CARA MENGGAMBAR KARTUN BAYI MERANGKAK STEP BY STEP

Posted by on 01 November 2018 - 3:13 AM

Edutafsi.com - Tutorial menggambar kartun karakter bayi lucu untuk pemula. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membagikan tutorial menggambar bayi merangkak step by step yang mudah untuk diikuti. Gambar kali ini terdiri dari sebuah karakter kartun yaitu bayi yang sedang merangkak. Objek bayi digambar dari bagian samping sehingga gambar yang dihasilkan merupakan gambar bayi merangkak tampak samping dengan bagian wajah menghadap ke depan. Tutorial ini sangat cocok untuk pemula karena mudah untuk diikuti. Dilengkapi dengan gambar pendukung, anda dapat melihat secara seksama tahap demi tahap pembuatannya. Selain itu, setiap gambar juga dilengkapi dengan ulasan keterangannya agar teman-teman bisa mengikuti setiap langkahnya dengan baik.

Proses pembuatan gambar bayi merangkak dalam tutorial ini dibuat menggunakan aplikasi komputer. Akan tetapi, pada kesempatan ini edutafsi akan memaparkan tahapan menggambar bayi merangkak ini secara umum sehingga dapat diterapkan untuk semua media atau alat yang digunakan khususnya untuk yang menggunakan kertas gambar dan alat gambar.

Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk menghasilkan gambar bayi merangkak seperti tutorial ini antara lain kertas gambar, pensil, penghapus, spidol, dan cat warna. Mula-mula, digunakan pensil untuk membuat bentuk dasar objek. Setelah dihasilkan bentuk yang tepat, selanjutnya diperjelas menggunakan spidol. Setelah diperjelas, digunakan penghapus untuk menghapus goresan pensil yang tidak perlu.

Untuk menggambar kartun bayi merangkak seperti gambar di bawah ini, edutafsi membagi tahapannya menjadi dua belas langkah. Langkah tersebut dapat teman-teman lihat pada gambar pendukung. Warna merah pada gambar keterangan merupakan garis atau bagian yang digambar pada langkah tersebut. Proses dimulai dengan pembuatan bagian kepala, badan, kaki, tangan, telinga, wajah, pewarnaan, hingga shading dan finishing.

Menggambar kartun bayi merangkak step by step

Langkah #1 : Menggambar Bentuk Dasar Kepala
Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah menggambar bentuk dasar kepala. Bentuk dasar ini akan mejadi patokan bagi kita dalam menggambar bentuk wajah dan badan. Untuk membuat bagian kepala, buatlah sebuah lingkaran besar seperti terlihat pada gambar satu. Gunakan pensil untuk menghasilkan lingkaran yang cukup persis.

Langkah #2 : Menggambar Bentuk Dasar Badan
Langkah selanjutnya adalah menggambar bentuk dasar badan. Bentuk dasar badan pada gambar kali ini adalah berupa lingkaran lonjong ke samping. Untuk menggambarnya, buatlah sebuah lingkaran yang dimulai dari bagian kiri bawah lingkaran kepala seperti terlihat pada gambar dua.

Langkah #3 : Menggambar Bentuk Dasar Kaki & Tangan
Tahap berikutnya adalah menggambar bentuk dasar kaki dan tangan. Pada tahap ini, buatlah sebuah lingkaran kecil di bagian kiri bawah lingkaran badan seperti terlihat pada gambar tiga. Lingkaran kecil ini merupakan bentuk dasar patokan untuk kaki. Kemudian buat lagi dua buah persegi yang berpotongan di salah satu ujung sisinya untuk bagian tangan.

Langkah #4 : Menggambar Telinga
Langkah keempat adalah menggambar telinga. Untuk menggambar telinga cukup mudah yaitu dengan membuat sebuah garis lengkung yang menyerupai huruf C di sisi kiri garis kepala dan garis lengkung seperti huruf C terbalik di sisi kanan garis kepala. Selanjutnya buat juga garis lengkung untuk bagian lekuk kuping seperti terlihat pada gambar empat.

Tutorial menggambar bayi merangkak lucu

Langkah #5 : Menggambar Bentuk Wajah
Langkah selanjutnya menggambar bentuk wajah. Untuk menggambar bentuk wajah, kita berpatokan pada lingkaran bentuk dasar kepala yang dibuat di langkah satu. Tariklah sebuah kurva lengkung mulai dari sisi telinga kanan hingga bertemu dengan garis telinga kiri seperti terlihat pada gambar lima.

Langkah #6 : Menyempurnakan Bentuk Badan
Selanjutnya adalah menyempurnakan bentuk badan. Pada tahap ini, dengan menggunakan pensil, tariklan garis lengkung sedemikian rupa mulai dari garis bentuk wajah hingga ke bagian bokong. Perhatikan pada bagian bokong, bentuk kurvanya naik ke atas sehingga dihasilkan bentuk seperti gambar enam.

Belajar menggambar kartun bayi lucu

Langkah #7 : Menyempurnakan Bentuk Kaki
Langkah selanjutnya adalah menyepurnakan bentuk kaki. Pada bagian ini, buatlah kurva yang bentuknya menyerupai huruf W dan M untuk menghasilkan bentuk kaki. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar tujuh. Kurva dimulai dari bagian atas hingga bertemu dengan lingkaran dasar kaki yang dibuat di langkah sebelumnya.

Langkah #8 : Menggambar garis celana & melengkapi tangan
Berikunya adalah menggambar celana dan melengkapi bagian tangan. Untuk menggambar celana, cukup tarik sebuah garis lengkung dari bagian atas pinggang hingga bertemu dengan bagian paha atas. Selanjutnya lengkapi bagian tangan dengan cara menarik garis lengkung untuk memperbaiki bentuk lengan lalu kemudian buat kurva seperti huruf w untuk membentuk jari-jari tangan seperti terlihat pada gambar delapan.

Baca juga : Belajar Menggambar Singa Lucu.

Langkah #9 : Menghapus bagian yang tidak perlu
Dari step delapan, kita sudah mendapat bentuk bayi yang diinginkan. Selanjutnya, gunakan spidol untuk memperjelas garis-garis objek (bentuk yang benar). Setelah selesai, gunakan penghapus untuk menghapus garis atau goresan pensil yang tidak diperlukan.

Langkah #10 : Menggambar Mata, Hidung, dan Mulut
Langkah selanjutnya adalah menggamar wajahnya. Pada bagian ini, kita menggambar mata, hidung, mulut, dan sedikit rambut kepalanya. Dengan menggunakan pensil, buatlah gambar mata, hidung, mulut, dan rambut seperti yang terlihat pada gambar sepuluh. Kemudian gunakan spidol untuk memperjelasnya.

Cara menggambar kartun bayi lucu

Langkah #11 : Mewarnai Gambar
Tahap selanjutnya adalah memberikan warna dasar pada gambar yang dihasilkan. Untuk tahap ini, edutafsi menggunakan warna hitam untuk mata, oranye pucat untuk kulit, hijau pucat untuk celana, dan merah untuk bagian mulut. Untuk pewarnaan, teman-teman dapat menyesuaikan warna sesuai selera masing-masing.

Langkah #12 : Membuat Shading
Nah, untuk tahap ini edutafsi menggunakan beberapa variasi warna untuk menghasilkan efek gelat terang pada gambar. Warna yang digunakan adalah warna gradasi dari warna dasar yang digunakan pada tahap sebelas. Dengan kombinasi warna tersebut dihasilkan gambar seperti pada gambar dua belas.

Baca juga : Belajar Menggambar Anjing Lucu.

Demikian tutorial menggambar kartun bayi merangkak yang dapat edutafsi bagikan. Semoga tutorial singkat ini dapat membantu teman-teman khususnya yang sedang belajar menggambar karakter kartun. Jika tutorial ini anda rasa berguna, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia. Follow instagram kami untuk mendapatkan konten terbaru langsung dari sosial media kamu.


Buat teman-teman yang lebih suka belajar lewat media video, di atas juga sudah edutafsi lampirkan video tutorial menggambar kartun bayi merangkak yang dapat anda tonton. Teman-teman juga bisa mengunjungi channel youtube kita untuk melihat video belajar menggambar lainnya. Jangan lupa dukung kita ya dengan subscribe dan share video supaya edutafsi bisa terus menghadirkan konten pembelajaran yang mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.


Seluruh konten yang diterbitkan di edutafsi.com disusun oleh edutafsi dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.


Advertisements