TIPS DAN TRIK MENINGKATKAN PENGHASILAN ADSENSE

Posted by on 18 January 2015 - 11:58 PM

Bagi sebagian besar blogger, adsense adalah separuh jiwanya dalam kegiatan blogging. Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya penghasilan tambahan dari adsense membuat seseorang menjadi begitu bersemangat untuk berbagi informasi dan mengupdate blognya setiap hari.

Tapi tidak jarang juga seseorang yang menjadi malas akibat performa adsense di blognya tidak sesuai harapan. Alhasil blog menjadi sepi artikel baru. Padahal agar tetap memiliki performa yang baik, blog harus senantiasa diupdate.

Jika anda merasakan hal semacam itu, berarti anda tidak sendirian. Sebelum kita melangkah jauh, ada baiknya kita mensyukuri sekecil apapun rezeki yang datang pada kita :). 

Meningkatkan Penghasilan Adsense

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa adsense dan pendapatan kita. Anda mungkin sudah membaca banyak tips dan trik dari berbagai sumber. Salah satu sumber yang sebaiknya tidak anda lupakan dalam mempelajari trik optimasi adsense adalah tim bantuan adsense.

Mereka adalah tim yang sudah berpengalaman di bidang adsense dan tips-tips yang mereka berikan didasarkan pada survey dan pengamatan. Meski demikian, pada kesempatan ini kami mencoba untuk berbagi tips dan trik yang kami rangkum dari berbagai sumber.
  1. Jaga kulaitas konten
    Menjaga kestabilan blog sangat diperlukan untuk meningkatkan trafik yang sangat berdampak terhadap penghasilan adsense. Jika anda ingin jumlah pengunjung anda senantiasa meningkat, maka anda harus menyediakan konten yang berkualitas. Akan lebih baik jika anda menghabiskan waktu yang relatif lebih lama untuk menghasilkan sebuah artikel original dan berkualitas, daripada menghasilkan banyak artikel baru dengan cara copy paste. Percayalah bahwa jika anda senantiasa menjaga kulaitas konten anda, maka pengunjung akan semakin yakin untuk menjadi pembaca setia blog anda. Meningkatnya jumlah pengunjung akan berdampak secara signifikan terhadap penghasilan adsense anda. Anda juga harus sebisa mungkin menghindari copy paste karena hal itu dapat menyebabkan turunnya (take down) performa adsense. Kenapa? Sebab artikel copy paste bertentangan dengan standar kulaitas yang ditetapkan pihak google.


  2. Maksimalkan penempatan iklan
    Anda mungkin sudah membaca banyak trik penempatan iklan adsense untuk meningkatkan penghasilan. Tidak jarang, tanpa anda sadari trik tersebut ternyata justru menyimpag dari peraturan yang ditetapkan. Oleh karena itu, sebaiknya anda memilih contoh penempatan iklan yang disarankan oleh tim adsense. Untuk melihat praktik terbaik penempatan iklan di halaman beranda dan halaman artikel, anda dapat membaca petunjuknya di bantuan adsense atau anda dapat membaca artikel tentang Penempatan iklan terbaik yang disarankan tim adsense di sini. Sebagai pemula dalam adsense, memang akan sedikit bingung dalam hal penempatan iklan termasuk pemilihan ukuran iklan yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan cara-cara yang disarankan yang dapat anda baca di bantuan adsense. Sesuatu yang disarankan memang tidak berarti selalu terbaik, akan tetapi bisa dipastikan jauh lebih baik daripada memaksakan kehendak untuk optimasi adsense dengan cara yang kita sendiri tidak yakin sesuai atau tidak.


  3. Selaraskan warna iklan dengan tema blog
    Tidak bisa dipungkiri, estetika mengambil bagian yang cukup besar dalam hal performa adsense. Warna adalah salah satu faktor yang menentukan tingkat daya tarik suatu iklan dalam blog anda. oleh karena itu, kombinasikanlah warna iklan anda dengan tema blog anda agar keduanya terlihat selaras dan tidak bertolakbelakang. Secara psikologis warna memainkan peranan yang penting dalam hal ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Maka dari itu, modifikasilah warna iklan anda semenarik mungkin sehingga mata pembaca tidak mengacuhkannya. Gunakanlah warna-warnah yang segar dan jelas.

    Dalam hal warna, tidak hanya iklan anda saja yang harus diatur sedemikian rupa. Anda juga harus memperhatikan warna blog anda. Hindarilah menggunakan template dengan warna yang gelap dan tidak fresh. Anda mungkin menginginkan agar blog anda terkesan klasik atau gotik dengan perpaduan warna yang cenderung gelap, akan tetapi sadarilah bahwa penggunaan warna yang terang dan fresh jauh lebih efektif untuk menarik perhatian pengunjung. Anda dapat belajar dari situs-situs yang memiliki peringkat tinggi di google, hampir semua situs-situs itu menggunakan warna yang fresh dan dinamis.


  4. Hindari hal-hal yang dilarang
    ketika kita begitu bersemangat dalam mengejar sesuatu, ada kalanya kita menjadi lupa diri. Tak jarang kita melakukan hal-hal yang pada dasarnya melanggar peraturan. Untuk menjaga hubungan kerja sama yang baik, hindarilah hal-hal yang dilarang oleh pihak adsense. Anda mungkin selalu aktif memeriksa laporan pelanggaran di akun adsense dan tidak menemukan adanya pelanggaran. Tapi satu hal yang harus anda ingat, bahwa laporan pelanggaran itu hanya jika pelanggaran anda teridentifikasi oleh sistem. Anda mungkin akan merasa aman saat pelanggaran anda tidak mendapat peringatan. Akan tetapi, percayalah bahwa google memiliki semua teknologi yang mereka butuhkan untuk memeriksa kecurangan-kecurangan dalam adsense. Oleh karena itu, lakukanlah upaya anda dengan cara yang benar. Ikuti cara-cara yang mereka sarankan dan sebisa mungkin hindari hal-hal yang melanggar peraturan.


  5. Optimasi kecepatan blog
    Kcepatan loading blog merupakan salah satu faktor yang berhubungan dengan jumlah pengunjung. Jika kecepatan loading blog anda cenderung lambat, maka tidak hanya pembaca akan menjadi malas dan bosan, mereka juga kemungkinan besar akan melewatkan iklan anda yang terletak di bagian atas karena iklan tersebut masih dalam proses loading. Hal semacam ini tentu akan mengurangi peluang anda dalam meningkatkan penghasilan adsense. Anda tentu sadar, bahwa adalah hal yang umum bila seorang pembaca meninggalkan sebuah blog dan mencari sumber lain hanya karena loading blog tersebut sangat lambat. Jika untuk membaca artikel saja pengunjung merasa tidak nyaman, bagaimana mereka akan merasa nyaman atau tertarik dengan kehadiran iklan.


  6. Mengusahakan High paying ads.
    High paying ads merupakan iklan yang relevan dengan blog dan memiliki nilai klik yang tinggi, Iklan semacam ini biasanya bisa anda dapatkan jika anda menulis artikel dalam bahasa inggris. Nilai klik yang tinggi merupakan salah satu alasan mengapa para webmaster mengusahakan untuk fokus mengolah blog atau situs dengan bahasa inggris. Selain itu, anda juga dapat mengontrol tampilan iklan yang memiliki nilai klik rendah. Pada akun adsense terdapat pengaturan untuk mengatur iklan apa yang tidak ingin anda tampilkan. Pada fitur itu anda dapat memasukkan link iklan yang memiliki nilai klik rendah agar tidak ditampilkan. Masalahnya, bagaimana untuk mengetahui hal tersebut? Well, untuk saat ini anda dapat mencari tahu tentang hal itu dari beberapa webmaster yang sudah berpengalaman di adsense.


  7. Gunakan metode ekstensifikasi
    Ekstensifiasi merupakan upaya meningkatkan penghasilan adsense dengan cara memperbanyak blog. Anda dapat menggunakan satu akun adsense untuk banyak blog anda. Ekstensifikasi merupakan cara yang cukup ampuh jika blog-blog yang anda kelolah memenuhi standar kualitas yang ditentukan. Bayangkan jika anda dapat mengolah beberapa blog dengan peringkat dan trafik yang bagus, maka tentu penghasilan adsense anda akan semakin meningkat. Cara ini cukup banyak diterapkan oleh para webmaster. Maka jangan heran jika anda melihat sebuah blog yang terlihat sepi pengunjung tapi dapat memasang adsense. Hal itu merupakan upaya untuk mengoptimalkan penghasilan adsense.


  8. Optimalkan dengan youtube.
    Youtube merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia. Dengan kata kunci yang tepat, anda dapat memanfaatkan youtube untuk meningkatkan penghasilan adsense anda. Dengan mengupload sebuah video menggunakan kata kunci yang potensial, anda dapat meningkatkan jumlah pengunjung dengan cepat. Melalui youtube anda dapat meraih potensi klik yang lebih besar dibandingkan lewat blog karena model konten youtube memungkinkan iklan anda terlihat dengan jelas oleh pengunjung, tidak seperti di blog yang terkadang tidak terbaca oleh pengunjung karena discroll down. Anda dapat membandingkan jumlah tampilan (pageviews) youtube dengan suatu blog, terdapat perbedaan yang signifikan, terlebih untuk sebuah video yang fenomenal.

Demikianlah beberapa tips meningkatkan penghasilan adsense, semoga bermanfaat. Hal yang paling penting dari semua tips di atas adalah kesabaran. Percayalah bahwa tidak ada sesuatu yang besar tanpa perjuangan. Dengan bersabar dan selalu bersyukur, maka sekecil apapun yang datang akan terasa indah.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment