan mengenai pendapat seorang ahli terkait semburan liar yang muncul. Paragraf tersebut dimulai dengan kalimat yang menyebutkan pendapat sang ahli yang kemudian diperjelas dengan pendapat lain yang mendukung pendapat tersebut. Jadi, ide pokok paragraf kedua adalah pendapat tentang semburan liar yang muncul. Tapi, jika ditanya secara keseluruhan, maka ide pokok teks di atas adalah munculnya semburan liar.
Jawaban : B

Soal 5 : Ide Pokok Keseluruhan Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. Penyebab anak kurang nafsu makan dan cara mengatasinya dapat dijelaskan secara psikologis. Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan perilaku enggan makan pula. Oleh karena itu, kegiatan makan bagi seorang anak harus dibuat dalam suasana yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan saat makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Problema kurang nafsu makan pada anak
B. Perilaku anak kurang nafsu makan
C. Cara mengatasi kurang nafsu makan
D. Suasana makan yang menyenangkan
E. Jangan ada paksaan agar anak mau makan.

Pembahasan :
Secara keseluruhan, paragraf di atas membahas mengenai masalah kurang nafsu makan pada anak-anak. Kalimat utamanya adalah problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. Dari kalimat utama ini, ide pokoknya yang menjadi pembahasan paragraf tersebut adalah problema kurang nafsu makan pada anak.
Jawaban : A

Demikianlah pembahasan beberapa soal tentang ide pokok paragraf yang pernah keluar dalam soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. Jika pembahasan soal tentang ide pokok ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini. Terimakasih.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements