CARA MENGGAMBAR KARTUN CHIBI COUPLE BERPELUKAN STEP BY STEP

Posted by on 26 October 2018 - 2:32 AM

Edutafsi.com - Cara menggambar kartun berpelukan lucu. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membagikan tutorial menggambar kartun step by step yang mudah untuk diikuti. Gambar kali ini terdiri dari dua karakter kartun yang saling berpelukan yaitu kartun chibi anak laki-laki dan kartun chibi anak perempuan. Keduanya digambar dari salah satu sisi sehingga gambar yang dihasilkan merupakan gambar tampak samping. Tutorial ini dilengkapi dengan gambar pendukung yang menunjukkan tahapan dalam proses pembuatannya agar lebih mudah dipahami. Selain itu, setiap gambar juga dilengkapi dengan ulasan keterangannya agar teman-teman bisa mengikuti setiap langkahnya dengan baik.

Gambar yang dihasilkan pada tutorial kali ini, edutafsi buat dengan menggunakan photoshop. Tujuannya adalah agar hasilnya lebih jelas. Tapi karena ini merupakan tutorial menggambar yang umum, maka teman-teman bisa menggunakan media dan alat apa saja untuk menggambar. Anda bisa menggunakan kertas atau kanvas dan alat gambar yang anda miliki di rumah.

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar kartun kawaii berpelukan ini antara kertas gambar, pensil untuk membuat pola dasar, spidol untuk memperjelas garis gambar yang sudah jadi, penghapus untuk menghapus bagian yang tidak perlu, dan cat warna untuk mewarnai gambar yang dihasilkan.

Untuk menggambar kartun chibi berpelukan seperti gambar di bawah ini, edutafsi membagi tahapannya menjadi dua belas langkah yang dapat teman-teman lihat pada gambar pendukung. Tahapan dimulai dari bagian kepala, badan, tangan, hingga ke tahap pewarnaan. Untuk jelasnya, simak ulasan mengenai langkah-langkah tersebut di bawah ini.

Tutorial menggambar kartun chibi couple step by step

Langkah #1 : Menggambar Kepala
Langkah pertama yang edutafsi lakukan pada tutorial ini adalah menggambar bagian kepala. Pada bagian ini, kita langsung membuat dua bentuk dasar kepala untuk kepala laki-laki dan kepala perempuan. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat dua buah lingkaran yang saling berpotongan seperti terlihat pada gambar step satu. Perhatikan bahwa lingkarannya tidak bulat sempurna melainkan agak lonjong ke samping.

Langkah #2 : Menggambar Wajah Kartun Laki-laki
Langkah selanjutnya adalah menggambar bentuk wajah dan baju bagian depan kartun laki-laki. Pada tahap ini, buatlah sebuah kurva yang menyerupai angka lima yang ditarik dari sisi depan lingkaran kepala laki-laki dan berujung di titik lingkaran bagian depan sehingga terlihat bentuk wajah tampak samping. Dengan cara yang sama buat kurva berbentuk angka lima tepat di bawahnya untuk membuat tubuh bagian depan laki-laki.

Langkah #3 : Menggambar Telinga
Tahap berikutnya adalah menggambar bagian telinga. Karena gambar berpelukan ini tampak samping, maka yang terlihat hanya sebelah telinga saja. Ada dua telinga yang akan digambar yaitu telinga laki-laki dan telinga perempuan. Untuk teliga laki-laki, gambar kurva menyerupai huruf c yang sedikit memotong garis lingkaran kepala perempuan, sedangkan untuk telinga yang perempuan gambar huruf c terbalik seperti terlihat pada gambar step tiga di bawah.

Langkah #4 : Menggambar Baju dan Celana Laki-laki
Langkah keempat dibuat gambar baju dan celana untuk kartun laki-laki. Pada tahap ini, buatlah kurva menyerupai huruf R yang diatrik mulai bagian bawah kepala (leher) hingga bertemu dengan kurva tubuh bagian depan yang sudah dibuat di langkah 2. Selanjutnya buatlah kurva melengkung dan lurus menyerupai sendok untuk bagian celana belakang dan kurva lengkung untuk bagian depan seperti terlihat pada gambar step empat.

Tutorial menggambar kartun chibi berpelukan step by step

Langkah #5 : Menggambar Rambut dan Mata
Langkah selanjutnya menggambar rambut untuk kartun laki-laki dan kartun perempuan serta mata untuk kartun laki-laki. Untuk bagian rambut, buatlah kurva menyerupai huruf W yang ditarik dari dekat titik perpotongan lingkaran bagian atas hingga bertemu dengan garis lingkaran yang ada di atas telinga. Untuk rambut permpuan buatlah rambut berbentuk kuncir. Sedangkan untuk mata pria, tarik garis pendek seperti terlihat pada gambar step lima.

Langkah #6 : Menggambar Tangan
Selanjutnya digambar bagian tangan. Untuk bagian tangan tariklah garis kurva horizontal hingga dihasilkan bentuk tangan yang diinginkan. Pada bagian ini, tangan kartun laki-laki berada di atas tubuh kartun perempuan sedangkan tangan kartun perempuan terletak di atas tubuh kartun laki-laki. Untuk jelasnya, perhatikan gambar pada step enam.

Cara menggambar kartun berpelukan step by step

Langkah #7 : Menggambar Baju dan Kaki Kartun Perempuan
Langkah selanjutnya kita gambar bagian baju dan kaki untuk kartun perempuan. Untuk bagian baju, tariklah garis miring dari garis tangan kartun laki-laki kemudian buat kurva menyerupai huruf U untuk bagian bawah bajunya. Selanjutnya tarik dua garis lengkung dari atas ke bawah untuk membuat gambar kaki kartun perempuan seperti terlihat pada gambar step tujuh.

Langkah #8 : Melengkapi bentuk tangan dan kaki
Berikunya adalah melengkapi atau menyempurnakan bentuk untuk bagian tangan dan kaki. Pada bagian tangan, buatlah kurva lengkung kecil yang menghubungkan garis atas dan garis bawah tangan sehingga dihasilkan bentuk tangan yang utuh. Untuk bagian kaki, buatlah kurva yang menghubungkan garis kiri dan kanan kaki sehingga dihasilkan bentuk sepatu.

Baca juga : Tutorial Menggambar Gedung Sekolah.

Langkah #9 : Melengkapi Bagian Kepala, Rambut, dan Telinga
Bagian kepala yang akan diperbaiki adalah kepala kartun laki-laki. Untuk bagian rambut, buatlah kurva menyerupai huruf W namun agak melengkung ke kanan. Garisnya dimulai dari bagian depan kepala hingga bertemu dengan garis rambut yang dibuat sebelumnya. Untuk rambut bagian belakang tarik garis menyerupai huruf L miring sedangkan untuk bagian telinga, buat entuk menyerupai huruf c seperti terlihat pada gambar step sembilan.

Langkah #10 : Menghapus Bagian yang Tidak Perlu
Sampai langkah sembilan kita sudah memperoleh bentuk kartun yang diinginkan. Selanjutnya adalah menghapus bagian-bagian yang tidak diperlukan. Bagian-bagian itu harus dihapus agar bentuk objeknya terlihat dengan jelas. Bagian-bagian yang dihapus terdapat di bagian kepala, wajah, rambut, bahu kartun laki-laki, tangan, dan celana. Pada tahap ini dihasilkan gambar seperti gambar sepuluh.

Menggambar kartun lucu step by step mudah

Langkah #11 : Mewarnai Gambar
Tahap selanjutnya adalah mewarnai gambar yang dihasilkan. Untuk tahap ini, teman-teman bebas mengekspresikan kreativitas teman-teman dalam memilih warna yang diinginkan. Pada tutorial ini, edutafsi memilih warna hitam pudar, merah bata, pink, biru donker, dan hitam sehingga dihasilkan gambar seperti yang terlihat pada gambar step sebelas.

Langkah #1 : Melengkapi Gambar
Nah, untuk tahap ini sebenarnya merupakan tahap opsional yang tidak diharuskan. Pada bagian ini, edutafsi melengkapi gambar dengan tenah tempat kartun berpijak dan sebuah background berbentuk hati untuk menghadirkan kesan cinta dan kasih sayang dalam gambar tersebut. Teman-teman bisa menambah gambar lain untuk melengkapi gambar ini misalnya bunga, lampu taman, bulan, dan sebagainya.

Baca juga : Cara Menggambar Pemandangan Bukit dan Sungai.

Demikian tutorial menggambar kartun kawaii berpelukan yang dapat edutafsi bagikan. Semoga tutorial singkat ini dapat membantu teman-teman khususnya yang sedang belajar menggambar karakter kartun. Jika tutorial ini anda rasa berguna, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia. Follow instagram kami untuk mendapatkan konten terbaru langsung dari sosial media kamu.


Buat teman-teman yang lebih suka belajar lewat media video, di atas juga sudah edutafsi lampirkan video tutorial menggambar kartun berpelukan yang dapat anda tonton. Teman-teman juga bisa mengunjungi channel youtube kita untuk melihat video belajar menggambar lainnya. Jangan lupa dukung kita ya dengan subscribe dan share video supaya edutafsi bisa terus menghadirkan konten pembelajaran yang mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.


Advertisements