CARA MENGGAMBAR PEMANDANGAN SAWAH DENGAN CAT OIL PASTELS

Posted by on 17 May 2018 - 9:44 AM

Edutafsi.com - Tutorial menggambar pemandangan sawah menggunakan cat oil pastels. Pemandangan merupakan salah satu objek lukisan yang paling sering digunakan. Begitupula halnya dengan kegiatan menggambar. Ketika menggambar, salah satu objek yang paling sering digambar adalah pemandangan. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membagikan cara menggambar pemandangan sawah menggunakan cat oil pastels. Cat oil pastels merupakan jenis crayon yang terbuat dari lilin dan pigmen warna yang dilengkapi dengan kandungan minyak sehingga lebih halus dibanding crayon jenis wax yang hanya terbuat dari lilin dan pigmen warna.

Kali ini, kita akan mencoba menggambar pemandangan sawah yang terdiri dari gunung, pepohonan, sawah, rumput, dan jalan seperti terlihat pada gambar di bawah. Gambar pemandangan ini sangat simpel dan mudah dibuat karena hanya terdiri dari beberapa bagian yang sederhana. Selain itu, bentuknya tidak rumit dan warna yang digunakan juga tidak terlalu banyak sehingga cukup mudah untuk diikuti khususnya untuk pemula yang baru belajar menggambar.

Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar pemandangan sawah ini antaralain kertas gambar (ukuran disesuaikan), cat oil pastels, pensil, pensil warna, spidol hitam, penghapus, dan kertas tisu. Pensil digunakan untuk membuat kerangka sedangkan pensil warna digunakan untuk memberi sentuhan akhir pada bagian-bagian yang sulit dijagkau oleh oil pastels. Warna yang digunakan untuk menggambar pemandangan sawah ini antaralain hijau (hijau muda dan hijau tua), kuning, cokelat (cokelat muda dan cokelat tua), abu-abu, dan biru.

Cara menggambar pemandangan menggunakan oil pastels

Secara garis besar, langkah-langkah untuk membuat gambar pemandangan sawah ini dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu membuat kerangka, mewarnai objek, dan memberikan sentuhan akhir untuk menyempurnakan gambar yang dihasilkan.

Langkah #1 : Membuat Kerangka
Langkah pertama adalah membuat kerangka gambar. Untuk membuat kerangka gambar, digunakan pensil 2B (atau pensil jenis lain yang anda miliki). Kerangka gambar dibuat berupa garis-garis halus dan tidak perlu terlalu terang karena hanya dibuat sebagai acuan saja dan akan dihapus setelah diperjelas dengan spidol.

Menggambar pemandangan untuk pemula

Setelah kerangka selesai, selanjutnya kerangka dapat ditebalkan menggunakan spidol hitam sehingga dihasilkan garis tepi untuk tiap-tiap bagian yang dibutuhkan. Lebih kurang hasilnya seperti gambar di atas. Pada gambar terlihat ada bagian yang tidak digarisi. Hal itu disengaja karena tidak terlalu dibutuhkan.

Baca juga : Cara Menggambar Bunga Melati Step by Step.

Langkah #2 : Mewarnai
Setelah garis tepi untuk setiap objek telah selesai diperjelas menggunakan spidol, maka langkah selanjutnya adalah mewarnai. Untuk mewarnai sebenarnya tidak ada aturan baku mana yang harus terlebih dahulu diawarnai karena biasanya itu tergantung pada teknik dan pribadi masing-masing.

Tahapan mewarnai pada tutorial ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Pertama-tama, diwarnai bagian daun tanaman atau daun pohon menggunakan warna hijau dan kuning. Teknik yang digunakan adalah teknik gradasi, yaitu dengan memberi warna hijau tua pada bagian bawah daun kemudian disusul warna hijau muda di bagian tengah dan atas, dan selanjutnya dilengkapi dengan warna kuning di bagian paling atas dan bagian-bagian lain yang masing kosong.

Cara menggambar pemandangan sawah

Setelah mewarnai daun, selanjutnya mewarnai gunung menggunakan warna biru muda dan abu-abu yang kemudian diblend (disapu) dengan menggunakan kertas tisu agar warnanya menyatu. Selanjutnya mewarnai batang pohon dengan menggunakan warna cokelat tua dan cokelat muda. Gunakan cokelat muda untuk mewarnai jalan dan tanah. Tekan cat dengan lembut lalu sapu menggunakan kertas tisu.

Kemudian, dengan menggunakan cokelat muda, berikan sapuan warna yang halus untuk mewarnai tanaman padi yang sudah menguning. Perjelas warna tanaman padi dengan warna kuning. Selanjutnya, gunakan warna hijau dan cokelat muda untuk memperjelas bagian-bagian tepi tanaman padi dan memberikan efek volume pada tanaman padi tersebut. Gerakkan cat dari atas ke bawah seperti membuat angka satu sehingga tanaman padi terlihat tegak.

Langkah #3 : Finishing
Langkah terakhir adalah penyempurnaan gambar, yaitu melengkapi warna pada bagian-bagian yang belum terkena cat secara sempurna. Pada tahap ini sebenarnya tidak harus menggunakan pensil warna tapi penggunaan pensil warna akan lebih memudahkan kita menjangkau bagian-bagian yang sulit dijangkau oleh cat oil pastels.

Menggambar pemandangan sawah simpel

Gunakan pensil warna yang sesuai dengan warna objek yang akan disempurnakan. Misalnya untuk menjangkau bagian-bagian sempit pada daun pohon, maka gunakan pensil warna hijau. Gunakan warna cokelat untuk memperjelas bagian tepi batang pohon dan sebagainya sehingga dihasilkan warna gambar yang lebih merata.

Demikian tutorial cara menggambar pemandangan sawah menggunakan cat oil pastels untuk pemula yang dapat edutafsi bagikan. Semoga tutorial ini bermanfaat buat teman-teman yang ingin belajar menggambar menggunakan oil pastels. Jangan lupa share ke teman-teman anda kalau artikel ini memang bermanfaat. Terimakasih.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.


Advertisements