INI YANG HARUS ANDA SIAPKAN JIKA KULIAH KE LUAR KOTA

Posted by on 23 May 2015 - 7:11 AM

Kuliah di luar kota terutama kota besar masih menjadi pilihan utama banyak orang. Selain karena mengejar status PTN, faktor kualitas menjadi alasan utama pilihan tersebut. Memang secara umum perguruan tinggi di kota besar memiliki sarana dan prasarana yang lebih unggul. Meski demikian anda tidak harus pergi ke luar kota jika memang di kabupaten anda ada universitas yang bisa anda andalkan. Jika anda memutuskan untuk kuliah di luar kota, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar kehidupan anda berjalan dengan baik.

Ketika nama kita terdaftar sebagai salah satu calon mahasiswa di sebuah universitas di sebuah kota besar, maka umumnya kita akan merasa sangat senang apalagi universitas tersebut adalah universitas negeri dan kita telah melewati pejuangan yang berat untuk meraihnya. Di samping euporia tersebut, maka kesibukan akan mulai mengikuti kita. Akan ada banyak hal yang harus kita urus dan adakalanya hal itu membuat kita merasa kuwalahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus kita persiapkan sebelum berangkat ke luar kota untuk melanjutkan pendidikan.
  1. Persiapkan Dana Yang Cukup

    Karena anda akan tinggal di tempat yang jauh dari orangtua, maka anda perlu mempersiapkan dana (walaupun secara teknis itu urusan orangtua). Memang, adakalanya orangtua jauh lebih berpengalaman tentang hidup di luar kota tapi kadangkala orangtua justru tidak tahu bagaimana kehidupan di kota karena memang tidak pernah tinggal di kota, sehingga mereka tidak tahu berapa kisaran biaya hidup di sana.


    Untuk itu ada baiknya anda sebagai calon mahasiswa pintar-pintarlah mencari informasi mengenai biaya hidup secara umum di kota tujuan anda. Tanyalah family, teman, pacar, atau siapapun yang bisa memberikan anda informasi. Diskusikan apa yang anda tahu dengan orangtua agar orangtua juga bisa mempersiapkan dana untuk anda. 

  2. Mencari Tempat Tinggal

    Hal berikutnya yang harus anda persiapkan adalah mencari tempat tinggal ataupun kos-kosan. Putuskanlah dimana anda akan tinggal, apakah tinggal bersama saudara atau tinggal di kos. Diskusikan itu secepatnya dengan orangtua anda. Jangan berfikir bahwa anda akan mencari tempat tinggal saat kegiatan perkuliahan dimulai. Carilah begitu anda tahu bahwa anda lulus sebab di tahun ajaran baru akan begitu banyak mahasiswa perantauan yang mencari kos sehingga jika anda tidak cepat, maka akan sulit mendapatkan tempat yang ideal (yang dekat dengan kampus).

    Jika anda punya saudara atau kakak yang sudah lebih dulu berkuliah di sana, maka mintalah mereka untuk mencarikan tempat tinggal terlebih dahulu sehingga ketika anda berangkat ke luar kota, anda sudah punya tujuan dan tempat tinggal. Kalaupun tidak ada, usahakanlah agar orangtua anda atau orang yang bisa membantu anda ikut mengantar anda ke luar kota agar anda punya teman mencari tempat tinggal. Kalaupun anda harus berangkat sendirian karena alasan tertentu, maka berhati-hatilah. Pintar-pintarlah beradaptasi dengan kehidupan kota.

  3. Kemas Perlengkapan Sesuai Kebutuhan

    Sebelum pergi tentu anda harus menyiapkan perlengkapan apa saja yang akan anda bawa. Kemaslah barang anda sesuai kebutuhan. Bawa perlengkapan yang memang anda butuhkan. Anda tidak perlu membawa semua barng kesayangan anda hingga anda terlihat seperti keluarga yang ingin pindahan. Percayalah, semakin praktis bawaan anda maka semakin mudah anda dalam perjalanan. Umumnya mahasiswa baru mengemas perlengkapan mereka dalam sebuah koper ukuran sedang dan sebuah tas yang mereka sandang. Hanya itu! Lagipula, seiring dengan bertambahnya waktu, barang-barang di kamar anda akan menumpuk dengan sendirinya tanpa anda sadari.

    Sangat penting menyesuaikan lingkungan kota tujuan anda dengan perlengkapan yang akan anda bawa. Jika kota tujuan anda cenderung dingin di malam hari maka persiapkanlah selimut tebal ataupun baju hangat. Jika memang kebutuhan anda bisa anda bawa dari rumah, bawalah sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih hanya untuk membeli barang tertentu yang sebenarnya sudah anda miliki. Percayalah, masih ada banyak hal yang akan menguras isi dompet anda.

  4. Siapkan Dokumen Penting

    Ini merupakan hal penting yang harus anda persiapkan. Ketika anda pergi ke luar kota, pastikan semua dokumen penting seperti ijazah atau surat keterangan lulus, rapor, kartu identitas, akte kelahiran, kartu keluarga, dan sebagainya yang akan anda butuhkan saat registrasi ulang di universitas sudah anda siapkan. Jangan sampai anda menjadi panik hanya karena salah satu syarat registrasi ternyata tertinggal di rumah. Untuk itu, bacalah dengan seksama daftar berkas yang harus anda bawa sebagai perlengkapan registrasi.

  5. Adaptasi Dengan Lingkungan

    Memang anda pasti dan harus bisa beradaptasi setelah anda tiba di kota tujuan anda. Tetapi anda juga harus beradaptasi begitu anda turun dari bus, kereta api, atau pesawat terbang. Ada begitu banyak kejahatan dan bentuk kriminalitas yang akan mengincar anda khususnya mahasiswa baru yang berasal dari luar kota (daerah).

    Sedari awal, ingatkanlah diri anda untuk tidak terlalu ramah dengan orang yang tidak anda kenal dan jangan terlalu lelap di perjalanan karena di dalam kendaraanpun kejahatan mengincar anda. Pastikan tas anda yang berisi barang penting tetap aman di tangan anda. Jangan biarkan orang lain merabah dan mengambilnya hanya karena anda terlalu pulas tidur.

    Ketika anda sampai di kota tujuan, maka waspadalah terhadap penipuan yang seringkali terjadi. Berikut beberapa motif penipuan dan kejahatan yang harus anda waspadai :
    1. Merampas tas anda dari tangan anda saat akan menyeberang atau menunggu kendaraan. Biasanya pelaku menggunakan sepeda motor dengan kecepatan tinggi sehingga anda tidak akan bisa berbuat apa-apa.
    2. Menanyakan tujuan anda atau menanyakan waktu kemudian menjatuhkan sebuah dompet berisi perhiasan imitasi. Pelaku akan bertingkah seolah-olah ia menemukan dompet itu kemudan berniat membaginya dengan anda. Pelaku kemudian berdalih agar anda memberikan uang anda terlebih dahulu dan menyerahkan dompet itu agar anda bisa menukarkannya ke toko perhiasan. Uang anda raib, perhiasan imitasi tak bisa menghibur anda.
    3. Berpura-pura menjadi pengemis atau orang yang tersesat dan kehilangan duit. Pelaku akan terlihat seperti orang yang tidak makan beberapa hari dan anda pasti kasihan melihatnya jika anda tidak tahu akal bulusnya. Oleh karena itu pintar-pintarlah melihat situasi. 
    4. Mendatangi anda dan mengajak anda berbicara agar pelaku dapat menghipnotis anda. Oleh karena itu sebisa mungkin jauhi orang-orang yang tidak anda kenal apalagi gerak-geriknya mencurigakan. 

    Masih ada banyak motif kejahatan yang mengincar anda para mahasiswa baru. Oleh karena itu berhati-hatilah. Ketika anda tiba di kota tujuan, bersikaplah natural, jangan tunjukkan wajah lugu anda sebab lugu itu masih satu ayah dengan bodoh dan jenis itu menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan. Waspadalah! Waspadalah!

  6. Persiapkan Mental dan Pertahanan Diri

    Hal terakhir yang tak kalah penting dan paling utama adalah siapkan mental dan pertahanan anda. Ketahuilah bahwa hidup di kota besar begitu banyak godaan yang akan menghampiri anda. Gaya hidup dan pergaulan bebas di sekitar anda bisa saja berdampak buruk bagi anda jika anda tidak punya pertahanan yang kuat. Intinya, pintar-pintarlah menjalani kehidupan anda sebagai mahasiswa. Jalani secara bijak dan tetap ingat orangtua di rumah untuk menyadarkan tujuan anda.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment