PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG PROTISTA, ALGA DAN PROTOZOA

Posted by on 26 April 2018 - 10:46 AM

Edutafsi.com - Essai Protista. Pembahasan contoh soal berbentuk essai untuk bidang studi biologi sma tentang protista. Soal dalam pembahasan ini disusun berdasarkan beberapa subtopik pilihan yang paling sering dibahas dalam bab Protista. Beberapa subtopik tersebut antara lain protista mirip jamur, protista mirip tumbuhan, protista mirip hewan, ciri-ciri umum protista, klasifikasi protista, klasifikasi alga, klasifikasi protozoa, ciri-ciri alga, ciri-ciri protozoa, dan peran protista dalam kehidupan sehari-hari.

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan protista? Jelaskan ciri-ciri umum protista!

Pembahasan :
Protista merupakan organisme tingkat rendah yang terdiri dari organisme mirip jamur, organisme mirip tumbuhan, dan organisme mirip hewan. Secara umum, ciri-ciri dari protista antaralain :
1). Bersifat eukariotik : memiliki membran inti
2). Respirasi secara aerobik
3). Sebagian besar bersifat uniseluler
4). Reproduksi secara s3ksual dan as3ksual
5). Sebagian hidup bebas, sebagian bersimbiosis
6). Sebagian besar hidup di perairan.

Soal 2 : Jelaskan klasifikasi protista berdasarkan cara memperoleh makanan dan berikan masing-masing contohnya!

Pembahasan :
Berdasarkan cara memperoleh makanan, protista dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:
1). Protista fotoautotrof
2). Protista heterotrof

Protista fotoautotrof adalah golongan protista yang dapat mengubah molekul anorganik sederhana menjadi senyawa organik kompleks dengan memanfaatkan energi cahaya. Organisme yang tergolong protista fotoautotrof antara lain Chlorophyta dan Phaeophyta.

Protista heterotrof adalah golongan protista yang tidak dapat mengubah molekul anorganik menjadi senyawa (tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri) sehingga memerlukan makanan dari lingkungannya dengan cara memakan organisme lain. Contoh protista heterotrof misalnya Rhizopoda dan Oomycota.

Baca juga : Pembahasan Soal tentang Biologi Sel.

Soal 3 : Jelaskan pengelompokkan protista berdasarkan kemiripannya dengan kingdom yang lebih tinggi! Berika masing-masing contohnya!

Pembahasan :
Jika ditinjau berdasarkan kemiripannya dengan kingdom yang lebih tinggi, maka organisme protista dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu :
1). Protista mirip jamur
2). Protista mirip tumbuhan
3). Protista mirip hewan

Protista mirip jamur adalah protista yang menunjukkan ciri-ciri mirip dengan jamur namun tidak dimasukkan ke dalam kingom fungsi atau kingdom jamur. Protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam kingdom fungi karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda. Contoh : jamur lendir plasmodial, dan jamur air oomycota.

Protista mirip tumbuhan atau dikenal dengan sebutan alga merupakan golongan protista yang menunjukkan kemiripan ciri dengan tumbuhan. Alga umumnya hanya berupa fitoplankton yang hidup melayang di dalam air. Contoh alga misalnya alga hijau, Chorella sp, alga merah, sargassum, dan sebagainya.

Protista mirip hewan atau dikenal dengan sebutan protozoa merupakan golongan protista yang menunjukkan kemiripan ciri dengan hewan. Protozoa merupakan mikroorganisme yang umum ditemukan di perairan dan merupakan penyusun zooplankton. Contoh : rhizopoda, podophyra, euglonoida, dan sebagainya.

Soal 4 : Jelaskan klasifikasi alga yang bersifat bentik (yaitu yang hidup di dasar perairan) berdasarkan tempat melekatnya!

Pembahasan :
Berdasarkan tempat melekatnya, alga yang hidup di dasar perairan dapat dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu :
1). Epilitik : hidup melekat di atas batu
2). Epipaltik : melekat pada lumpur atau pasir
3). Epipitik : melekat pada tanaman air
4). Epizoik : melekat pada hewan.

Soal 5 : Jelaskan sifat Oomycota berdasarkan cara memperoleh makanannya dan jelaskan bagaimana caranya memperoleh makanan!

Pembahasan :
Jamur air (Oomycota) bersifat heterotrofik baik secara parasit ataupun saprofit. Artinya, jamur tersebut tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri. Oomycota mengambil makanan dengan cara memasukkan hifa ke dalam jaringan inang, mengeluarkan enzim pencerna, dan mengisap larutan hasil pencernaan tersebut.

Soal 6 : Jelaskan repr0duksi as3ksual dan reproduksi s3ksual pada protista mirip tumbuhan!

Pembahasan :
Reproduksi secara as3ksual pada protista mirip tumbuhan (alga) terjadi melalui pembelahan sel. Pada pembelahan tersebut dihasilkan dua sel anak yang masing-masing akan menjadi individu baru. Reproduksi secara s3ksual melibatkan peleburan dua gamet untuk membentuk zigot yang akan tumbuh menjadi individu baru. Proses s3ksual pada alga dapat berlangsung secara isogami atau oogami.

Soal 7 : Sebutkan ciri-ciri umum alga coklat dan beberapa contohnya!

Pembahasan :
Alga coklat merupakan alga yang memiliki talus terbesar dibanding jenis alga lainnya. Contoh alga coklat misalnya fucus serratus, Macrocystis pyrifera, dan Sargassum vulgare. Secara umum, alga cokelat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1). Talus berbentuk tegak, bercabang dan tidak berfilamen
2). Memiliki kloroplas tunggal
3). Memiliki pirenoid di bagian kloroplas
4). Memiliki lapisan selulosa di bagian dinding sel
5). Memiliki jaringan transportasi air yang analog dengan tumbuhan darat.

Soal 8 : Rizhopoda merupakan protozoa yang memiliki alat gerak berupa kaki semu. Jelaskan tipe-tipe kaki semu pada rizhopoda!

Pembahasan :
Secara garis besar, kaki semu pada Rizhopoda dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:
1). Lobodia : berbentuk agak lebar dengan ujung berbentuk tabung
2). Filopodia : berbentuk cabang dengan ujung penjuluran berbentuk runcing.

Soal 9 : Sebagian protozoa memiliki peran negatif yang dapat menimbulkan penyakit bagi manusia. Salah satunya adalah Leishmania. Jelaskan jenis-jenis Leishmania dan penyakit yang ditimbulkannya!

Pembahasan :
Leishmania merupakan protista yang menyebabkan penyakit pada sel-sel endometrium pembuluh darah. Jenis-jensinya antaralain:
1). Leishmania donovani : penyebab penyakit kala azar
2). Leishmania torpica : penyebab penyakit kulit (oriental)
3). Leishmania brasilliensis : penyebab penyakit kulit di Amerika Selatan.

Soal 10 : Sebutkan dan Jelaskan pengelompokkan (klasifikasi) protozoa berdasarkan alat geraknya! berikan masing-masing contohnya!

Pembahasan soal essai tentang protista

Pembahasan :
Berdasarkan alat geraknya, protozoa dapat dibedakan menjadi lima golongan, yaitu:
1). Rhizopoda : bergerak dengan kaki semu, contoh : Arcella, Difflugia.
2). Flagellata : bergerak dengan bulu cambuk, contoh : volvocida, Dinoflagellata.
3). Ciliata : bergerak dengan rambut getar, contoh : Stentor, Stylonichia.
4). Suctoria : bulu getar hanya pada awal hidupnya, contoh : podophyra, Sphenophyra.
5). Sporozoa : tidak memiliki alat gerak, contoh : Plasmodium sp.

Baca juga : Kumpulan Soal dan Jawaban tentang Protista mirip Tumbuhan.

Demikianlah pembahasan beberapa contoh soal essai tentang protista yang dapat edutafsi bagikan semoga bermanfaat untuk kegiatan belajar. Jika pembahasan soal esai protista ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia, terimakasih.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.