CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN PERSAMAAN TERMOKIMIA

Posted by on 29 September 2014 - 10:47 PM

Reaksi termokimia terdiri dari reaksi endoterm dan reaksi eksoterm. Reaksi endoterm menyerap kalor dari lingkungan sedangkan reaksi eksoterm melepas kalordari sistem ke lingkungan. Reaksi endoterm ditandai dengan harga entalpi positif sedangkan reaksi eksoterm ditandai dengan harga entalpi negatif.

Contoh :
Tuliskan persamaan termokimia untuk reaksi-reaksi di bawah ini :
  1. Reaksi pembentukan 1 mol H2O(g) melepaskan kalor sebesar 242 kJ
  2. Pada pembakaran 1 mol hidrokarbon C3H8(g) dibebaskan kalor sebesar 223 kJ
  3. Reaksi pembentukan 36 gram H2O(g) melepaskan kalor sebesar 484 kJ
  4. Entalpi pembentukan CO2(g) = -393,5 kJ/mol
  5. Pada pembakaran karbon dihasilkan 44 gram CO2(g) dan melepaskan kalor sebesar 393,5 kJ
Pembahasan :
  1. Reaksi pembentukan 1 mol H2O(g) merupakan reaksi eksoterm karena melepas kalor. Maka reaksi ini memiliki entalpi negatif. Persamaan termokimianya adalah sebagai berikut :
  2. Reaksi pembakaran hidrokarbon selalu menghasilkan karbondioksida dan uap air. Reaksi ini merupakan reaksi eksoterm sehingga entalpi bernilai negatif. Persamaan termokimiannya adalah sebagai berikut :


  3. Reaksi pembentukan 36 gram H2O(g) juga termasuk reaksi eksoterm karena melepaskan kalor. Oleh karena itu, entalpi reaksi ini juga bernilai negatif. Untuk mengetahui entalpi pembentukannya dapat dihitung seperti di bawah ini :
  4. Persamaan termokimia yang dimaksud merupakan reaksi pembentukan karbondioksida karena diketahui entalpi pembentukannya. 
  5. Reaksi pembakaran karbon menghasilkan karbondioksida dan melepaskan kalor. Oleh karena itu termasuk eksoterm dan entalpi negatif.


Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

Advertisements