PROSPEK KERJA LULUSAN ILMU KOMUNIKASI

Posted by on 24 May 2015 - 3:25 PM

Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan kuliah peminatan ilmu sosial yang banyak diminati. Jurusan ini dipelajari di fakultas ilmu sosial dan politik (FISIP). Ilmu komunikasi bisa dikatakan gabungan antara seni dan kemampuan berkomunikasi. Ilmu komunikasi mempelajari tata cara berkomunikasi dan penggunaan berbagai media komunikasi sebagai sarana komunikasi dalam masyarakat. Ilmu komunikasi terdiri dari beberapa cabang atau konsentrasi diantaranya adalah broadcasting, jurnalistik, public relations, manajemen media, advertising, komunikasi bisnis, dan komunikasi massa.

Berikut beberapa cabang ilmu komunikasi yang banyak diminati :
  1. Konsentrasi Broadcasting

    Konsentrasi broadcasting bertujuan untuk menghasilkan lulusan profesional di bidang penyiaran atau reportase. Pada konsentrasi ini mahasiswa akan belajar berbagai ilmu broadcasting seperti tatacara penyiaran, pembuatan script, editing, teknik memimpin penyiaran (sutradara) dan sebagainya.

  2. Konsentrasi Jurnalistik

    Seiring dengan berkembangnya teknologi dan media komunikasi, konsentrasi jurnalistik semakin diminati. Pada konsentrasi ini, perkuliahan berfokus pada kemampuan mencari, menulis, mengolah, dan menyebarkan infomrasi. Mahasiswa akan diajarkan bagaimana caranya menjadi seorang jurnalis yang cerdas yang memiliki kemampuan untuk mengolah berbagai peristiwa menjadi sebuah informasi yang menarik dan layak untuk dibagikan ke masyarakat.

  3. Konsentrasi Public Relation

    Pada konsentrasi public relation, perkuliahan dititikberatkan kepada tata cara bekomunikasi yang efektif dengan orang lain agar dapat mengutarakan poin-poin penting yang akan disampaikan dengan cara yang benar dan menarik sehingga pesan tersebut dapat diterima dengan baik pula.

  4. Konsentrasi Manajemen Media

    Manajemen media atau manajemen komunikasi merupakan konsentrasi yang berfokus pada pengolaan media komunikasi dan pemasaran. Kajian manajemen media fokus pada corporate and mareketing communication. Manajemen Komunikasi bertujuan menghasilkan sarjana yang memiliki keterampilan dasar komunikasi, manajerial, aspek teoritis komunikasi, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, dan mampu mengaplikasikannya.

  5. Konsentrasi Advertising

    Konsentrasi advertising memfokuskan kajiannya pada bidang periklanan. Konsentrasi ini mempelajari tatacara penyampaian pesan melalui gambar, tulisan, video, animasi, dan sebagainya yang tujuannya untuk mempromosikan suatu produk atau gagasan tertentu. Konsentrasi advertising juga disebut ilmu komunikasi desain visual.

  6. Konsentrasi Komunikasi Bisnis

    Komunikasi bisnis merupakan perpaduan antara kemampuan komunikasi dan bisnis. Konsentrasi ini fokus pada penggunaan media dan kemampuan komunikasi sebagai penunjang bisnis untuk membangun citra dan mengembangkan suatu merek atau produk.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Komunikasi merupakan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa komunikasi interaksi antara masyarakat tidak akan terjadi dan kehidupan tidak akan berlangsung seperti sekarang ini. Oleh karena itu, orang yang ahli di bidang ilmu komunikasi banyak dibutuhkan di dunia kerja. Berikut beberpa prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan ilmu komunikasi :
  1. Public Relation Officer (Humas)
    Jika anda lulusan ilmu komunikasi khususnya konsentrasi public relation, maka anda akan berpeluang besar menjadi seorang public relation officer yang mewakili perusahaan tempat anda bekerja untuk mewujudkan hubungan harmonis dengan para klien dan menyampaikan gagasan-gagasan yang menarik dan benar agar reputasi perusahaan tetap terjaga di mata masyarakat.

  2. Jurnalis, Presenter, Announcer
    Jika anda adalah orang yang bercita-cita menjadi seorang jurnalis, maka berkuliah di jurusan ilmu komunikasi akan mewujudkan hal tersebut. Ambillah konsentrasi jurnalistik maka peluang anda untuk terjun di dunia jurnalis akan semakin besar. Lulusan jurnalistik dapat bekerja sbagai wartawan di media cetak, media online, atau televisi, presenter, announcer, kameramen, penulis script, maupun agen promosi kehumasan.

  3. Broadcaster
    Lulusan ilmu komunikasi khusunya di bidang broadcaster memiliki peluang yang besar untuk berkarir di dunia penyiaran. Anda dapat bekerja produser, sutradara, reporter, penyiar TV, penyiar radio, konsultan multimedia, pembuat film, dan sebagainya yang berhubungan dengan dunia penyiaran.

  4. Master of Ceremony
    Master of ceremony (MC) menjadi peluang kerja yang cukup bagus bagi lulusan ilmu komunikasi karena keahlian berkomunikasi yang dipelajari selama proses perkuliahan akan menjadi nilai lebih bagi lulusannya dibanding mereka yang belajar menjadi MC secara otodidak.

  5. Advertiser
    Jika anda kuliah di ilmu komunikasi konsentrasi advertising, maka berkarir sebagai advertiser merupakan pilihan karir yang menjanjikan. Seperti yang kita tahu, periklanan di dunia ini terus berkembang pesat dan setiap perusahaan ingin memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Sebagai teknisi periklanan anda dapat bekerja sebagai project leader advertising, copy writer, camera person, media planner, dan sebagainya.

  6. Event Organiser
    Salah satu peluang karir yang menjanjikan penghasilan fantastis adalah event organiser. Mereka yang kuliah di jurusan ilmu komunikasi umumnya akan mempelajari teknik-teknik komunikasi dan organisasi sehingga lulusannya cenderung memiliki keahlian untuk menghelat suatu event besar mulai dari konsep, proses, hingga keberlangsungan event tersebut.

  7. Marketing Communications
    Lulusan ilmu komunikasi bidang komunikasi bisnis memiliki peluang yang cukup besar untuk bekerja di perkantoran sebagai penyusun dan perancang strategi komunikasi pemasaran yang sesuai untuk perusahaan. Marketing communications menguasahakan agar pemasaran menjadi lebih menarik dan efektif berdasarkan ilmu komunikasi dan bisnis.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment