CARA MENGGAMBAR PEMANDANGAN PANTAI TROPIS

Posted by on 18 May 2019 - 9:09 AM

Dari sekian banyak objek yang dapat digambar, pemandangan pantai dan laut merupakan salah satu objek gambar yang paling digemari. Ketika diminta menggambar pemandangan, biasanya pemandangan pantai dan laut akan segera terlintas di benak kita. Karena kita tinggal di wilayah tropis, maka biasanya pohon kelapa adalah objek yang kerap hadir dalam gambar kita.

Nah, pada kesempatan ini edutafsi akan membagikan tutorial cara menggambar sebuah pemandangan pantai tropis yang simpel dan mudah untuk diikuti. Gambar ini hanya terdiri dari beberapa objek yaitu gunung, pepohonan, laut, langit, dan kapal nelayan.

Seperti yang dapat Sobat lihat pada thumbnail postingan ini, pemandangan ini merupakan pemandangan kedua (#02) yang digambar pada projek belajar menggambar pemandangan. Sebenarnya sebelumnya sudah ada beberapa tutorial menggambar pemandangan tapi kali ini merupakan projek baru yang related dengan video youtube kita.

Jadi, karena ada cukup banyak video tutorial menggambar pemandangan di channel kita "Tafsi Video", maka pembahasan tertulisnya akan disampaikan di blog ini. Penomoran pada thumbnailnya hanya ditujukan sebagai penanda bahwa gambar tersebut adalah bagian dari proyek belajar menggambar yang terbaru.

Intinya, seluruh konten belajar menggambar yang ada di blog ini sudah dilengkapi dengan konten video yang dapat ditonton langsung di channel youtube kita agar Sobat Tafsi bisa belajar lebih jelas mengenai tahap atau proses menggambarnya.

Alat dan Bahan

Edutafsi.com - Untuk alat dan bahan, kebetulan pada tutorial kali ini, digunakan pensil warna untuk mewarnai gambarnya. Tapi, kalau sobat lebih suka menggunakan oil pastels atau hanya memiliki oil pastels di rumah bisa juga digunakan dengan warna yang disesuaikan.

Cara mudah menggambar pemandangan pantai tropis

Adapun alat dan bahan yang digunakan antaralain:
1). Kertas gambar
2). Pensil 2B dan spidol hitam
3). Penghapus
4). Pensil warna.

Untuk media gambar, Sobat Tafsi bisa menggunakan buku gambar yang biasa digunakan di sekolah atau bisa juga membeli buku sketch khusus. Biasanya kertas sketch sedikit lebih tebal dan tidak selicin buku gambar biasa jadi lebih enak dipakai.

Tapi buat Kalian yang baru belajar dan sekedar latihan saja, bisa juga menggunakan kertas HVS yang biasa digunakan untuk mencetak dokumen atau pembuatan makalah. Kertas ini cukup enak juga dipakai menggambar dan yang terpenting, harganya juga lebih murah. Hehe.

Untuk pensil, sobat bebas menggunakan pensil merek apa saja tetapi usahakan pensilnya pensil 2B. Jangan menggunakan pensil 8B karena akan sulit dihapus. Sedangkan untuk spidol hitamnya, gunakan yang ada (merek apapun sama saja) dan kalau Kalian punya spidol warna (yang biasa untuk mewarnai) bisa juga pakai itu tapi yang warna hitam.

Selanjutnya kita juga butuh penghapus pensil yang digunakan untuk menghapus goresan pensil setelah gambar dipertebal dengan spidol. Buat kalian yang menggambar langsung menggunakan spidol bisa sediakan correction pen untuk berjaga-jaga kalau ada yang salah.

Nah, selanjutnya untuk mewarnai gambar kita gunakan pensil warna. Pada tutorial ini, edutafsi menggunakan pensil warna Faber Castell yang 24 warna. Saat pertama beli, harganya Rp 62.000,- kemungkinan saat ini sudah naik atau mungkin ada yang lebih murah.

Tapi karena pemandangan kali ini tidak menggunakan terlalu banyak warna dan warnanya termasuk warna-warna dasar, jadi sobat bisa juga menggunakan pensil warna yang 12 warna. Untuk merek, tidak harus faber castell, gunakan saja apa yang ada.

Baca juga : Menggambar Pemandangan Taman Bermain.

Menggambar dan Mewarnai Pemandangan

Seperti biasa, tahapan menggambar pemandangan kali ini juga akan kita bagi menjadi dua tahapan utama, yaitu tahapan membuat kerangka gambar (outline) dan tahap mewarnai gambar. Penjelasan masing-masing tahap dapat Sobat baca di bawah ini.

#1 Membuat Outline

Langkah pertama, seperti biasa kita buat outline atau kerangka gambarnya terlebih dahulu. Pada tahap ini kita bisa menggunakan pensil 2B dan spidol atau langsung menggunakan spidol saja.

Kalau Sobat Tafsi belum terbiasa menggambar dengan spidol, disarankan menggunakan pensil 2B terlebih dahulu. Setelah gambar selesai baru diperjelas menggunakan spidol. Tapi kalau sudah terbiasa menggunakan spidol, lebih baik pakai spidol langsung karena lebih hemat waktu.

Pada gambar di bawah ini dapat Sobat lihat bagaimana tahapan menggambar yang edutafsi lakukan mulai dari gambar 1 hingga gambar 4. Jadi, disarankan gambarlah objek yang berada paling depan supaya gambarnya lebih teratur.

Nah, pada gmbar pemandangan pantai kali ini, kebetulan pohon kelapa termasuk objek yang berada di depan jadi kita bisa menggambar pohon kelapa terlebih dahulu. Baru kemudian menggambar objek yang ada di belakang dan di bawahnya.

Cara menggambar pemandangan yang mudah

Untuk menggambar pohon kelapa edutafsi pertama-tama menggambar batangnya (biasanya dengan cara menarik dua garis lengkung dari atas ke bawah dan melebar di bagian bawah) seperti terlihat pada gambar 1.

Setelah batang selesai, tarik beberapa garis lengkung yang membentuk sudut tertentu terhadap batang pohon kelapa yang berfungsi sebagai tulang daun. Nah, tulang daun ini berguna untuk acuan menggambar daun kelapanya. (Kalau bingung, boleh lihat videonya di bawah).

Seetelah selesai menggambar pohon kelapa, selanjutnya tarik sebuah garis lurus dari kiri ke kanan sebagai garis batas antara pantai dengan gunung, dan laut dengan langit seperti terlihat pada gambar 2. Selanjutnya tambahkan juga rerumputan tepat di bawah pohon kelapa.

Setelah itu, gambarlah gunung yang tepat berada di belakang pohon kelapa. Di kaki gunung gambar pepohonan yang terlihat dari kejauhan. Untuk pepohonan, cukup buat kurva-kurva melengkung untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan. Pepohonan tidak harus sama bentuknya seperti pada contoh.

Pada gambar 3 langkah berikutnya adalah menggambar garis tepi laut dan kapal nelayan. Dan terakhir, gambar garis-garis lengkung seperti pada gambar 4 untuk membentuk bagian awan. Untuk bagian ini (membuat awan) sebenarnya lebih bagus dibuat menggunakan pensil warna saja tapi pada tutorial ini kebetulan digunakan spidol.

Baca juga : Cara Mudah Menggambar Pemandangan Air Terjun.

#2 Mewarnai Gambar

Setelah gambar selesai, tahap selanjutnya adalah mewarnai gambar. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kita menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar pemandangan kali ini. Warna yang dibutuhkan dapat Sobat lihat seperti pada hasil akhirnya.

Karena kita menggunakan pensil warna yang umumnya tidak mudah mengotori kertas, maka urutan mewarnai sebenarnya bebas-bebas saja. Terserah kita mau mewarnai bagian mana terlebih dahulu. Tapi kalau menggunakan oil pastels, disarankan mewarnai objek yang paling belakang terlebih dahulu supaya lebih mudah saat mewarnai objek di depannya.

Nah, pada gambar di bawah ini, daat Sobat Tafsi lihat bagaimana tahapan mewarnai yang edutafsi lakukan. Pertam, digunakan warna nila (indigo) untuk mewarnai gunung. Caranya goreskan secara halus ke seluruh bagian gunung, baru setelah itu tambahkan goresan yang lebih tebal di bagian tertentu seperti pada gambar 5.

Cara menggambar dan mewarnai pemandangan

Untuk pohon kelapa digunankan emat warna yaitu hijau tua, hijau muda, cokelat, dan cokelat tua. Hijau tua dan hijau muda digunakan untuk mewarnai daun sedangkan coketa tua dan cokelat untuk mewarnai bagian batang. Perhatikan bagian mana yang dibuat gelap dan bagian mana yang dibuat terang.

Selanjutnya, gunakan warna biru, hijau, dan hijau muda untuk mewarnai pepohonan yang berada di kaki gunung. Pertama, goreskan biru di bagian bawah pohon, hijau di bagian tengah pohon, dan hijau muda di bagian pucuk sehingga dihasilkan gradasi seperti gambar di atas. Untuk rumput digunakan hijau, hijau muda, dan kuning dengan teknik yang sama.

Pada gambar 6 dilanjutkan dengan mewarnai bagian pantai. Untuk pantai digunakan dua warna yaitu cokelat dan orange pucat. Gunakan cokelat di bagian yang ingin digelapkan dan orange pucat di bagian yang terang.

Selanjutnya, untuk air laut digunakan warna biru dan biru muda. Pada bagian air yang berdekatan dengan gunung, dibuat lebih gelap sehingga menghasilkan kesan bayangan gunung dan pepohonan seperti terlihat pada gambar 7. Untuk sampan nelayan, gunakan warna cokelat dan warna yang kalian suka untuk bagian layarnya.

Terkahir, gunakan warna biru muda dan biru untuk mewarnai bagian langit. Pertama buat goresan halus di bagian awan supaya warnaya tidak putih polos. Selanjutnya buat sebuah lingkaran di bagian tengah untuk membuat matahari.

Lingkaran tersebut jadi acuan kita untuk mewarnai bagian langit. Gunakan biru muda dan biru untuk mewarnai bagian langit dengan goresan yang bervariasi sehingga dihasilkan efek gelap terang seperti terlihat pada gambar 8.

Untuk bagian matahari, kebetulan pada tutorial ini bagian itu dibiarkan berwarna putih. Tapi kalau Sobat lebih suka diwarnai, bisa menggunakan warna kuning atau orange untuk mewarnai mataharinya.

Demikian tutorial singkat cara menggambar sebuah pemandangan pantai tropis yang dapat edutafsi bagikan. Semoga tutorial ini dapat membantu Sobat Tafsi sekalian yang memang sedang belajar menggambar pemandangan alam.

Untuk Sobat yang masih bingung atau tidak bisa mengikuti penjelasan di laman ini, Kalian bisa kunjungi channel tafsi video untuk menonton videonya secara langsung. Mungkin jika melihat video menggambarnya Kalian bisa lebih paham. Berikut link video untuk tutorial ini.

Tonton Video : Menggambar Pemandangan Pantai Tropis.

Jika konten di laman ini bermanfaat, bantu edutafsi ya untuk share ke teman-teman Kalian sebanyak-banyaknya supaya manfaatnya tidak terhenti di kalian saja.

Dan buat Sobat Tafsi yang senang menggambar, dukung channel youtube kita ya dengan klik tombol berlangganan karena dukungan dari Sobat semua akan sangat berarti buat kami. Terakhir, terimakasih sudah berkunjung dan selamat berkreasi.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment