CONTOH SOAL MOMENTUM MENENTUKAN IMPULS YANG DIHASILKAN

Posted by on 18 February 2019 - 10:45 AM

Edutafsi.com - Contoh soal dan pembahasan tentang momentum dan impuls, yaitu menentukan besar impuls yang dihasilkan. Contoh #6 : Sebuah bola yang bermassa 20 gram dilempar dengan mendatar dengan kecepatan 4 m/s ke kiri menuju dinding. Jika setelah membentur dinding, bola memantul dengan kecepatan 2 m/s ke kanan, maka besar impuls yang dihasilkan adalah .....
A. I = 0,04 N.s
B. I = 0,08 N.s
C. I = 0,12 N.s
D. I = 0,24 N.s
E. I = 0,36 N.s

Pembahasan :
Dik : m = 20 g = 0,02 kg, v = - 4m/s, v' = 2 m/s
Dit : I = .... ?

Untuk menyelesaikan soal ini, Sobat Tafsi harus memahami kembali konsep dasar momentum dan impuls serta hubungan keduanya.

Momentum adalah besaran yang menyatakan ukuran kesukaran suatu benda yang bergerak untuk dihentikan atau seberapa sukar benda dihentikan.

Semakin besar momentum suatu benda maka akan cenderung semakin sulit untuk dihentikan. Sebaliknya, semakin kecil momentumnya makin mudah dihentikan.

Secara matematis, momentum yang dimiliki oleh sebuah benda akan sama dengan hasil kali massa benda dengan kecepatannya.
p = m . v

Keterangan :
p = momentum benda (kg m/s)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan benda (m/s).

Impuls adalah besaran yang menyatakan perubahan momentun suatu benda. Oleh karena itu, momentum dan impuls merupakan besaran yang setara.

Secara matematis, besar impuls akan sama dengan besar perubahan momentum benda atau selisih momentum akhir dengan momentum awal benda.
I = Δp = p' - p
I = m (v' - v)

Keterangan :
I = besar impuls yang diahsilkan (N.s atau kg m/s)
p' = momentum benda setelah berubah (kg m/s)
p = momentum mula-mula benda (kg m/s)
m = massa benda (kg)
v' = kecepatan benda pada kondisi setelah (m/s)
v = kecepatan mula-mula benda (m/s).

Nah, seperti biasa dalam perhitungan momentum dan impuls yang melibatkan kecepatan, maka umumnya harus memperhatikan arah kecepatan.

Oleh karena itu, mari kita tinjau perjanjian tanda untuk kecepatan. Berikut ilustrasi untuk gerakan bola sebelum dan sesudah tumbukan.

contoh soal momentum dan impuls

Dari gambar di atas dapat Sobat Tafsi lihat bagaimana arah kecepatan bola sebelum dan sesudah menabrak dinding.

Sebelum membentur dinding, bola bergerak dengan kecepatan 4 m/s ke kiri, maka kecepatan awal bola kita sepakati bertanda negatif.

Setelah membentur dinding, bola memantul dengan kecepatan 2 m/s ke kanan, maka kecepatan akhir bola kita sepakati bertanda positif.

Dik : m = 20 g = 0,02 kg, v = - 4m/s, v' = 2 m/s
Dit : I = .... ?

Berdasarkan hubungan momentum dan impuls, maka:
⇒ I = m(v' - v)
⇒ I = 0,02 (2 - (-4))
⇒ I = 0,02 (6)
⇒ I = 0,12 N.s

Jadi, besar impuls yang dihasilkan adalah 0,12 N.s.
Jawaban : C

Demikian pembahasan contoh soal tentang momentum dan impuls, yaitu menentukan besar impuls yang dihasilkan dari peristiwa pemantulan bola oleh dinding.

Baca juga : Kumpulan Soal Momentum dan Impuls.

Jika pembahasan ini bermanfaat, bantu edutafsi membagikannya kepada teman-teman Kalian melalui share sosial media yang kalian punya.

Contoh Momentum No 7

  • Sebuah bola bermassa m1 begerak ke kanan dengan kecepatan 3 m/s dan bertabrakan dengan bola bermassa 1 kg yang bergerak dengan kecepatan 6 m/s ke kiri. Jika keduanya bertumbukan tak lenting sama sekali dan kecepatan setelah tumbukan sama dengan nol, maka nilai m1 sama dengan .....



Untuk pembahasan contoh soal lainnya tentang momentum dan impuls dapat Sobat lihat di menu contoh soal fisika atau melalui tombol contoh momentum dan impuls.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment