PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SENI RUPA (MURNI DAN TERAPAN)

Posted by on 12 January 2015 - 4:49 PM

Seni rupa merupakan cabang seni menghasilkan karya yang dapat ditangkap oleh mata dan dapat dirasakan dengan rabaan. Karya seni rupa tercipta dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan efek pencahayaan dengan acuan estetika. Seni rupa terdiri dari berbagai jenis tergantung pada sudut pandang tinjauannya.

Jika dilihat dari segi wujud dan bentuknya, maka seni rupa terdiri dari dua jenis yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Berdasarkan fungsinya, seni rupa terdiri dari dua jenis yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa murni adalah seni yang diciptakan semata-mata untuk dinikmati keindahannya dan seringkali sebagai kepuasan batin pembuatnya. Dengan kata lain, seni rupa murni lebih mengutamankan nilai estetika daripada nilai guna.

Seni rupa murni diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsinya oleh karena itu karya seni rupa murni cenderung lebih bebas dan memiliki nilai estetika yang tinggi misalnya lukisan dan kaligrafi. Tentu saja masalah estetika adalah suatu hal yang relatif.

Seni Rupa Terapan

Berbeda dengan seni rupa murni, seni rupa terapan lebih memperhatikan fungsinya. Seni rupa terapan merupakan seni yang diciptakan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Meski tidak terlalu memperhatikan nilai estetika dan mengutamakan nilai guna, seni terapan pada umumnya memiliki keindahan yang tidak kalah dari seni rupa murni.

Karena seni terapan mengutamakan nilai guna, maka seniman cenderung tidak bebas untuk mengekspresikan diri. Meski demikian, pembuatan karya seni terapan harus memperhatikan beberapa faktor yaitu keamanan, kenyamanan, nilai guna, dan juga estetika.

Contoh karya seni rupa terapan yang umum kita lihat adalah seni kriya, desain arsitektur, dan lain sebagainya. Berikut dua contoh seni rupa terapan.
  1. Seni arsitektur
    Desain arsitektur atau bangunan merupakan seni rupa terapan yang sangat mengutamakan nilai guna. Pada dasarnya seni bangunan merupakan bagian dari seni rupa, tetapi karena kekhususan yang dimilikinya seringkali seni bangunan dikelompokan tersendiri dalam seni arsitektur.

    Indonesia memiliki warisan peninggalan karya seni bangunan yang sangat banyak jumlah dan macamnya dan tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bentuk-bentuk bangunan tersebut dibuat berdasarkan ide atau gagasan yang bersumber dari kebudayaannya masing-masing.

  2. Seni kria
    Seni kria merupakan seni rupa terapan yang tercipta sebagai hasil kebudayaan fisik yang lahir karena adanya tantangan dari lingkungan dan diri kriawan.

    Seni kria diartikan sebagai hasil daya cipta manusia melalui keterampilan tangan untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya, serta umumnya dibuat dari bahan-bahan alam. Syarat pembuatan seni kria terdiri atas aspek kenyamanan, keluwesan dan keamanan serta keindahan.

    Karya seni kria memiliki karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh keterampilan dan kreativitas kriawan, materi, alat, fungsi dan teknik penciptaanya. Aspek-aspek tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

    Hasil-hasil utama seni kria Indonesia terdiri atas kria tekstil dan serat meliputi batik dan tenun, anyaman serta tumbuhan, kria bambu, kria gerabah dan tembikar (keramik) kria kayu, logam, kulit, kaca dan lain sebagainya.

Seni Rupa Murni

Seperti yang telah dijelaskan di atas, seni rupa murni cenderung mengutamakan nilai estetikanya. Akan tetapi, pada dasarnya seni rupa murni juga memiliki kegunaan dari segi hiburan yang mengutamakan keindahan.

Sumber : Dokumen pribadi

Berikut beberapa contoh seni rupa murni.
  1. Lukisan 
    Lukisan merupakan seni rupa murni dua dimensi yang dituangkan dalam media lukis (kanvas, kertas, dls) dengan menggunakan alat lukis seperti cat, pensil, dan lain sebagainya.

    Sumber : dokumen pribadi
    Lukisan merupakan salah satu karya seni rupa yang memiliki nilai jual tinggi karena nilai estetikanya. Tidak jarang kolektor lukisan rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit hanya untuk memiliki sebuah lukisan yang menarik perhatiannya.

  2. Patung
    Patung merupakan salah satu seni rupa murni tiga dimensi yang dibuat dengan teknik tertentu bergantung pada alat dan media yang digunakan. Ummunya patung dibuat dengan cara membentuk suatu objek dari bahan seperti batu alam, tanah, logam, dan lain sebagainya.

    Sumber : Malangart
    Karya seni patung merupakan salah satu karya seni yang banyak ditemukan di muka bumi ini. Banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah yang berbentuk patung menunjukkan bahwa seni patung telah ada sejak dulu dan merupakan sarana bagi seniman untuk mengekspresikan diri atau dengan tujuan tertentu.

  3. Grafis
    Konsep Grafis tidk jauh berbeda dengan lukisan. Merupakan seni rupa dua dimensi yang menggunakan teknik cetak baik konvensional maupun modern dengan memanfaatkan teknologi canggih. Desain grafis dapat berupa gambar, tulisan, atau gabungan keduanya.

    Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

    0 comments :

    Post a Comment