JENIS-JENIS CAT UNTUK MENGGAMBAR ATAU MELUKIS

Posted by on 13 May 2015 - 9:00 AM

Seiring dengan kemajuan zaman, alat dan bahan yang digunakan untuk menghasilkan karya seni rupa semakin berkembang termasuk cat. Tak hanya cat berbahan air atau minyak, kini para seniman juga memanfaatkan bahan lain sebagai cat. Seorang siswa menengah pertama dari kabupaten Labuhan Batu pernah memanfaatkan ekstrak buah kunyit, bunga kertas, dan daun singkong untuk menghasilkan sebuah lukisan. Ia membuat cat alami berbagai warna dengan memanfaatkan tumbuhan di sekitar rumahnya.

Penggunaan cat dalam kegiatan melukis atau menggambar tentu saja harus disesuaikan dengan medium yang digunakan dan tujuan kegiatan tersebut. Secara umum terdapat lima jenis cat yang biasa digunakan dalam kegiatan melukis.

Cat Air
Cat air merupakan cat berbahan dasar air atau menggunakan air sebagai bahan pengencernya. Cat air digunakan untuk melukis di atas kertas dengan bantuan kuas. Teknik yang biasa digunakan untuk melukis dengan cat air adalah teknik transparan.

Kelebihan dari cat air adalah cukup cepat mengering sehingga pengerjaan lukisan relatif lebih cepat. Akan tetapi, karena menggunakan air dan medium kertas, lukisan yang dihasilkan akan mudah rusak atau robek sehingga dibutuhkan kehati-hatian.

Cat air yang biasa kita jumpai di pasaran adalah cat air merek Guitar, Pentel, dan Osama. Harga cat air berkisar antara Rp 30.000,- hingga Rp 50.000,-. Di pasaran juga tersedia cat air dengan harga yang murah namun tentu saja dengan kualitas yang rendah.

Cat Minyak
Cat minyak merupakan cat lukis yang bebasis minyak. Cat ini menggunakan minyak sebagai bahan pengencer. Cat minyak termasuk jenis cat yang paling sering digunakan oleh pelukis profesional. Keuntungan dari cat minyak antaralain warna yang dihasilkan cenderung lebih tajam dan tahan lama.

Efek mengkilap yang dihasilkan juga memberikan keunikan tersendiri. Cat ini juga unggul untuk menghasilkan lukisan bergaya naturalis dan realist.

Ketika anda menggunakan cat minyak maka anda dapat menggunakan berbagai teknik seperti teknik transparant, opaque, teknik tekstur, dan sebagainya. Beberapa kelemahan dari cat minyak antara lain proses pengeringan yang lama sehingga proses melukis jadi relatif lebih lama, berbau tajam, dan kurang ramah lingkungan.

Harga cat minyak lebih mahal dibanding cai air. Itulah sebabnya banyak pelukis pemula lebih memilih cat air dibanding cat minyak. Merek cat minyak yang biasa digunakan antara lain Reviers, Marries, dan lain-lain.

Harga cat minyak berkisar antara Rp.100.000 hingga Rp 500.000,- perset warna dengan harga rata-rata untuk satu warna sekitar Rp 45.000,- sampai Rp 60.000,-. Pelukis profesional biasanya menggunakan cat minyak yang lebih mahal karena kualitasnya lebih bagus.

Cat Acrylic
Cat acrylic berbasis air dan cenderung lebih pekat dibanding cat air. Cat acrylic cocok digunakan pada medium kanvas, kayu atau styrofoam. Sebagian orang juga menggunakan kertas.

Cat ini cenderung cepat mengering. Teknik lukis yang dapat diterapkan untuk cat jenis hampir sama dengan cat minyak hanya saja cat akrylic kurang bagus untuk teknik transparant.

Salah satu kelemahan cat akrylic ialah warnanya rentan pudar jika terkena sinar matahari secara terus menerus. Sifatnya yang mudah mengering juga menyebabkan cat ini sulit digunakan untuk melukis dengan aliran naturalis atau realist. Kesan nyata akan cukup sulit diperoleh dibandingkan dengan cat minyak.

Cat Poster
Cat poster hampir sama dengan cat air, berbahan dasar air namun lebih pekat (opaque) dari cat air. Cat ini biasa digunakan pada medium kertas. Sama seperti cat air, cat poster juga cenderung cepat mengering.

Cat Tekstil
Cat tekstil biasanya digunakan untuk melukis di atas kain atau tekstil. Cat ini sangat cocok untuk membuat sepatu lukis, melukis T-shirt dan lain sebagainya. Cat ini menggunakan air sebagai bahan pengencer dan cenderung mudah mengering.
 
Tabel di bawah ini menjelaskan secara singkat kelima jenis cat tersebut.

Jenis CatBahan PengencerMedium
Cat airairkertas
Cat minyakminyakkanvas
Cat acrylicairkanvas, kayu, styrofoam
Cat posterairkertas
Cat tekstilairkain atau tekstil

Dari tabel di atas, kita sudah mendapat gambaran mengenai jenis-jenis cat berdasarkan bahan pengencer dan medium yang digunakan.

jenis-jenis cat melukis
Source : dokumen pribadi
Selain kelima cat di atas, masih banyak jenis cat yang dapat kita gunakan untuk kegiatan melukis atau menggambar. Cat-cat tersebut antara lain cat air dalam bentuk pena, pensil warna (cat kayu), crayon, pastel oil, pensil charcoal, dan sebagainya.



Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment