CARA MEMBUAT DAFTAR (LIST) DENGAN SMARTART DI POWER POINT

Posted by on 13 January 2015 - 8:50 AM

Sesuai dengan namanya, power point merupakan salah satu program aplikasi Micsorsoft Office yang didesain khusus untuk merepresentasikan suatu informasi atau data dalam bentuk poin-poin penting saja. Oleh karena itu, menampilkan list atau daftar poin penting dari informasi atau data yang akan disampaikan merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan. Selain sederhana dan langsung pada poin pentingnya, daftar atau list yang tersedia dalam power point juga dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk membuat list dalam power point cukup mudah. Kita dapat memilih menu insert yang terletak di menu bar kemudian pada bagian pita menu (ribbon), pilih Smart Art maka akan tampil jendela baru yang menyediakan beberapa pilihan jenis Smar Art. Pada fitur tersebut tersedia beberapa jenis SmartArt Graphic seperti list, process, cycle, hierarchy, relationship, dan lain sebagainya.

Cara Membuat List dengan SmarArt

  1. Buka program aplikasi power point.
  2. Buka halaman kosong baru.
  3. Pada menu bar, pilih menu insert > SmartArt.

    cara membuat smart art list

  4. Pada jendela baru (task pane) yang tampil, pilih jenis smartart yang kita inginkan. Untuk membuat daftar, pilih List kemudian pilih jenis list yang kita inginkan. Terdapat beberapa bentuk list di antaranya basic block list, vertical box list, horizontal bullet list, grouped list, dan lain sebagainya. Pada contoh di bawah ini digunakan vertical chevron list. Sebagai tampilan default, biasanya hanya terdiri dari tiga daftar sebagai berikut.

    cara membuat list di power point

  5. Pada sebelah kiri list biasanya akan muncul kotak input untuk memasukkan teks sesuai dengan daftar yang ingin kita buat. Pada shape sebelah kiri biasanya dimasukkan angka (1,2,3) atau huruf (a,b,c) dan sebagainya sebagai urutan list.
  6. Untuk menambah jumlah shape, letakkan kursor pada salah satu kotak input, kemudian tekan enter. Jika yang kita tambah adalah jumlah urutan list, maka letakkan kursor pada kotak input yang menjorok ke luar. Selanjutnya, untuk menambahkan teks dalam urutan list yang baru, klik kotak teks isi kemudian klik kanan dan pilih edit text. Sebagai contoh, misal kita ingin membuat daftar list yang terdiri dari lima urutan maka enter dua kali pada kotak input urutan yang ketiga.

    cara membuat list daftar di power point

    Cara lain :
    Pada smartart tools, lihat pada ribbon bagian paling kiri, pilih add shape untuk menambah bentuk, dan pilih add bullet untuk menambah teks dan bullet.

  7. Ketika list diklik, maka menu smartart tools akan aktif. Menu tersebut terdiri dari dua menu yaitu design dan format. Pada design tersedia fitur-fitur yang dapat kita gunakan untuk mengubah layout, mengubah warna shape, add shape, add bullet dan lain sebagainya. Sedangkan pada menu format terdapat fitur-fitur yang dpaat dgunakan untuk mengubah model dan warna shape, mengubah gaya huruf, dan lain sebgainya. Sebagai contoh kita ingin mengubah gaya smartart, maka pilih menu desain dan pada bagian smartart style pilih model yang kita inginkan.

    cara membuat list di power point

  8. Untuk mengubah model dan warna shape, pilih menu format dan pada bagian shape style, pilih warna shape yang kita inginkan. Kita juga dapat menggunakan task pane format shape pada sebelah kanan untuk mengubah warna dan model shape sesuai keinginan.

    cara membuat list di power point

  9. Modifikasilah list sesuai keinginan anda. Berikut hasil akhir contoh list yang ditampilkan pada kesempatan ini.

    cara membuat list di power point
Demikianlah cara membuat daftra atau list dengan smartart di power point, semoga bermanfaat.



Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment