MENYELESAIKAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT DENGAN GRAFIK

Posted by on 26 May 2015 - 11:05 AM

  1. Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan x2 − 5x + 4 ≤ 0 adalah .....
    A. {x| 1 ≤ x ≤ 4, x ∈ R}
    B. {x| -1 ≤ x ≤ 4, x R}
    C. {x| -4 ≤ x ≤ 1, x R}
    B. {x| x ≤ 1 atau x ≥ 4}
    C. {x| x < 1 atau x > 4}

    Pembahasan :
    Untuk menjawab soal di atas dengan menggunakan grafis fungsi kuadrat, maka kita harus tahu bagaimana cara menggambar grafik fungsi kuadrat f(x) = x2 − 5x + 4. Jika anda masih belum mengerti cara menggambar grafi fungsi kuadrat, anda bisa membaca Cara Menggambar Grafik Fungsi kuadrat.

    Mencari HP dengan Grafik Fungsi kuadrat

    Berikut langkah-langkah menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan grafik fungsi kuadrat.
    1. Gambar sketsa grafik fungsi kuadrat f(x) =  ax2 + bx + c, kemudian cari titik potong terhadap sumbu x jika ada.
    2. Tentukan interval yang memenuhi pertidakamaan kuadrat berdasarkan sketsa grafik yang kita hasilkan di lagkah pertama. 

    Berdasarkan cara di atas, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengasumsikan x2 − 5x + 4 ≤ 0 sebagai fungsi kuadrat f(x) = x2 − 5x + 4. Setelah titik potong dan titik puncak grafik ditentukan, diperoleh grafik seperti berikut ini :

    grafik fungsi kuadrat
    Berdasarkan grafik di atas kita dapat menentukan interval yang memenuhi 4 macam pertidaksamaan sekaligus, yaitu :
    1. x2 − 5x + 4 ≤ 0
      Yang menjadi patokan kita adalah nilai y dan x. Untuk pertidaksamaan ≤ 0, maka perhatikan nilai y di bagian bawah (y ≤ 0). Dari gambar di atas jelas terlihat bahwa nilai y akan ≤ 0 jika nilai x berada antara 1 sampai 4 dengan 1 dan 4 termasuk di dalamnya.

      Dengan demikian, himpunan penyelesaian pertidaksamaan x2 − 5x + 4 ≤ 0, adalah :
      ⇒ HP = {x| 1 ≤ x ≤ 4, x R}

    2. x2 − 5x + 4 < 0
      Sama seperti nomor 1, yang harus kita perhatikan adalah nilai x yang menghasilkan y < 0. Nilai itu berada di antara 1 dan 4 tetapi tidak 1 dan 4 tidak termasuk di dalamnya.

      Dengan demikian, himpunan penyelesaian pertidaksamaan x2 − 5x + 4 ≤ 0, adalah :
      ⇒ HP = {x| 1 < x < 4, x R}

    3. x2 − 5x + 4 ≥ 0
      Untuk pertidaksamaan ≥ 0, maka yang harus kita perhatikan adalah interval nilai x yang akan menghasilkan nilai y positif (≥ 0). Dari gambar di atas jelas terlihat bahwa y akan bernilai positif jika nilai x lebih kecil dari 1 atau lebih besar dari 4. Karena pertidaksamaan lebih besar sama dengan (≥), maka 1 dan 4 juga termasuk himpunan penyelesaian.

      Dengan demikian, himpunan penyelesaian pertidaksamaan x2 − 5x + 4 ≥ 0, adalah :
      ⇒ HP = {x| x ≤ 1 atau x ≥ 4, x R}

    4. x2 − 5x + 4 > 0
      Untuk pertidaksamaan lebih besar dari (>), maka jawabannya akan sama dengan nomor 3 hanya saja 1 dan 4 tidak termasuk dalam himpunan penyelesaian.

      Dengan demikian, himpunan penyelesaian pertidaksamaan x2 − 5x + 4 ≥ 0, adalah :
      ⇒ HP = {x| x < 1 atau x > 4, x R}

    Kembali ke soal, kita diminta mencari HP untuk x2 − 5x + 4 ≤ 0, berarti sudah kita jawab pada bagian (a) di atas, yaitu HP = {x| 1 ≤ x ≤ 4, x R}.
    Jawaban : A

  2. Himpunan penyelesaian pertidaksamaan x2 − 6x + 9  ≥ 0 adalah .....
    A. {x| x R dan x ≠ 3}D. {x| x = -3}
    B. {x| x R}E. {x| x R dan x ≠ 9}
    C. {x| x = 3}

    Pembahasan :
    Dengan menggunaka sketsa grafik, maka kita asumsikanlah x2 − 6x + 9  ≥ 0 sebagai fungsi kuadrat f(x) = x2 − 6x + 9  yang jika digambar, grafiknya akan terlihat seperti di bawah ini :

    grafik fungsi kuadrat

    Berdasarkan sketsa grafik di atas, maka kita dapat menentukan himpunan penyelesaian untuk empat macam pertidaksamaan sebagai berikut :
    1. x2 − 6x + 9 ≤ 0
      Perhatikan nilai x yang menghasil y negatif. Dari gambar di atas jelas terlihat bahwa tidak ada nilai y negatif, dan hanya ada nilai y = 0 untuk x = 3. Dengan demikian, himpunan penyelesaian pertidaksamaan x2 − 6x + 9 ≤ 0, adalah :
      ⇒ HP = {x| x = 3}

    2. x2 − 6x + 9 < 0
      Seperti dijelaskan pada nomor 1, tidak ada nilai x yang menghasilkan y berharga negatif, sehingga himpunan penyelesaian untuk pertidaksamaan x2 − 6x + 9 < 0 adalah himpunan kosong, ditulis ∅.

    3. x2 − 6x + 9 ≥ 0
      Dari gambar di atas jelas terlihat bahwa y akan bernilai positif jika nilai x lebih kecil dari 3 atau lebih besar dari 3. Karena 3 juga termasuk ke dalam himpunan penyelesaian, maka himpunan penyelesaian pertidaksamaan x2 − 6x + 9 ≥ 0, adalah :
      ⇒ HP = {x| x R}

    4. x2 − 6x + 9 > 0
      Karena tanda pertidaksamaannya lebih besar dari (>), maka nilai 3 tidak temasuk ke dalam himpunan penyelesaian, sehingga himpunan penyelesaian pertidaksamaan x2 − 6x + 9 > 0, adalah :
      ⇒ HP = {x| x R dan x ≠ 3}

    Kembali ke soal, kita diminta mencari HP untuk x2 − 6x + 9 ≥ 0, berarti sudah kita jawab pada bagian (c) di atas, yaitu HP = {x| x R}.
    Jawaban : B

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment