TES KEPRIBADIAN INTROVERT

Posted by on 30 March 2019 - 7:11 AM

Introvert adalah tipe kepribadian yang cenderung melihat ke dalam dirinya sendiri sehingga mereka yang memiliki kepribadian intorvert cenderung tertutup dan tidak terlalu menyukai keramaian. Introvert umumnya sangat meninkmati kesendirian. Introvert merupakan satu dari tiga kepribadian yang umum. Selain introvert, ada juga kepribadian ektrovert dan ambivert.

Edutafsi.com - Tes kepribadian sederhana ini bertujuan untuk melihat kecenderungan seseorang apakah termasuk kepribadian yang introvert, ektrovert, atau justru ambivert.

Perlu diingat bahwa tes sederhana ini hanyalah menunjukkan kecenderungan berdasarkan ciri-ciri umum dari ketiga kepribadian tersebut. Jadi, bukan sebuah diagnosa ahli atau bersifat mutlak.

Pada tes ini ada sepuluh pernyataan yang masing-masing terdiri dari 3 tanggapan. Pilih jawaban Kamu dan periksa hasilnya di akhir tes, apakah Kamu introvert atau tidak.

Seberapa Introvert Kah Kamu?

Pernyataan #1 : Saya lebih suka mengekspresikan pemikiran saya lewat percakapan langsung daripada melalui tulisan atau pesan singkat.
A. Ya, berbicara langsung lebih baik
B. Biasanya
C. Tidak.

Pernyataan #2 : Buat saya, menghabiskan waktu di rumah sendirian adalah hal yang membosankan. Bagaimana bisa orang bertahan dalam kesendirian.
A. Ya, sudah pasti
B. Tergantung
C. Tidak juga.

Pernyataan #3 : Tinggal di sebuah pulau terpencil yang sepi dan tidak ada orang lain adalah ide yang mengerikan. Siapa yang mau tinggal di tempat seperti itu.
A. Ya, itu ide yang buruk
B. Tergantung pulaunya gimana
C. Tidak, itu ide yang bagus

Pernyataan #4 : Saat mengadakan pesta untuk merayakan sesuatu, saya lebih suka mengundang semua orang yang dapat saya ingat. Pesta harus dirayakan seramai mungkin.
A. Ya, saya mengundang semua teman
B. Tergantung acaranya
C. Tidak, hanya undang kerabat dekat.

Pernyataan #5 : Ketika berbicara dengan orang lain, saya cenderung mengutarakan apapun yang ada di benak saya. Terkadang tanpa berfikir terlebih dahulu.
A. Ya
B. Tergantung
C. Tidak.

Pernyataan #6 : Ketika berpergian ke luar rumah, saya cenderung merasa bersemangat dan senang. brkegiatan di luar rumah adalah hal yang seru.
A. Ya, daripada di rumah terus
B. Tergantung tujuannya
C. Tidak, di rumah lebih seru.

Pernyataan #7 : Kompetisi dan tantangan adalah hal yang menggairahkan dan membuat semangat. Saya sangat suka menghadapi pengalaman baru dalam hidup.
A. Ya, itu membuat saya lebih hidup
B. Tergantung tantangannya
C. Tidak, saya tidak suka tantangan

Pernyataan #8 : Di kehidupan saya, saya termasuk orang yang mudah mendapatkan teman baru, mudah bergaul, dan cenderung aktif berbicara.
A. Ya, itu saya banget.
B. Tergantung
C. Tidak. Saya cenderung sulit bergaul.

Pernyataan #9 : Saya begitu senang ketika hangout bersama teman-teman dan ketika tiba di rumah, saya merasa bersemangat untuk mengulang kesempatan itu lagi.
A. Ya, itu sangat menyenangkan
B. Tergantung
C. Tidak, itu melelahkan

Pernyataan #10 : Berada di tengah keramaian adalah hal yang seru dan menyenangkan daripada berdiam diri di rumah.
A. Ya, tentu
B. Tergantung keramaiannya
C. Tidak, suasan sepi lebih baik.

Hasil Tes Introvert

Jawaban Dominan A
Jika jawaban Kamu lebih banyak A, maka Kamu menunjukkan kecenderungan ekstrovert. Ekstrovert menyukai lingkungan yang interaktif, senang bergaul, antusias, spontan dalam berbicara, pandai mencairkan suasana, senang berinteraksi, dan tidak suka menyendiri.

Tes introvert, ekstrovert, atau ambivert

Jawaban Dominan B
Jika jawaban kamu lebih banyak B, maka Kamu cenderung ambivert. Ambivert merupakan tipe yang istimewa karena bisa introvert dan bisa pula ektrovert. Ambivert nyaman di tengah keramaian, tidak selalu diam, dan cenderung dapat menyesuaikan diri tergantung situasi dan kondisi.

Jawaban Dominan C
Nah, kalau jawaban Kamu lebih banyak C, maka Kamu menunjukkan kecenderungan introvert. Intrivert menyukai lingkungan yang tenang, tidak menyukai pembicaraan yang ringan, sulit bergaul, tidak suka berinteraksi, berfikir sebelum berbicara, dan suka menyendiri.

Gimana Sobat Tafsi? Apakah Kamu tergolong introvert? Share hasil Kamu di komentar ya.

Demikian tes kepribadian sederhana untuk melihat kecenderungan introvert seseorang yang dapat edutafsi bagikan. Semoga tese sederhana ini bermanfaat buat semuanya.

Dalam beberapa kasusu, mereka yang terlalu introvert terkadang menjuru pada gangguan kepribadian anti sosial atau merujuk ke arah sosiopat.

Kalau Sobat Tafsi merasa terlalu introvert sampai-sampai sangat tidak suka bertemu dengan orang lain, Kalian bisa coba tes di bawah ini untuk melihat apakah Kalian sosiopat atau bukan.

Baca juga : Seberapa Sosiopat Kah Kamu?

Dan seperti biasa, jika Kamu rasa konten ini bermanfaat, bantu kami untuk share ke teman-teman Kalian sebanyak-banyaknya melalui sosial media agar manfaatnya tidak terhenti di Kalian.

Dukung juga edutafsi di channel youtube, Tafsi Video. Ada video belajar menggambar, tutorial DIY kerajinan tangan, dan konten hiburan seperti tes kepribadian dan tes percintaan.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment