CARA MENJAGA LUKISAN PENSIL AGAR TETAP AWET

Posted by on 14 May 2015 - 12:33 PM

Salah satu tantangan yang akan kita hadapi ketika menghasilkan suatu lukisan atau gambar dengan pensil adalah menjaga karya tersebut agar tetap awet. Seperti yang kita tahu penggunaan kertas sebagai medium merupakan pilihan yang cukup beresiko. Karakter kertas yang mudah rusak dan robek tentu menuntut kita harus ekstra hati-hati dalam menggunakannya. Tidaka hanya dalam proses menggambar, setelah jadipun kita harus tetap hati-hati. Jika anda adalah orang yang gemar menggambar atau menghasilkan lukisan pensil tentu anda berharap hasil kerja keras anda dapat dinikmati dalam waktu yang lama dan tidak hancur begitu saja. Terlebih jika karya yang anda hasilkan menyimpan memori tertentu yang tak ingin anda lupakan. Anda mungkin pernah merasa sangat jengkel ketika mendapati teman anda melihat-lihat karya anda tanpa perasaan dan membolak-balik karya anda seenaknya. Padahal, anda telah menghabiskan banyak waktu untuk menghasilkan karya tersebut.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan karya lukisan pensil tidak dapat bertahan lama, terlebih jika karya tersebut tidak disimpan dalam bingkai kaca. Faktor tersebut dapat berupa paparan sinar matahari, kelembapan, debu, binatang, atau bahkan manusia.

Lukisan pensil yang terkena sinar matahari secara terus menerus, lama-kelamaan akan memudar. Kandungan air atau kelembapan yang tidak sesuai dapat menyebabkan kertas lukis rusak. Debu yang betebangan di udara dan menempel pada karya lukisan juga dapat menyebabkan lukisan menjadi kusam.

Karena tidak semua orang begitu memperdulikan karya seni maka anda sendirilah yang harus mengupayakan keawetan karya anda. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga keawetan lukisan pensil :

Gunakan Fixative
Fixative merupakan bahan yang digunakan untuk mengawetkan karya lukisan. Bahan ini juga dapat anda terapkan pada lukisan pensil. Fixative dijual di pasaran dengan berbagai merek dan harga berkisar dari lima puluhan ribu hingga ratusan ribu. Bahan ini dijual dalam bentuk kaleng spray.

Alternatif lain selain fixative adalah clear pilox. Clear pilox relatif lebih murah dan memiliki fungsi yang sama seperti fixative hanya saja lebih berbau saat disemprotkan.

Penggunaan fixative dapat membuat warna lukisan anda menjadi lebih kontras. Selain itu, fixative juga dapat mengurangi efek pantulan cahaya (glare) yang dihasilkan oleh grafit pensil sehingga karya anda akan lebih mudah dinikmati. Fixative juga membuat kertas menjadi lebih kaku dan tidak gampang kusut.

Cara menggunakan fixative :
  1. Bersihkan lukisan anda dari debu atau kotoran lain.
  2. Kocok botol fixative dan periksalah terlebih dahulu bahwa penyemprot berfungsi dengan baik. Jika semprotan tersendat, maka akan timbul gumpalan pada kertas. Oleh karena itu pastikan nozzle tidak buntuh.
  3. Semprotkan fixative pada permukaan lukisan anda dari jarak 30 cm secara merata dan tipis. Taksirlah agar lukisan anda tidak terlalu basah agar kertas tidak kisut atau keriting.
  4. Setelah semprotan yang tipis telah kering, semprot kembali secara merata.
  5. Tunggu hingga mengering.

Letakkan lukisan di tempat yang benar
Simpanlah lukisan di tempat yang kondusif. Jauhkan lukisan dari paparan sinar matahari yang berlebih. Letakkan pada tempat yang kering dan tidak lembab. Tentu saja, jauhkan dari kemungkinan percikan air yang dapat menyebabkan lukisan anda luntur dan rusak.

pencil drawing
Source : dokumen pribadi

Gunakan bingkai kaca
Jika anda memutuskan untuk membingkai lukisan anda, gunakanlah penutup kaca. Jangan gunakan penutup plastik karena serbuk pensil akan cenderung menempel pada plastik sehingga dapat menimbulkan kerusakan pada lukisan anda. Jika anda tidak berniat untuk membingkaikan karya anda, maka sebaiknya anda tidak menggulungya karena hal itu rentan menimbulkan kerusakan.

Jaga kebersihan tangan
Langkah terakhir yang harus anda lakukan tentulah menjaga kebersihan tangan anda. Pastikan tangan anda bersih dan kering saat menyentuh lukisan. Selain itu, anda juga harus hati-hati dalam memegang karya anda karena seperti yang dibahas di atas, kertas sangat mudah rusak di tangan manusia.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.