CARA MENGGAMBAR PEMANDANGAN PADANG RUMPUT UNTUK PEMULA

Posted by on 28 May 2018 - 5:32 PM

Edutafsi.com - Belajar menggambar pemandangan alam berupa padang rumput menggunakan cat oil pastels untuk pemula step by step. Tutorial ini dilengkapi dengan gambar dan video serta keterangan pertahapnya sehingga lebih mudah diikuti dan bisa langsung dipraktekkan. Pada kesempatan ini, edutafsi masih akan membagikan tutorial menggambar pemandangan. Tapi kali ini, pemandangan yang akan digambar terbilang sangat sederhana dan mudah untuk ditiru. Pemandangan yang akan digambar pada kesempatan ini adalah pemandangan berupa padang rumput yang di atasnya membentang sebuah jalan menuju kaki gunung. Pemandangan ini hanya terdiri dari beberapa objek sederhana yaitu pohon, pepohonan, padang rumput, jalan, pagar, dan gunung.

Pemandangan kali ini didominasi oleh warna hijau. Sebagai pemanis, tafsi menggunakan warna merah untuk mewarnai pohon besar yang tampak di pinggir jalan. Untuk mewarnai gambar, digunakan cat oil pastels merek Pentel. Teman-teman bebas menggunakan merek apa saja yang tersedia di rumah. Selain cat oil pastels, edutafsi juga menggunakan pensil warna merek Faber Castell untuk mewarnai atau menyempurnakan bagian-bagian tertentu yang sulit dijangkau oleh oil pastels.

Selain kedua alat mewarnai tersebut, untuk menggambar pemandangan padang rumput ini juga dibutuhkan beberapa alat dan bahan lainnya, yaitu kertas gambar, kertas tisu, pensil, spidol, penggaris, dan penghapus. Kertas tisu digunakan untuk meratakan warna (blending warna), pensil dan spidol digunakan untuk membuat kerangka gambar, penggaris untuk membuat garis tepi pembatas area gambar, dan penghapus digunakan untuk menghapus bagian tertentu yang salah satu tidak diperlukan. Untuk kertas tisu, teman-teman bisa menggantinya dengan kertas lain atau jika tidak ada kertas yang memungkinkan, teman-teman bisa menggunakan ujung jari.

Tutorial menggambar padang rumput dengan oil pastels

Jika alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, maka kita bisa memulai kegiatan belajar menggambar kali ini. Seperti biasa, edutafsi akan memaparkan tiga tahapan utama untuk menggambar pemandangan ini, yaitu membuat kerangka gambar, mewarnai gambar, dan menyempurnakan hasil akhir. Berikut tafsi jabarkan keterangan untuk masing-masing tahapan tersebut semoga teman-teman bisa mengikuti. Selamat menggambar.

Langkah #1 : Membuat Kerangka
Seperti biasa, pertama-tama dengan bantuan penggaris dibuat garis pembatas atau garis tepi kertas sebagai pembatas area gambar. Kemudian digunakan pensil atau spidol untuk membuat kerangka gambar. Pada tahap ini, ada dua cara yang dapat digunakan yaitu membuat kerangkan langsung menggunakan spidol atau membuat kerangka menggunakan pensil terlebih dahulu baru kemudian dipertebal menggunakan spidol.

Jika teman-teman belum yakin untuk menggambar langsung menggunakan spidol, maka pertama-tama gunakan pensil untuk menggambar seluruh objek yang ada dalam pemandangan tersebut yaitu pohon, padang rumput, jalan, pepohonan, dan gunung. Setelah itu, gunakan spidol untuk mempertebal garis pinggir tiap objek lalu gunakan penghapus untuk menghapus garis-garis yag dibuat dengan pensil sehingga hanya ada gambar yang dibuat dengan spidol.

Tapi kalau teman-teman ingin belajar menggambar langsung menggunakan spidol, maka pada gambar di bawah ini sudah ada empat bagian yang menunjukkan tahapan menggambar yang edutafsi lakukan menggunakan spidol. Pertama-tama digambar pohon besar seperti terlihat pada gambar kiri atas. Kemudan digambar gundukan-gundukan yang merupakan padang rumput seperti terlihat di gambar kanan atas.

Selanjutnya, digambar pepohonan yang terlihat dari kejauhan. Ikuti pola lengkungan padang rumput sebagai latar pepohonan itu. Selanjutnya digambar jalan yang membentang sepanjang padang rumput tersebut hingga berakhir di depan pepohonan seperti terlihat pada gambar kiri bawah. Pada saat membuat jalan, perhatikan bahwa semakin jauh dari bagian depan gambar maka jalannya akan terlihat semakin mengecil sehingga kita bisa melihat bahwa jalan itu berada cukup jauh.

Setelah itu, digambar sebuah pagar yang terbuat dari kayu yang diletakkan tepat di belakang pohon besar. Selanjutnya digambar gunung dengan dua puncak seperti pada gambar kanan bawah. Pada tahap ini teman-teman bebas berkreasi untuk menambahkan objek-objek lain yang menurut teman-teman bagus jika ditambahkan ke dalam pemandangan tersebut. Gunakan imajinasi dan kreativitas teman-teman untuk menghasilkan pemandangan yang lebih kompleks.

Cara menggambar pemandangan padang rumput step by step

Pada tahap pembuatan kerangkan gambar ini, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah ketika mempertebal garis pinggir objek. Usahakan agar saat membuat gambar ini, garis-garis yang dibuat dengan spidol tidak saling timpang tindih. Oleh karena itu, kita harus cermat menentukan objek mana yang harus digambar atau dipertebal terlebih dahulu dan objek mana yang digambar berikutnya.

Langkah #2 : Mewarnai Gambar
Jika seluruh objek telah digambar dan dirasa sudah cukup, maka tahap selanjutnya adalah mewarnai gambar tersebut menggunakan cat oil pastels. Seperti yang dapat dilihat pada gambar, untuk mewarnai gambar pada tutorial kali ini, beberapa warna yang dibutuhkan antara lain merah, merah muda, orange pucat, hijau tua, hijau muda, kuning, biru muda, cokelat tua, cokelat muda, dan abu-abu.

Pada gambar di bawah ini dapat dilihat empat bagian yang menunjukkan tahapan mewarnai yang edutafsi lakukan. Pertama-tama, tafsi mewarnai daun pohon, tanaman hias, dan pepohonan yang ada di kaki gunung. Untuk pohon yang besar, digunakan warna merah, merah muda, dan orange pucat dengan teknik gradasi, yaitu merah pada bagian bawah daun, merah muda di bagian tengah, dan orange pucat di bagian pucuk daun. Dengan teknik yang sama, digunakan hijau tua, hijau muda, dan kuning untuk mewarnai daun pepohonan lainnya seperti terlihat pada gambar kiri atas.

Selanjutnya, pada gambar kanan atas, edutafsi menggunakan orange pucat dan cokelat muda untuk mewarnai jalan. Mula-mula orange pucat digorskan secara merata pada bagian jalan kemudian disusul cokelat muda di bagian pinggir-pinggir jalan untuk menghasilkan efek lekukan. Selanjutnya, digunakan cokelat tua dan cokelat muda untuk mewarnai batang pohon dengan teknik gradasi yaitu cokelat tua di bagian kiri batang sedangkan cokelat muda di bagian sisanya.

Cara mewarnai pemandangan padang rumput dengan oil pastels

Kemudian digunakan warna hijau tua dan hijau muda untuk mewarnai padang rumput yang ada di kiri dan kanan jalan. Pada tahap ini, mula-mula tafsi menggoreskan secara acak warna hijau tua pada bagian rumput kemudian disusul hijau muda di bagian sisanya selanjutnya diratakan menggunakan kertas tisu atau ujung jari sehingga dihasilkan perpaduan warna seperti terlihat pada gambar kiri bawah.

Untuk mewarnai gunung, edutafsi menggunakan perpaduan warna antara biru muda, hijau, dan abu-abu. Mula-mula digoreskan secara bergantian ketiga warna tersebut secara diagonal dari atas ke bawah mengikuti bentuk gunungnya, lalu diratakan dengan kertas tisu. Selanjutnya digunakan abu-abu untuk memberikan sentuhan akhir pada warna gunung tersebut. Untuk langit, digunakan warna biru muda di bagian atas sedangkan di bagian bawah dibiarkan putih sebagai warna awan.

Baca juga : Menggambar Pemandangan Taman Bermain.

Langkah #3 : Finishing
Karena ukuran mata oil pastels relatif lebih besar, kadangkala akan sedikit sulit untuk mewarnai bagian-bagian tepi gambar yang terlalu sempit atau terlalu kecil. Dalam proses pewarnaan, adakalanya cat oil pastels keluar dari garis pembatas (area yang semestinya) atau menutupi garis tepi objek sehingga objek tersebut terlihat kurang jelas. Nah, pada tahap finishing ini kita dapat merapikan bagian-bagian tersebut agar hasil akhirnya lebih rapi dan bagus.

Pada tahap penyempurnaan ini, edutafsi menggunakan pensil warna untuk merapikan bagian-bagian tertentu yang sulit dijangkau oleh oil pastels, misalnya pada bagian tepi daun, tepi batang, dan tepi pagar yang ada di belakang pohon. Kemudian, tafsi menggunakan pensil atau spidol untuk memperjelas kembali garis-garis pinggir objek yang tertutup cat sehingga objeknya terlihat jelas.

Cara menggambar pemandangan padang rumput untuk pemula

Untuk tutorial selengkapnya cara menggambar pemandangan padang rumput seperti di atas, teman-teman dapat menonton video belajar menggambar yang tafsi lampirkan di bawah ini. Teman-teman juga bisa mengunjungi channel youtube kami di Tafsi Video untuk melihat video belajar menggambar lainnya. Jangan lupa subscribe dan like videonya ya kalau video tersebut bermanfaat.


Demikianlah tutorial cara menggambar pemandangan padang rumput sederhana yang dapat edutafsi bagikan. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dipahami bagi teman-teman yang sedang belajar menggambar. Jika konten ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.


Seluruh konten yang diterbitkan di edutafsi.com disusun oleh edutafsi dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.


Advertisements