PERBEDAAN ANTARA CAT CRAYON DAN CAT OIL PASTEL

Posted by on 17 May 2015 - 1:44 PM

Cat crayon dan oil pastel merupakan jenis cat yang tidak asing bagi mereka yang suka menggambar. Cat ini biasa digunakan oleh anak-anak di sekolah ketika pelajaran menggambar, orang dewasa di kelas seni hingga para profesional yang menjadikan seni rupa sebagai bidang keahliannya. Sekilas kedua cat ini terlihat sama dan seringkali orang-orang khususnya di Indonesia menempatkan kedua cat tersebut sebagai jenis cat yang sama. Ya, kedua cat ini memang terbuat dari lilin tetapi ada perbedaan yang mencolok antara keduanya. Perbedaan yang mendasar antara crayon dan oil pastel adalah terletak pada bahannya. Crayon merupakan cat yan terbuat dari lilin sementara oil pastel terbuat dari lilin dan minyak. Kandungan minyak yang terdapat di dalam oil pastel menjadikan keduanya memiliki karakter yang berbeda. Karena kandungan bahannya, cat crayon cocok digunakan anak-anak sedangkan oil pastel lebih cocok digunakan oleh remaja dan dewasa.

Kandungan yang berbeda menyebabkan komposisi warna yang dihasilkan cat crayon dan oil pastel juga berbeda. Selain itu, tekstur cat crayon dan oil pastel juga dapat kita bedakan dengan jelas. Berikut beberapa perbedaan antara keduanya selain bahan :

Tekstur
Cat crayon memiliki tekstur yang keras sedangkan oil pastel memiliki tekstur yang lembut dan berminyak. Karena cenderung keras dan kasar, akan relatif sulit untuk menghasilkan gambar yang halus dengan cat crayon.

Ketika crayon kita tekan untuk mewarnai suatu bidang, maka akan banyak lubang atau bagian-bagian kecil yang tidak terkena cat. Sebaliknya, karena lebih lembut dan berminyak, oil pastel lebih mudah menempel pada medium sehingga lebih mudah menghasilkan gambar yang halus.


Warna Yang Dihasilkan
Warna yang dihasilkan cat crayon cenderung lebih lembut dibandingkan oil pastel yang warnanya cerah. Ketika anda menggunakan cat crayon, maka akan cukup sulit untuk menghasilkan gradasi warna. Hal itu disebabkan oleh karakter cat crayon yang sulit untuk bercampur.

Dua warna cat crayon akan sangat sulit dicampurkan. Berbeda halnya dengan oil pastel. Cat pastel sangat mudah untuk dipadukan sehingga akan mudah menghasilkan gradasi warna yang kita inginkan. Warna yang dihasilkan oleh cat pastel cenderung lebih hidup dibandingkan crayon.


Medium
Cat pastel dapat digunakan pada berbagai medium seperti kertas, kayu, batu, kaca, logam, ataupun kanvas. Cat crayon cukup sulit diterapkan untuk banyak medium. Crayon biasanya hanya digunakan untuk menggambar di atas kertas.


Penggunaan
Dalam hal penggunaan, masing-masing cat memiliki kelebihan dan kekurangan. Cat crayon lebih unggul dalam menggambar objek rinci karena strukturnya yang keras dan bagian ujung yang dapat dilancipkan membuat cat crayon lebih mudah untuk digunakan. Akan tetapi, akan dibutuhkan tenaga atau dorongan yang lebih besar untuk mewarnai seluruh bidang karena banyak bagian yang tidak tekena cat.

Cat pastel lebih unggul untuk menghasilkan efek tiga dimensi, bayangan, dan gradasi. Penggunaannya juga cukup mudah dan lancar tanpa membutuhkan tekanan atau goresan yang berulang-ulang. Akan tetapi, bagi pemula yang masih belum mahir dalam memadukan warna akan mengalami kesulitan menggunakan pastel karena warna pastel sangat mudah menempel di kertas bahkan menempel di tangan sehingga akan lebih rentan kotor.

Pengguna
Cat crayon lebih cocok digunakan oleh anak-anak atau pemula yang masih dalam tahap belajar. Mereka yang profesional biasanya cenderung lebih suka menggunakan cat pastel karena karya yang dihasilkan dengan cat pastel cenderung lebih profesional dan lebih hidup dibanding karya yang dihasilkan dengan cat crayon.

bunga mawar dengan cat crayon
Source : dokumen pribadi

Berdasarkan penjabaran di atas, berikut tabel perbedaan antara cat crayon dan pastel.

PembedaCrayon Pastel
Bahan penyusunLilin (wax)Lilin (wax) dan minyak (oil)
TeksturKeras dan kasarLembut dan halus
Warna yang dihasilkanLembutLebih cerah
MediumKertasKertas, kayu, kaca, kanvas
PenggunaCocok untuk anak-anakCocok untuk remaja dan dewasa



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements