CARA MUDAH MENGGAMBAR BUNGA MAWAR

Posted by on 17 May 2019 - 3:36 PM

Dari sekian banyak jenisk bunga yang ada di dunia ini, mawar merupakan salah satu yang paling populer dan banyak dibudidayakan. Tak hanya untuk skala industri, bunga mawar banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai hiasan untuk memperindah lingkungan rumah sekaligus memberikan aroma semerbak yang khas.

Bunga mawar memiliki warna yang beragam serta bentuk dan ukuran yang cukup bervariasi. Variasi ini tentu membuat mawar menjadi lebih istimewa. Selain itu, aromanya yang khas juga membuat bunga ini menjad dambaan banyak wanita.

Tapi, karena bentuknya yang agak rumit, bunga mawar terbilang susah untuk digambar. Nah, pada kesempatan kali ini, edutafsi mengajak Sobat semua untuk belajar bersama-sama cara menggambar bunga mawar yang simpel dan mudah.

Sesuai dengan judulnya, gambar bunga mawar kali ini sangat sederhana hanya terdiri dari setangkai bunga mawar kuning dengan beberapa helai daun yang terbilang cukup mudah untuk ditiru.

Alat dan Bahan

Edutafsi.com - Seperti yang dapat Kalian lihat pada gambar di bawah ini, pada tutorial belajar menggambar kali ini, kita menggunakan oil pastels untuk mewarnai bunga mawar. Warna yang digunakan tidak banya yaitu hanya menggunakan 5 warna saja.

Cara menggambar bunga mawar dengan oil pastels

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan pada tutorial kali ini antaralain:
1). Kertas gambar atau kertas sketch
2). Pensil 2B dan spidol hitam
3). Penghapus pensil
4). Oil pastels.

Untuk kertas, Sobat Tafsi bisa menggunakan buku gambar yang biasa Kalian gunakan di sekolah atau bisa juga menggunakan kertas sketch khusus yang biasanya lebih tebal dari buku gambar biasa.

Untuk latihan Kalian juga bisa menggunakan kertas HVS atau A4 yang biasa digunakan untuk mencetak dokumen (kertas untuk ngeprint). Kertas ini lebih murah dibanding kertas gambar.

Pensil 2B digunakan untuk membuat kerangka gambar. Sedangkan spidol hitam digunakan untuk mempertebal garis-garis gambar yang telah dibuat menggunakan pensil. Setelah gambar dipertebal, gunakan penghapus untuk menghapus garis-garis yang terbuat dari pensil.

Untuk mewarnai gambar, digunakan oil pastels. Pada tutorial ini, edutafsi menggunakan oil pastels merek Pentel yang 16 warna. Sobat Tafsi bisa menggunakan produk lain atau gunakan saja oil pastels yang tersedia di rumah Kalian.

Baca juga : Cara Menggambar Bunga Tulip.

Tahapan Menggambar Bunga Mawar

Jika alat dan bahan yang diperlukan sudah tersedia, kita sudah bisa langsung mulai belajar menggambar bunga mawar menggunakan oil pastels.

Adapun tahapan menggambar bunga mawar kali ini juga akan dibagi menjadi dua tahapan, yaitu tahap membuat kerangka gambar dan tahap mewarnai gambar.

#1 Membuat Outline

Langkah pertama adalah membuat outline atau kerangka gambar. Caranya, gunakan pensil 2B untuk membuat gambar bunga mawar yang terdiri dari bunga, tangkai, dan daun.

Setelah gambar setangkai bunga mawar selesai dibuat, selanjutnya digunakan spidol hitam untuk memperjelas garis-garis yang dibuat menggunakan pensil 2B.

Untuk Sobat Tafsi yang sudah terbiasa menggambar secara langsung menggunakan spidol, bisa juga langsung membuat outline gambar dengan spidol tanpa menggunakan pensil terlebih dahulu.

Pada gambar di bawah ini dapat Sobat Tafsi lihat bagaimana tahapan menggambar bunga mawar mulai dari gambar nomor 1 hingga gambar nomor 4. Kalian bisa ikuti step tersebut.

Pertama-tama, buat sebuah kurva lengkung kecil untuk bagian tengah bunga selanjutnya tarik kurva lengkung sedikit memanjang ke bawah sehingga dihasilkan bentuk seperti pada gambar 1. Perhatikan bahwa petal bunga mawar saling timpang tindih.

Selanjutnya, buat beberapa kurva lengkung lainnya sehingga dihasilkan beberapa helai mahkota bunga yang bertumpuk seperti terlihat pada gambar 2.

Cara menggambar bunga mawar

Setelah bentuk bunga dirasa cukup, maka langkah berikutnya adalah menggambar bagian batang. Tarik garis lengkung secara vertikal dari atas ke bawah (bagian bawah dibuat lebih besar dari bagian atas) sehingga dihasilkan batang seperti gambar 3.

Langkah terakhir, lengkapi gambar tersebut dengan beberapa helai daun. Untuk bagian daun, cobalah menggambar bagian tulang daunnya terlebih dahulu sehingga kita punya acuan untuk menggambar bagian daunnya. Perhatikan bagian tepi daun berbentuk zigzag kecil.

Baca juga : Cara Mudah Menggambar Bunga Matahari.

#2 Mewarnai Gambar

Jika gambar setangkai bunga mawar telah selesai dan dirasa sudah cukup, maka tahap berikutnya adalah mewarnai gambar tersebut menggunakan oil pastels. Buat Sobat Tafsi yang hanya menggunakan pensil warna bisa juga mewarnai dengan pensil warna menggunakan warna yang sesuai.

Pada gambar di bawah ini dapat Sobat lihat bagaimana tahapan mewarnai bunga mawar yang edutafsi lakukan mulai dari gambar nomor 5 hingga gambar nomor 8.

Pertama-tama, kita menggunakan warna kuning untuk warna dasar bunga. Sapukan oil pastels kuning ke seluruh bagian bunga sehingga dihasilkan warna seperti pada gambar 5.

Berikutnya, gunakan oil pastels warna orange untuk menghasilkan gradasi atau efek gelap terang pada bunga tersebut. Caranya, usapkan oil pastels orange ke bagian pangkal setiap helai petal sehingga dihasilkan gambar seperti gambar 6.

Menggambar dan mewarnai bunga mawar

Pada gambar 6 kita sudah selesai mewarnai bagian bunga, Selanjutnya gunakan warna hijau tua untuk mewarnai bagian batang. Sapukan oil pastels hijau pada bagian batang dan kelopak bunga secara merata, lebih kurang seperti gambar 7.

Langkah terakhir, gunakan warna hijau tua, hijau muda, dan sedikit biru untuk menghasilkan gradasi warna pada bagian daun. Biru dan hijau tua digunakan pada bagian batang dan tulang daun, sedangkan bagian daunnya menggunakan hijau muda.

Demikian tutorial singkat cara menggambar bunga mawar kuning yang simpel menggunakan oil pastels. Semoga tutorial ini bisa membantu Sobat Tafsi di rumah yang ingin belajar menggambar bunga mawar.

Buat Sobat Tafsi yang masih bingung atau tidak bisa mengikuti penjelasan pada laman ini, Kalian bisa menonton videonya secara langsung di channel kita melalui link di bawah ini. Barangkali dengan menonton videonya, Sobat Tafsi bisa lebih paham prosesnya.

Tonton Video : Cara Menggambar Bunga Mawar.

Seperti biasa, jika tutorial ini bermanfaat, bantu edutafsi ya untuk share ke teman-teman Kalian sebanyak-banyaknya, supaya manfaatnya gak berhenti di Kalian.

Oya, buat Sobat Tafsi yang merasa terbantu dengan konten-konten di blog ini, please dukung kita ya dengan berlangganan di channel youtube kita Tafsi Video supaya kita lebih semangat untuk buat konten-konten yang bermanfaat.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment