CARA AGAR DOKUMEN WORD TIDAK BISA DICOPY ATAU DIEDIT

Posted by on 11 January 2015 - 8:57 AM

Di era modern yang serba digital seperti sekarang ini, tersebarnya informasi dapat berlangsung dalam waktu yang sangat singkat. Berbagai informasi menarik dapat kita temukan dengan cukup mudah dengan menggunakan berbagai media.

Perkembangan yang serupa juga terlihat dalam dunia pendidikan di mana sistem pembelajaran sudah mulai berbasis internet. Ada kalanya seorang murid ditugaskan untuk mengirim tugas via email atau memiliki projek yang pada akhirnya memungkinkan terjadinya kegiatan meniru atau plagiat.

Beberapa orang setuju jika kegiatan copy paste sangat merugikan sebagian pihak yang telah bekerja keras untuk membuat suatu data atau informasi. Mungkin sebagian dari kita pernah merasa ragu untuk memposting suatu informasi seperti tugas, karya ilmiah, dan lain sebagainya karena takut data tersebut akan disalahgunakan. Apalagi, seringkali pelaku plagiat tidak menyertakan sumber sebagai bentuk apresiasi kepada penulis.

Ketika kita menggunakan MS Word sebagai media dalam mengerjakan suatu tugas atau projek dan harus dishare dalam bentuk itu, maka kita dapat melakukan antisipasi awal agar file yang kita upload dan dibaca oleh banyak orang tidak dapat dicopy ataupun diedit.

Dengan menonaktifkan fungsi copy dan edit dalam MS Word khusus untuk file yang diproteksi, maka kita dapat melindungi ide atau gagasan hasil kerja keras kita. Meskipun orang-orang yang memang berniat tidak baik masih dapat mengcopy informasi dengan cara mengetik ulang secara manual, setidaknya cara ini layak untuk dicoba.

Berikut ini cara agar dokumen word tidak dapat dicopy dan/atau diedit. Cara di bawah ini menggunakan MS Word 2013, namun pada dasarnya bisa diterapkan untuk versi di bawahnya karena hanya terdapat sedikit perbedaan saja.

Cara Mengunci Dokumen MS Word Agar tidak Bisa Dicopy

  1. Buka file atau dokumen word yang ingin diproteksi
  2. Pilih menu review
  3. Klik Protect Document > Restrict Formatting and Editing.


  4. Setelah task pane baru terbuka seperti gambar di bawah ini, pada bagian editing restrictions centang Allow only this type of editing in the document: kemudian pilih Filling in forms > Yes, Start Enforcing Protection.


  5. Masukkan dan konfirm password dan klik ok.


Catatan :
Sebaiknya anda mengingat password yang anda gunakan agar dapat mengedit dokumen tersebut suatu hari ketika dibutuhkan. Untuk mengedit dokumen yang kita proteksi, buka dokumen tersebut kemudian klik tombol Stop Protection yang berada di sebelah kanan bawah file. Masukkan password anda agar file dapat diedit kembali.

Demikianlah cara agar dokumen word tidak bisa dicopy ataupun diedit, semoga bermanfaat.



Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

Advertisements

4 comments :

  1. Thanks gan artikelnya :)
    Kereeen :)
    Ijin share http://pengobatanalamimustajab.com/pengobatan-herbal-gula-darah/

    ReplyDelete
  2. terimakasih informasinya gan
    http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-benjolan-di-paha/

    ReplyDelete
  3. nice artikelnya :)
    http://kedaijellygamatgoldg.com/

    ReplyDelete