JENIS-JENIS PROTEIN, SUMBER, DAN MANFAATNYA

Posted by on 17 April 2015 - 6:30 PM

Protein merupakan molekul organik yang mengandung unsur karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Protein merupakan komponen terbesar yang ada di dalam tubuh kita setelah air. Dilihat dari unsur yang dikandungnya, senyawa protein hampir sama dengan karbohidrat dan lemak. Protein adalah senyawa majemuk yang dapat dirombak menjadi asam amino. Ketika asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi dari asupan karbohidrat, maka protein akan menggantikan peran karbohidrat sebagai cadangan energi bagi tubuh. Itulah sebabnya mengapa kinerja protein kurang optimal jika asupan karbohidrat yang dibutuhkan tidak mencukupi. Agar sehat tentu diperlukan asupan karbohidrat dan protein dalam jumlah yang seimbang.

Terdapat dua jenis asam amino yaitu :
  1. Asam amino esensial
    Asam amino esensial atau asam amino indispinsible merupakan asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sehingga harus diperoleh dari makanan. Asam amino esensial sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan.

    Setiap hari kita memerlukan asupan asam amino yang cukup. Kekurangan asam amino esensial dapat menyebabkan busung lapar. Yang termasuk asam amino esensial antara lain: eucine, isoleucine, valine, lysine, threonine, tryptophan, methionine, phenylalanine, dan histidine.

  2. Asam amino nonesensial
    Asam amino nonesensial meruapakan asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh manusia sehingga tidak harus memperoleh asupan asam amino dari makanan. Asam amino esensial sering juga disebut sebagai asam amino dispensible.

    Terdapat sepuluh asam amino nonesensial yang bisa dibentuk oleh tubuh manusia. Yang termasuk asam amino nonesensial antara lain: alanin, asam aspartat, sistein, asparin, asam glutamat, glisin, glutamin, serin, dan tirosin.
Baca juga : Jenis-jenis Mineral dan Manfaat Air Bagi Tubuh.

Berdasarkan sumbernya, protein dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  1. Protein Hewani
    Protein merupakan protein yang berasal dari hewan. Protein hewani merupakan protein kelas I karena semua asam amino esensial terdapat pada protein hewani. Meski demikian, protein hewani cenderung mengandung lemak yang tidak sehat karena mengandung kolesterol jahat. Protein hewani dapat kita peroleh dari telur, ikan, daging, dan susu.

  2. Protein Nabati
    Protein nabati merupakan protein yang berasal dari tumbuhan. Protein nabati mengandung asam amino yang kurang lengkap dibandingkan protein hewani akan tetapi sumber protein nabati mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Protein nabati dapat kita jumpai pada kacang-kacangan, tempe, tahu dan sebagainya.

Fungsi Protein


Protein memiliki beberapa fungsi yang penting bagi tubuh, yaitu :
  1. Sebagai zat tenaga atau sumber energi cadangan yang akan memenuhi kebutuhan energi jika asupan energi yang berasal dari karboidrat dan lemak tidak mencukupi.
  2. Sebagai zat pembangun yaitu membentuk sel-sel baru dan memelihara jaringan tubuh. Protein sangat penting pada masa pertumbuhan, proses penyembuhan, regenerasi kulit, dan pertumbuhan rambut.
  3. Sebagai zat pengatur yaitu berperan dalam mengatur metabolisme tubuh baik secara langsung maupun tidak langsung misalnya mengatur proses pencernaan dan membentuk zat antibodi.
Baca juga : Jenis Gerak Pada Tumbuhan Beserta Contohnya.


Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment