JENIS-JENIS GERAK LURUS

Posted by on 19 February 2019 - 9:09 AM

Edutafsi.com - Macam-macam gerak lurus. Gerak adalah proses berpindahnya suatu benda dari satu titik ke titik lain. Syarat utama benda dikatakan bergerak adalah adanya perubahan posisi benda terhadap titik acuan. Karena titik acuan bisa berbeda-beda, maka gerak benda bersifat relatif. Artinya, benda yang bergerak menurut acuan A belum tentu bergerak untuk acuan B. Salah satu jenis gerak yang umum adalah gerak lurus.

Sesuai dengan sebutannya, gerak lurus adalah gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus atau lintasan yang relatif lurus pada selang waktu tertentu.

Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa jenis gerak lurus yang perlu diketahui. Materi ini penting dikuasai karena akan dipelajari di tingkat sma.

Secara garis besar, gerak lurus dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, dan gerak lurus berubah tak teratur.

Tapi, untuk tingkat menengah pertama, biasanya yang akan dibahas hanya dua jenis gerak lurus, yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berbuah beraturan.

Apa perbedaan antara gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan? Mari kita lihat defenisi dan ciri-ciri dari amsing-masing jenis gerak tersebut.

#1 Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan adalah jenis gerak lurus yang kecepatanya selalu tetap di setiap saat. Dengan kata lain, kecepatan benda selalu konstan.

Karena kecepatannya konstan, maka kecepatan benda di setiap lintasannya akan sama dengan kecepatan mula-mula benda.

Jika sebuah benda bergerak lurus beraturan dengan kecepatan awal 10 m/s, maka pada detik ke-3 kecepatannya tetap 10 m/s.

Gerak lurus beraturan sebenarnya hanyalah seuah teori yang sangat jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kenapa?

Karena tidak mungkin benda terus bergerak dengan kecepatan yang sama dalam selang waktu yang panjang dan dalam arah yang tetap.

Pasti akan ada saat ketika kecepatan benda berubah (misalnya saat benda berhenti) atau karena benda bergerak ke arah berbeda sehingga arah kecepatan berubah.

Tapi bukan berarti gerak lurus beraturan tidak bisa dilakukan. Gerak lurus beraturan bisa dilakukan tapi dalam selang waktu tertentu saja.

Untuk gerak lurus beraturan, hubungan antara kecepatan, perpindahan, dan waktu dinyatakan dengan rumus berikut ini.
v = s/t

Keterangan :
v = kecepatan benda (m/s)
s = perpindahan benda (m/s)
t = waktu (s).

Dari ulasan di atas, maka berikut beberapa ciri-ciri gerak lurus beraturan:
1). Lintasan berupa garis lurus
2). Kecepatan benda konstan atau tetap
3). Benda tidak mengalami percepatan.

Kecepatan benda pada gerak lurus beraturan akan selalu konstan karena benda tidak mengalami percepatan atau perlambatan.

#2 Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Sesuai dengan namanya, gerak lurus berubah beraturan adalah jenis gerak lurus yang kecepatannya berubah secara teratur.

Apa maksud dari berubah secara teratur?

Kecepatan benda berubah secara teratur maksudnya setiap detiknya kecepatan benda bertambah atau berkurang dengan nilai yang sama.

Misalnya, setiap detik kecepatan benda bertambah 2 m/s atau misalnya setiap detik kecepatannya berkurang 1 m/s dan sebagainya.

Kenapa kecepatan benda berubah secara teratur?

Gerak lurus berubah beraturan akan terjadi jika benda mengalami percepatan konstan atau percepatan yang tetap setiap detiknya.

Dengan kata lain, kecepatan benda berubah secara teratur karena benda mengalami percepatan yang tetap.

Percepatan adalah perubahan kecepatan per satuan waktu. Secara matematis dihitung menggunakan rumus berikut ini.
a = vt - vo 
t

Keterangan :
a = percepatan benda (m/s2)
vt = kecepatan akhir benda (m/s)
vo = kecepatan awal benda (m/s)
t = waktu (s).

Nah, karena kecepatannya berubah secara teratur, maka rumus kecepatan pada gerak lurus beraturan tidak lagi berlaku.

Untuk gerak lurus berubah beraturan, hubungan kecepatan, perpindahan, dan waktu dinyatakan dengan persamaan rumus umum berikut ini.
vt = vo + at

Keterangan :
vt = kecepatan benda pada detik ke-t (m/s)
vo = kecepatan mula-mula benda (m/s)
a = percepatan atau perlambatan benda (m/s2)
t = waktu (s).

Percepatan yang dialami oleh benda bisa bertanda positif atau bertanda negatif.

Jika percepatan yang dialami benda bertanda positif, maka benda mengalami percepatan dan kecepatannya akan bertambah.

Sebaliknya, jika percepatan yang dialami benda bertanda negatif, maka benda mengalami perlambatan dan kecepatannya akan berkurang.

Gerak lurus yang mengalami percepatan konstan disebut GLBB dipercepat. Sedangkan gerak lurus yang mengalami perlambatan konstan disebut GLBB dieprlambat.

Nah, sekarang mari kita bandingkan GLB, GLBB dipercepat, dan GLBB dieprlambat berdasarkan grafik hubungan kecepatan terhadap waktu di bawah ini.

Grafik GLB dan GLBB

Pada gambar di atas, dapat Sobat Tafsi lihat adanya perubahan kecepatan selama proses gerak benda.

1). Dari titik A ke B
Ketika benda bergerak dari titik A ke titik B, kecepatannya berubah dari 0 menjadi 10 m/s. Itu artinya, kecepatan benda meningkat.

Karena kecepatannya meningkat secara teratur, maka gerak benda dari titik A ke titik B disebut gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

Coba perhatikan bentuk grafik dari titik A ke titik B. Garis grafiknya naik.

2). Dari titik B ke titik C
Ketika benda bergerak dari titik B ke titik C, kecepatannya konstan atau tetap yaitu sebesar 10 m/s. Jadi, pada tahap ini, benda tidak mengalami percepatan.

Karena tidak mengalami percepatan atau perlambatan (kecepatannya konstan), maka gerak lurusnya disebut gerak lurus beraturan (GLB).

Coba perhatikan bentuk grafik dari titik B ke titik C. Garisnya lurus mendatar.

3). Dari titik C ke titik D
Ketika benda bergerak dari titik C ke titik D, kecepatannya berubah dari 10 m/s menjadi 5 m/s. Artinya, kecepatan benda berkurang.

Karena kecepatannya menurun secara teratur, maka gerak benda dari titik C ke titik D disebut gerak lurus berubah beraturan diperlambat.

Coba perhatikan bentuk grafik dari titik C ke titik D. Garis grafiknya turun.

#3 Perbedaan GLB dan GLBB

Dari ulasan di atas, maka dapat kita simpulkan beberapa perbedaan antara gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.
NoGLBGLBB
1Kecepatannya konstanKecepatan berubah teratur
2Tidak mengalami percepatanMengalami percepatan konstan
3Grafiknya lurus mendatarGrafiknya lurus naik atau turun

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis gerak lurus yang dapat edutafsi bagikan. Semoga dapat membantu murid dalam proses belajar.

Jika bahan belajar ini bermanfaat, bantu edutafsi ya untuk membagikannya ke teman-teman Kalian melalui tombol share sosial media yang kalian punya.

Untuk bahan belajar fisika lainnya dapat Sobat Tafsi lihat di menu bahan belajar fisika atau melalui tombol fisika smp di bawah ini.

Kalau Sobat masih bingung atau belum paham mengenai jenis-jenis gerak lurus, bisa share pertanyaan kalian di komentar, kami akan coba jelaskan lagi.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment