SUSUNAN KAPASITOR SERI PARALEL DAN KAPASITANSI PENGGANTI

Posted by on 23 December 2014 - 12:01 PM

Kapasitor adalah sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Kapasitor juga sering disebut sebagai kondensator. Kapasitor dapat berupa kapasitor elektrolit, kapasitor mika, kertas ataupun kapasitor keramik. Secara umum ada dua jenis kapasitor yaitu kapasitor keping sejajar dan kapasitor berupa bola konduktor. Kapasitor keping sejajar tersusun atas dua keping yang diletakkan berdekatan pada jarak tertentu.

Kemampuan kapasitor untuk menyimpan energi disebut kapasitas kapasitor. Kapasitansi kapasitor merupakan perbandingan antara banyaknya muatan listrik yang tersimpan dalam sebuah kapasitor dengan beda potensial yang timbul pada ujung-ujung kapasitor. Secara matematis dapat ditulis :

C = Q/V.

dengan :
C = kapasitansi kapasitor
Q = muatan listrik
V = beda potensial

Susunan Seri Kapasitor

Pada kapasitor, susunan seri berfungsi sebagai pembagi tegangan. Besarnya muatan total dalam susunan seri sama dengan besar muatan pada masing-masing kapasitor. Dengan begitu terdapat dua poin penting yang harus diperhatikan yaitu :
  1. Pembagi beda potensial Vtotal = V1 + V2 + V3.
  2. Besar muatan sama Qtotal = Q1 = Q2 = Q3.
Berdasarkan kedua poin di atas, maka besarnya kapasitansi pengganti atau kapasitansi total pada rangkaian seri kapasitor adalah :
Dari C = Q/V → V = Q/C
⇒ Vtotal = V1 + V2 + V3
⇒ Qtotal / Ctotal = Q1/C1 + Q2/C2 + Q3/C3
Karena Qtotal = Q1 = Q2 = Q3 = Q, maka persamaan di atas menjadi :
⇒ Q/Ctotal = Q/C1 + Q/C2 + Q/C3
Q/Ctotal = Q ( 1/C1 + 1/C2 + 1/C3)
⇒ 1/Ctotal = 1/C1 + 1/C2 + 1/C3.

Susunan Paralel Kapasitor

Pada kapasitor, susunan paralel berfungsi sebagai pembagi muatan. Besarnya muatan total dalam susunan paralel sama dengan jumlah besar muatan masing-masing kapasitor. Sedangkan beda potensialnya pada ujung-ujung setiap kapasitor sama. Dengan begitu terdapat dua poin penting yang harus diperhatikan yaitu :
  1. Beda potensial sama Vtotal = V1 = V2 = V3.
  2. Pembagi muatan Qtotal = Q1 + Q2 + Q3.

Susunan Kapasitor

susunan seri paralel kapasitor
Berdasarkan kedua poin di atas, maka besarnya kapasitansi pengganti atau kapasitansi total pada rangkaian paralel kapasitor adalah :
Dari C = Q/V  → Q = CV
⇒ Qtotal = Q1 + Q2 + Q3
⇒ Ctotal.Vtotal = C1.V1 + C2.V2 + C3.V3
Karena Vtotal = V1 = V2 = V3 = V, maka persamaan di atas menjadi :
⇒ Ctotal.V = C1.V + C2.V + C3.V
⇒ Ctotal.V = (C1 + C2 + C3) V
⇒ Ctotal = C1 + C2 + C3.



Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment