PROSPEK KERJA LULUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Posted by on 25 May 2015 - 1:13 PM

Jika anda adalah orang yang berminat dengan data dan segala hal yang berhubungan dengan komputer, maka teknik informatika bisa menjadi pilihan yang bagus bagi anda untuk menggeluti dunia komputer ketika melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Teknik informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu yang mengkaji dan menangani permasalahan transformasi dan pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer berdasarkan logika pemrograman. Jika anda memilih teknik informatika, maka anda akan belajar mengenai pemrograman dan komputasi data, rekayasa perangkat lunak, dan teknologi jaringan komputer.

Teknik Informatika termasuk bidang atau jurusan yang paling diminati di Indonesia. Apalagi perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih membuat banyak murid tertarik dengan disiplin ilmu tersebut. Banyaknya jumlah peminat juga didukung dengan besarnya peluang kerja bagi lulusan teknik informatika. Ketika kuliah di bidang teknik informatika, maka kemampuan teori dan praktik anda akan dilatih sehingga diharapkan anda tidak hanya menguasai teori saja tetapi juga selaras dengan kemampuan praktik anda. Jika anda berminat, berikut beberapa bidang ilmu dalam teknik informatika :
  1. Sistem Informasi

    Sistem informasi merupakan jurusan yang berkonsentrasi pada perancangan, dan pengoperasian sistem informasi khusunya dalam bentuk perangkat lunak. Mahasiswa akan mempelajari konsep dan kerangka sistem informasi, teknik perancangan, pengembangan, pengetesan, dan pemeliharaan sistem pernagkat lunak (software).

    Jika anda adalah lulusan dari sistem informasi, maka anda memiliki peluang besar untuk berkarir sebagai sistem analis dan sistem integrator, software tester, ataupun programmer. System analyst merupakan staf ahli yang bertugas untuk merancang dan memelihara sistem infromasi perusahaan. System analyst bertanggungjawab untuk menganalisis sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi untuk menemukan solusi permasalahan sistem yang terjadi.

  2. Pemrograman dan Komputasi

    Jurusan pemograman dan komputasi mempelajari tentang bahasa pemrograman komputer dan logika dalam bidang komputasi. Mahasiswa akan diajarkan bagaimana menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup komputasi, komputasi Paralel, sistem terdistribusi, dan teknologi antar jaringan berdasarkan logika pemrograman.

    Lulusan dari bidang pemrograman dan komputasi berpeluang besar berkarir sebagai programmer, IT consultant, web engineer, dan sebagainya. Programmer merupakan staf ahli yang dapat bertugas dalam pembuatan program komputer untuk mempermudah fungsi-fungsi tertentu. Programmer dapat bekerja di banyak bidang usaha seperti bidang perbankan, telekomunikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan sebagainya.

  3. Rekayasa Perangkat Lunak

    Sesuai dengan namanya, bidang ini difokuskan pada ilmu rekayasa perangkat lunak (software). Mahasiswa yang mengambil bidang ini akan belajar materi-materi rekayasa perangkat lunak seperti analisa dan desain obyek, penyempurnaan proses rekayasa, inspeksi perangkat lunak, rekayasa perangkat Lunak, dan pemrograman basis data client server.

    Prospek kerja lulusan bidang ini antara lain software tester, IT consultant, software engineer, system analyist, dan sebagainya. Software tester merupakan staf ahli yang bertugas menguji perangkat-perangkat lunak yang digunakan dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sofware yang digunakan bekerja sesuai fungsinya.

  4. Arsitektur dan Jaringan Komputer

    Arsitektur dan jaringan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang arsitektur komputer, organisasi komputer, elektronika, sistem digital, sistem mikroprosesor, jaringan Komputer, dan pengembangannya.

    Salah satu prospek kerja yang menjanjikan di bidang ini adalah Computer Network/Data Communication Engineer. Computer network engineer merupakan staf ahli yang bertugas untuk merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.
Secara umum lulusan teknik informatika dapat bekerja di banyak bidang yang berkaitan dengan komputer dan perangkat lunak. Selain profesi yang dijelaskan di atas, lulusan teknik informatika juga dapat bekerja sebagai web engineer, database engineer, dan intelligent system developer serta bidang lain yang berhubungan dengan komputer, data, jaringan, dan perangkat lunak.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment