CARA MENGGAMBAR GEDUNG SEKOLAH MENGGUNAKAN OIL PASTELS

Posted by on 22 May 2018 - 7:51 AM

Edutafsi.com - Tutorial menggambar pemandangan rumah sekolah untuk pemula menggunakan cat crayon oil pastels step by step dilengkapi dengan gambar dan video. Setelah belajar menggambar rumah dan istana pada tutorial sebelumnya, kali ini edutafsi ingin membagikan cara menggambar gedung sekolah. Gedung sekolah yang akan digambar cukup sederhana yaitu hanya terdiri dari beberapa ruang belajar yang terlihat dari depan. Gedung sekolah ini terdiri dari satu lantai dan berbentuk seperti U sehingga lapangannya berada di tengah-tengah. Di lapangan terdapat tiang bendera yang sudah dipasangi benderah merah putih. Sebagai pemanis, gambar ini dilengkapi dengan dua pohon besar yang diletakkan di seberang jalan tepat di depan sekolah.

Seperti yang bisa dilihat pada gambar di bawah, pemandangan gedung sekolah tampak depan yang akan digambar pada kesempatan ini didominasi oleh warna cokelat, biru, dan hijau. Teknik yang digunakan juga masih sama seperti tutorial-tutorial sebelumnya, yaitu menyusun warna sedemikian rupa sehingga dihasilkan gradasi warna yang diinginkan. Secara umum pewarnaan dilakukan dengan cara menggoreskan oil pastels atau mengarsir area yang akan diwarnai.

Untuk menggambar gedung sekolah seperti gambar di bawah ini, dibutuhkan beberapa alat dan bahan, yaitu kertas gambar sebagai media gambar, penggaris untuk menggarisi kertas, pensil dan spidol untuk membuat kerangka gambar, penghapus untuk menghapus garis pensil, oil pastels untuk mewarnai, kertas tisu untuk blending warna, dan pensil warna untuk menyempurnakan bagian-bagian tertentu yang sulit dijangkau oleh cat oil pastels atau untuk menghasilkan efek tertentu pada objek.

Belajar menggambar sekolah menggunakan oil pastels

Sama seperti tutorial sebelumnya, secara garis besar tahapan menggambar gedung sekolah ini edutafsi bagi menjadi tiga tahapan utama, yaitu membuat sketsa atau outline gambar, mewarnai gambar yang telah dibuat, dan menyempurnakan hasil akhir. Jika alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia di rumah teman-teman, maka bisa langsung belajar. Oh iya, untuk alat dan bahannya bebas mau pakai merek apa yang penting sesuai dengan kemampuan teman-teman.

Langkah #1 : Membuat Kerangka
Karena sudah terbiasa menggarisi pinggiran kertas untuk membatasi area gambar, maka pada tutorial ini sebelum menggambar kerangka atau outline objek, edutafsi terlebih dahulu membuat garis tepi kertas dengan jarak masing-masing 1 cm dari pinggiran kertas. Garis ini tidak harus digunakan. Jika teman-teman cenderung lebih suka menggambar tanpa garis pembatas boleh-boleh saja. Semua kembali pada selera masing-masing. Hanya saja, kadang ada guru kesenian yang mewajibkan gambar menggunakan garis pembatas seperti ini.

Selanjutnya, langkah pertama adalah membuat kerangka gambar yaitu menggambar beberapa objek yang dibutuhkan menggunakan pensil. Beberapa objek yang dimaksud adalah pohon, jalan, pagar sekolah, trotoar, bendera, dan gedung sekolah. Jika gambarnya dirasa sudah pas, maka gunakan spidol hitam untuk mempertebal garis-garis objek. Setelah itu hapus garis-garis yang terbuat dari pensil sehingga hanya ada gambar yang dihasilkan oleh spidol. Pada tahap ini, usahakan agar garis yang dibuat dengan spidol tidak timpang tindih.

Selain cara tersebut, teman-teman juga bisa menggambar objek-objek tadi langsung menggunakan spidol tanpa menggunakan pensil terlebih dahulu. Ini sebenarnya cukup bagus untuk melatih ketelitian dan kreativitas teman-teman. Selain itu cara ini juga dapat menghemat waktu teman-teman. Hanya saja, karena menggunakan spidol yang cenderung sulit dihapus maka cara ini juga sangat rentan salah dan jika sudah salah, gambarnya malah jadi tidak bagus.

Tapi kendala itu bisa diatasi dengan cara menggambar objek yang berada paling depan terlebih dahulu. Seperti pada gambar di bawah ini (kanan atas), edutafsi menggambar pohon terlebih dahulu karena pohon berada paling depan. Kemudian dilanjutkan dengan menggambar pagar sekolah dan tiang bendera lengkap dengan benderanya. Kenapa bendera digambar lebih dulu? Karena tiang bendera akan terlihat menimpah gedung sekolah (bendera berada lebih depan daripada gedung sekolah).

Setelah itu, tafsi menggambar gedung sekolah dimulai dari bagian atap yang berbentuk segitiga seperti terlihat pada gambar kiri bawah. Pertama-tama digambar dulu bentuk gedungnya. Setelah itu baru dilengkapi dengan bagian-bagian lainnya pada gedung tersebut seperti pintu dan beberapa jendela. Di depan gedung sekolah tepat di belakang pagar juga ditambahkan pepohonan kecil yang terlihat dari luar.

Cara menggambar rumah sekolah step bu step

Lebih kurang hasilnya akan seperti gambar kanan bawah. Pada tahap ini, teman-teman dapat menggunakan bantuan penggaris untuk menggambar gedung sekolah agar hasilnya lebih lurus dan rapi. Tapi untuk menghemat waktu, teman-teman bisa langsung menggambar gedung sekolah itu tanpa harus menggunakan penggaris. Cara ini sekaligus melatih kemampuan kita dalam membuat garis lurus sehingga tidak harus tergantung pada alat bantu penggaris.

Langkah #2 : Mewarnai Gambar
Setelah gambar yang dibuat pada tahap pertama dirasa sudah cukup, maka tahap berikutnya adalah mewarnai gambar menggunakan oil pastels. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gambar ini didominasi oleh warna cokelat, hijau, dan biru. Adapun warna-warna yang dipakai untuk keseluruhan gambar ini antara lain cokelat tua, cokelat muda, orange pucat, kuning, hijau tua, hijau muda, biru pucat, abu-abu, merah, dan putih.

Warna-warna yang disebutkan di atas hanya saran dari edutafsi sesuai dengan tutorial yang dibuat ini. Teman-teman bebas bereksperimen dan berkreasi dengan warna-warna lain yang lebih disukai. Pada gambar di bawah ini terdapat empat bagian gambar yang menunjukkan tahapan mewarnai yang edutafsi lakukan. Biasanya tafsi mewarnai objek berdasarkan kesamaan warnanya, misalnya mewarnai daun pohon dan rumput karena sama-sama menggunakan warna hijau.

Pada gambar kiri atas, tafsi menggunakan warna hijau dan kuning untuk mewarnai daun pohon dan rumput. Untuk daun pohon, digunakan warna hijau tua, hijau muda, dan kuning untuk menghasilkan gradasi warna yang diinginkan. Caranya yaitu dengan menggores hijau tua pada bagian bawah daun, hijau muda di bagian tengah agak ke atas, dan kuning di bagian pucuk daun. Untuk rimput juga digunakan warna yang sama hanya saja kali ini goresannya lebih halus dan digunakan kertas tisu untuk blending warnanya sehingga warna-warna tersebut menyatu.

Berikutnya digunakan warna cokelat tua dan cokelat muda untuk mewarnai batang pohon. teknik yang digunakan juga teknik gradasi hanya saja berbeda dengan cara mewarnai daun tadi. Untuk batang, digunakan cokelat tua terlebih dahulu di salah satu sisi batang misalnya di bagian kanan atau kiri saja. Setelah itu di bagian sisanya digunakan warna cokelat muda sehingga terlihat ada efek gelap terang atau corak warna pada batangnya.

Cara mewarnai pemandangan rumah sekolah

Pada gambar kiri bawah digunakan warna orange pucat dan sedikit cokelat muda untuk mewarnai jalan yang ada di depan sekolah. Kemudian digunakan hijau untuk membuat rumput tepat di bawah pohon. Selanjutnya, digunakan warna biru muda untuk mewarnai langit. Untuk mewarnai langit, cukup goreskan cat secara halus dan tidak perlu rata, kemudian gunakan kertas tisu untuk meratakan warnanya. Dengan cara itu akan dihasilkan warna biru yang tidak terlalu jelas.

Dengan biru muda yang sama, diwarnai pagar sekolah. Kali ini goresannya dibuat lebih tebal dari kiri ke kanan sehingga dihasilkan warna yang lebih terang seperti terlihat pada gambar kanan bawah. Dengan cara yang sama, digunakan biru muda untuk mewarnai dinding sekolah bagian bawah hingga batas bawah jendela sementara dinding bagian atas dibiarkan berwarna putih. Untuk atap, digunakan warna cokelat tua, cokelat muda, dan kuning yang disusun seperti mewarnai daun sehingga dihasilkan gradasi yang diinginkan.

Baca juga : Menggambar Kerajaan Menggunakan Oil Pastels.

Langkah #3 : Finishing
Langkah terakhir yaitu tahap penyempurnaan. Seperti biasa, kita periksa gambar yang telah diawarnai tadi untuk memastikan semuanya sudah rapi. Jika masih ada bagian yang kurang rapi atau dirasa belum sempurna, maka bisa diperbaiki menggunakan pensil warna. Biasanya, di bagian-bagian sempit seperti sisi batang, daun, dan sebagainya kadang catnya tidak terlalu rapi. Nah, untuk bagian tersebut kita bisa menggunakan pensil warna karena matanya lebih kecil dan bisa menjangkau bagian tersebut.

Sebagian orang juga menggunakan pensil khusus yang digunakan untuk menebalkan ulang garis tepi objek yang mungkin tertutup leh cat saat proses pewarnaan. Dengan cara itu, objek akan terlihat lebih jelas dan gambar akhir juga akan lebih bagus. Selebihnya kembali lagi pada kreativitas teman-teman mau dibuat seperti apa gambar akhirnya. Apa yang harus ditambah atau apa yang perlu diperbaiki, teman-teman yang memutuskan.

Tutorial menggambar pemandangan menggunakan oil pastels

Tahap finishing ini sebenarnya kembali lagi pada masalah selera. Sebagian orang mungkin lebih suka menggunakan oil pastels keseluruhan tanpa harus dirapikan menggunakan pensil dan sebagian lagi lebih suka menggunakan pensil untuk merapikan gambar. Jadi tidak mutlak harus memakai pensil. Untuk tutorial lengkapnya, teman-teman bisa menonton video yang dilampirkan di bawah ini. Jangan lupas subscribe ya kalau teman-teman suka.


Demikian tutorial cara menggambar pemandangan gedung sekolah tampak depan yang dapat edutafsi bagikan. Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman yang sedang belajar menggambar rumah sekolah. Jika konten ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia, terimakasih.


Seluruh konten yang diterbitkan di edutafsi.com disusun oleh edutafsi dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.


Advertisements