MEMAHAMI HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA

Posted by on 10 October 2014 - 8:36 PM

Hukum Newton Tentang Gerak

Hukum Newton yang menganalisis tentang gerak terdiri dari 3 bagian yaitu :
  1. Hukum I Newton
  2. Hukum Newton yang pertama disebut juga hukum kelembaman. Menurut hukum ini, benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak lurus beraturan selama tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya.
     
    Karena tidak ada gaya yang bekerja dari luar, maka percepatan benda sama dengan nol. Jika percepatan benda sama dengan nol atau benda tidak mengalami percepatan, maka benda tidak mengalami perubahan kecepatan.

    Itu artinya, jika benda bergerak dengan kecepatan v, maka akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap sebesar v. Begitupula ketika benda diam atau tidak memiliki kecepatan, maka benda akan tetap diam.

    Dengan kata lain Hukum I Newton berlaku untuk benda diam dan benda bergerak lurus beraturan. Konsep ini harus kita ingat karena digunakan dalam berbagai topik fisika lainnya seperti usaha, momentum, dinamika partikel, dan kesetimbangan benda tegar.

    Ketika diberikan soal, maka akan sangat penting bagi kita untuk mengetahui hukum Newton manakah yang berlaku pada soal tersebut. Jika keliru, maka tentu perhitungan yang kita peroleh juga akan keliru.

    Contoh soal
    1. Tentukan besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada benda seperti gambar bila massa benda 10 kg. Pembahasan>>
    2. Tentukan besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada benda seperti gambar dengan massa benda 5 kg. Pembahasan>>
    3. Pada gambar diketahui massa benda 2 kg. Hitunglah gaya normal yang dilakukan dinding pada benda. Pembahasan>>

  3. Hukum II Newton
  4. Hukum Newton yang kedua menyatakan bahwa percepatan gerak yang dialami benda merupakan hasil bagi antara resultan gaya yang mengenai benda tersebut dengan massa total.


    Contoh soal :
    Sebuah benda bermassa 5 kg terletak di atas lantai. Bila benda ditarik oleh gaya sebesar 20 N searah bidang mendatar dan gaya gesekan yang menghambat gerak benda sebesar 2 N, hitunglah resultan gaya yang bekerja pada benda dan percepatan yang dialami benda. Pembahasan>>

  5. Hukum III Newton
  6. Hukum Newton ketiga menyatakan bahwa suatu benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya reaksi dengan besar yang sama namun arahnya berlawanan.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment