MEMPERBESAR PELUANG LULUS KE PTN FAVORIT

Posted by on 04 April 2015 - 6:52 AM

Lulus ke PTN merupakan impian banyak orang. Meskipun saat ini biaya perkuliahan di peguruan tinggi negeri juga tidak murah, setidaknya PTN masih menjadi target banyak orang.
  1. Bijak Memilih Jurusan
  2. Menangkan SNMPTN
  3. Menaklukan SBMPTN
  4. PTN Favorit di Indonesia
  5. Jurusan Favorit
Meskipun sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang diterapkan beberapa tahun terakhir ini seringkali menimbulkan ketidakadilan, namun PTN masih menjadi harapan bagi banyak murid. Berikut beberapa alasan mengapa anda sebaiknya lulus di PTN :
  1. Lulus PTN mengubah nasib
    Tanpa anda sadari, kelulusan anda di PTN merupakan langkah awal perubahan nasib anda menjadi lebih baik. Banyak murid di Indonesia yang akhirnya tidak kuliah karena tidak lulus di PTN. Karena tidak kuliah, tentu mereka relatif lebih sulit memperoleh pekerjaan. Mereka mungkin akan bekerja di ladang, berjualan di kedai, membantu orangtua, dan sebagainya. Akan tetapi, ketika lulus di PTN maka anda dapat merancang masa depan anda sesuai keinginan. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak perubahan yang akan terjadi begitu anda masuk ke PTN.

  2. Biaya rata-rata relatif lebih murah dibanding PTS
    Meskipun saat ini banyak PTS menawarkan biaya kuliah yang terjangkau, akan tetapi biaya rata-rata PTN masih ralatif lebih murah dibanding PTS. Biaya kuliah pertahun di beberapa PTS dapat digunakan untuk biaya kuliah beberapa tahun di PTN.

  3. PTN lebih bergengsi
    Lulus di PTN tentu lebih bergengsi karena persaingan untuk masuk ke PTN sangat ketat. Murid yang lulus ke PTN biasanya akan dianggap pintar dan lebih dibanggakan, terlebih jika anda lulus di PTN favorit yang bergengsi.

  4. Fasilitas dan kelengkapan akademis lebih terjamin
    Fasilitas dan kelengkapan akademis di PTN lebih terjamin karena pemerintah memiliki standar tersendiri. Pemerintah memiliki standar kualitas tertentu untuk meningkatkan sumber daya manusia dan menghasilkan lulusan-lulusan PTN yang berkompetensi.

  5. Tersedia banyak beasiswa
    Di PTN, peluang anda memperoleh beasiswa lebih besar karena tersedia lebih banyak beasiswa. Tidak hanya beasiswa BIDIK MISI, anda juga punya kesempatan lebih besar untuk memperoleh beasiswa PPA (Peneningkatan Prestasi Akademik) dan BBM. Yang perlu anda lakukan hanyalah belajar sungguh-sungguh agar indeks prestasi anda memenuhi syarat permohonan beasiswa.

  6. Akreditasi lebih jelas
    Akreditasi PT merupakan hal yang sangat penting kita perhatikan sebelum memilih perguruan tinggi. Umumnya PTN memiliki akreditasi yang baik sehingga dengan status Negeri dan akreditasi yang baik peluang kerja lulusan PTN relatif lebih besar.

peluang masuk PTN
 Di balik kelebihan tersebut, tentu ada satu hal yang menjadi tantangan bagi setiap murid yang ingin kuliah di PTN yaitu ketatnya persaingan. Setiap tahun persaingan ke PTN cenderung meningkat karena banyak murid yang gagal di tahun sebelumnya ikut bertarung. Tahun 2014, peluang lulusnya hanya sekitar 16%. Itu artinya hanya ada 16 peserta yang lulus dari 100 peserta yang mendaftar. Tahun ini peluang lulus mungkin akan semakin kecil mengingat semakin banyaknya jumlah peserta. Untuk itu, berikut ini kami sajikan beberapa tips memperbesar peluang lulus ke PTN favorit anda :
  1. Persiapkan diri dengan baik.
    Persiapan yang baik diawali dengan mengenali diri anda sendiri. Banyak murid yang begitu lulus SMA sama sekali tidak tahu mau kuliah di mana dan dengan jurusan apa. Hal semacam itu tentu mencerminkan betapa kurangnya persiapan mereka. Anda seharusnya sudah memikirkan secara matang mengenai minat dan bakat anda. Hal ini merupakan langkah pertama untuk menentukan pilihan anda di PTN. Anda harus ingat bahwa persaingan masuk PTN sangat ketat sehingga anda tidak bisa anggap remeh.

    Banyak murid yang pintar dan juara kelas di sekolahnya tapi tidak lulus di PTN. Hal itu terjadi bukan karena mereka bodoh, tetapi karena mereka tidak punya strategi. Seringkali kesombongan menjadi sumber kegagalan dalam diri kita. Oleh karena itu, untuk memperbesar peluang anda lulus ke PTN, persiapkanlah diri anda sebaik mungkin, kenali minat dan bakat anda dan pelajari strategi apa yang harus anda lakukan.

  2. Belajar cerdas setiap hari.
    Banyak orang mengatakan jika ingin lulus ke PTN anda harus belajar keras setiap hari. Salah besar !! Yang anda pelukan adalah belajar cerdas bukan belajar keras. Banyak orang belajar mati-matian setiap hari dari pagi hingga larut malam tapi tidak mengalami banyak kemajuan. Hal itu terjadi karena mereka hanya belajar, belajar, dan belajar tanpa memahami dengan seksama apa yang mereka pelajari. Pagi mereka belajar matematika ketika siang mereka sudah lupa topik yang mereka pelajari. Mereka memaksakan diri membahas semua topik hingga akhirnya hanya sedikit yang benar-benar mereka kuasai.

    Jika ingin sukses di SBMPTN, anda harus belajar cerdas. Dalam arti, cerdaslah dalam memanfaatkan waktu anda ketika belajar. Pahami dengan sungguh-sungguh topik yang sedang anda pelajari dan ulanglah terus-menerus sampai mahir. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menguasi semua topik. Akan lebih baik jika anda benar-benar memahami beberapa topik daripada hampir memahami semua topik. Cara yang cukup cerdas dalam belajar adalah memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Fokus dan konsentrasi.

    Selain belajar, anda juga memerlukan latihan untuk menguji kemampuan anda. Oleh karena itu, anda dapat mengikuti simulasi SBMPTN yang diadakan oleh beberapa bimbingan belajar untuk melihat sejauh mana passing grade anda. Ingat yang perlu anda lakukan adalah belajar dan berlatih. Anda tidak hanya harus menghafal rumus tapi juga harus tahu bagaimana mengaplikasikannya. Banyak orang hapal rumus-rumus yang diperlukan tetapi tidak dapat menjawab soal karena tidak tahu bagaimana menggunakannya. Hal itu terjadi tentu karena kurangnya latihan. Oleh karena itu cerdaslah dalam belajar, giatlah dalam latihan, dan kuasai model-model soal. Dengan banyak latihan, dengan sendirinya rumus-rumus akan terhapal. Sambil berlatih sambil menghapal.

  3. Kenali kelemahan anda.
    Poin berikut merupakan poin yang paling penting. Setelah mengikuti beberapa latihan dan simulasi, seharusnya anda sudah mampu mengenali kelemahan anda. Kenali bidang apa yang tidak anda kuasai. Karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi keberhasilan anda. Anda mungkin berminat di bidang kedokteran tapi ternyata anda lemah di biologi dan kimia. Jika anda sadar betul akan kelemahan tersebut, sebaiknya anda berusaha lebih giat untuk memperbaikinya. Jika kelemahan tersebut tidak mampu anda perbaiki, maka sebaiknya anda mempertimbangkan pilihan lain. Ingat bahwa persaingan sangat ketat. Lawan anda di luar sana adalah orang-orang yang mungkin sangat mahir di bidang yang belum sepenuhnya anda kuasai. Secara logika tentu anda akan tersingkir.

  4. Jangan terpaku pada tujuan besar.
    Jangan paksakan diri anda untuk mencapai target besar anda. Banyak peserta yang gagal masuk PTN karena mereka terpaku pada pilihan yang tidak dapat mereka raih. Sebenarnya, banyak peserta yang tidak begitu yakin akan kelulusannya tapi tetap nekat memilih jurusan yang passing gradenya tinggi. Hal itulah yang menyebabkan mereka gagal. Oleh karena itu, janganlah terpaku pada tujuan besar anda. Jadikan target tersebut penyemangat anda tapi persiapkan pilihan yang lain yang menjamin kelulusan anda. Jika anda seringkali tidak lulus saat mengikuti simulasi dan anda sadar betul batas kemampuan anda, lalu alasan apa yang membuat anda harus bertahan pada pilihan tersebut? Ingat ada kalanya kita harus menyesuaikan kemauan dengan isi kepala. Cerdaslah dalam menentukan pilihan. Jangan biarkan target besar menghalangi kesuksesan anda.

  5. Sediakan alternatif.
    Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa sebenarnya selalu ada pintu lain yang terbuka saat satu pintu yang kita tuju tertutup, hanya saja sebagian orang tetap terpaku pada pintu yang tertutup dan tidak melihat pintu lain yang terbuka lebar. Artinya, gunakan kesempatan dan peluang sebaik mungkin. Sekalipun anda yakin dengan pilihan anda, sediakanlah alternatif yang lebih pasti sebagai pilihan ketiga anda. Ingat, akan lebih baik jika anda sudah lulus di pendidikan Kimia Unimed daripada hampir lulus di kedokteran UI.

Demikian tips dan trik memperbesar peluang lulus ke PTN dari kami, semoga bermanfaat. Terus semangat, Good Luck!




Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment